Hari/Tanggal : Senin, 30 Oktober 2023
Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 3 (Kerja keras berbuah kesuksesan)
Pembelajaran : 4 dan MTK
Mata Pelajaran : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.3), MTK 3.4
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi informasi penting pada teks yang dibaca dengan tepat.
2. siswa mampu menyuaun teks wawancara dengan pemilik usaha dengan baik.
3. siswa mampu mengampanyekan ajakan cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
4. Siswa mampu memahami sifat-sifat balok dengan baik
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Ringkasan Materi
Ayo Membaca
Baca teks berikut dalam hati.
Kerja Keras yang Berbuah Kesuksesan
Terlahir dari keluarga yang kurang mampu membuat Reza Nurhilman harus berpikir keras membantu kehidupan keluarga. Di tengah himpitan ekonomi keluarga, suatu hari Reza mengambil keputusan untuk menjual keripik singkong. Keberanian untuk menjadi penjual keripik singkong yang terkesan murahan dan dianggap sebagai makanan tradisional perlu diacungi jempol.
Gagasannya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu membuat makanan kecil tersebut digemari dan mempunyai nilai jual lebih. Produk tersebut bahkan berhasil mendunia.
Kesuksesan yang diraih Reza adalah berkat kerja kerasnya. Pria berusia 24 tahun ini memulai wirausaha dari nol. Sekarang penghasilan yang diperoleh Reza menembus miliaran rupiah.
Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, tapi untuk mencapainya diperlukan kerja keras dan keyakinan.
Jawab pertanyaan berdasarkan teks.
1. Apa yang melatarbelakangi Reza Nurhilman memulai wirausaha keripik singkong?
Reza Nurhilman memulai wirausaha keripik singkong karena adanya himpitan ekonomi keluarga.
2. Apa yang dapat kamu pelajari dari kisah hidup Reza Nurhilman?
Pelajaran yang dapat diambil dari kisah Reza Nurhilman adalah untuk mencapai kesuksesan, kita harus bekerja keras dan yakin.
Apa yang menjadi kunci sukses Reza Nurhilman?
Beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan Reza Nurhilman adalah kerja keras dan keyakinan.
3. Apakah kamu pernah menerapkan sikap kerja keras dalam kehidupanmu? Jelaskan.
Saya sudah menerapkan sikap kerja keras misalnya saja saat saya belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat membanggakan orang tua.
Kamu akan melakukan wawancara kepada pemilik usaha kecil yang ada di sekitarmu setelah pulang sekolah. Cari tahu informasi bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usahanya dan sikap apa saja yang mereka terapkan dalam menjalankan usaha. Tuliskan juga bagaimana kamu menghargai keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu. Presentasikan hasil wawancara tersebut pada pertemuan berikutnya.
Pewawancara | : | Mengapa Ibu memilih usaha sebagai pembuat kue?? |
Pembuat kue | : | Saya dari dulu sudah belajar membuat kue ketika nenek saya sering ada pesanan kue, dari situ saya mempunyai keahlian untuk membuat berbagai macam kue dan masakan. Pada awalnya memang usaha pembuatan kue ini hanya dijual dari rumah ke rumah saja |
Pewawancara | : | Apa yang dilakukan Ibu sehingga usahanya sebesar ini? |
Pembuat kue | : | Saya mengawali usaha pembuatan kue ini sendiri dan mengenjual kue ke rumah-rumah. Dengan ketekunan, semangat pantang menyerah, dan kerja keras usaha kue ini semakin berkembang seperti saat ini. Saya tidak perlu menjual kue dari rumah ke rumah lagi, namun sudah ada karyawan yang akan menjual kue-kue tersebut. |
Pewawancara | : | Oh, begitu…. Baiklah, terima kasih atas waktunya Bu. |
Apakah kamu mengetahui cara menghitung volume kardus? Ayo, kita pelajari. Amati gambar dan baca soal cerita berikut.
Sebuah kardus memiliki ukuran panjang 59 cm, lebar 43 cm dan tinggi 50 cm. Kardus tersebut diisi penuh dengan keripik singkong. Berapakahvolume dari kardus tersebut? Diskusikan secara berkelompok cara mencari volume kardus di atas. Tuliskan hasil diskusimu.
Sebuah kardus memiliki ukuran panjang 59 cm, lebar 43 cm dan tinggi 50 cm.
Diketahui:
Panjang 59 cm,
Lebar 43 cm dan
Tinggi 50 cm.
Ditanya: Volume kardus
Jawab:
Volume balok = p x l x t
Volume balok = 59 cm x 43 cm x 50 cm
Volume balok = 126.850 cm³
Jadi volume kardus adalah 126.850 cm³.
Apakah kamu pernah melihat atau menemukan benda-benda yang ada di sekitarmu yang mempunyai kemasan seperti balok? Jelaskan
Beberapa benda yang memiliki kemasan sepertci balok antara lain kemasan sepatu, Tv, dan kulkas
Sekarang ambil selembar kertas berpetak 1 cm yang disediakan guru. Gambar jaring-jaring seperti yang terlihat di kertas berpetak berikut.
Gunting bagian luar dari kertas berpetak tersebut.
- Lipat dan lem keempat sisi dari kotak tersebut sehingga membentuk kotak yang terbuka.
- Perkirakan berapa kubus yang berukuran 1 cm dapat ditampung oleh kotak tersebut.
- Untuk membuktikan perkiraanmu, masukkan kubus berukuran 1 cm ke dalam kotak tersebut.
- Diskusikan secara berpasangan.(Bangun A 10 kubus satuan dan bangun B 12 kubus satuan)
- Apakah ada cara lain untuk mengetahui volume kotak tersebut tanpa menghitungnya?
Panjang sisi dari kubus tersebut adalah 1 cm, maka volume dari kubus tersebut adalah 1 cm³.
Urutkan gambar berikut berdasarkan volume, mulai dari yang terkecil hingga terbesar.
Hitunglah volume masing-masing bangun
Bangun | Volume |
---|---|
A | V = p x l x t, V = 3 x 2 x 2 , V = 12 cm³ |
B | V = p x l x t, V = 3 x 2 x 3, V = 18 cm³ |
C | V = p x l x t, V = 2 x 2 x 2, V = 8 cm³ |
D | V = p x l x t, V = 4 x 3 x 4, V = 48 cm³ |
E | V = p x l x t, V = 5 x 3 x 2, V = 30 cm³ |
F | V = p x l x t, V = 4 x 1 x 4, V = 16 cm³ |
Jadi, jika diurutkan volumenya dari yang terkecil hingga terbesar adalah c-a-f-b-e-d
Hitung volume dari bangun berikut.
Bangun | Volume |
---|---|
A | V = (5 x 5 x 1) + (3 x 3 x 1) +1, V = 25 + 9 + 1, V = 35 cm³ |
B | V = (3 x 4 x 3) – (1 x 4 x 2), V = 36 – 8, V = 28 cm³ |
C | V = (3 x 3 x 1) + (2 x 2 x 1) + 1, V = 9 + 4 + 1, V = 14 cm³ |
D | V = (4 x 3 x 1) + (2 x 3 x 2), V = 12 + 12, V = 24 cm³ |
E | V = (2 x 2 x 2) + 2, V = 8 + 2, V = 10 cm³ |
F | V = (5 x 2 x 1) + (1 x 2 x 2) + 2, V = 10 + 4 + 2, V = 16 cm³ |
Volume bangun-bangun tersebut dapat ditemukan dengan mengetahui ukuran panjang, lebar, dan tinggi lalu mengalikan semuanya (p x l x t)
Bangun A
V = 4 x 3 x 2
V = 24 cm³
Bangun B
V = 6 x 2 x 1
V = 12 cm³
Bangun C
V = 4 x 4 x 3
V = 48 cm³
Volume dari balok di atas dapat dicari dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi atau p x l x t
Hitunglah volume balok berikut.
Bangun 1
V = p x l x t
V = 24 x 12 x 18
V = 5.184 m³
Bangun2
V = 12 x 6 x 8
V = 576 m³
Buatlah 3 gambar balok pada kertas berpetak berikut. Tentukan panjang, lebar, dan tinggi dari balok-balok tersebut. Minta temanmu mencari volumenya.
Apakah kamu masih ingat contoh-contoh formulir yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari?
Apa saja yang kamu ketahui tentang formulir?
Formulir adalah sebuah kertas yang berisi beberapa pertanyaan formal yang harus diisi.
Kapan kamu biasanya menggunakan formulir?
Formulir digunakan ketika mendaftar sekolah baru, mendaftar menjadi anggota perpustakaan dan ketika akan mengikuti lperombaan.
Apa saja yang harus kamu tuliskan dalam formulir?
Beberapa data yang dituliskan dalam formulir diantaranya Identitas diri, tujuan mengikuti suatu kegiatan, dan tanda tangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar