Hari/Tanggal : Jumat 27 Oktober 2023
Tema : 4 (Globalisasi)
Subtema : 3 (Globalisasi dan cinta tanah air)
Pembelajaran : 5
Mata Pelajaran : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.3)
Tujuan Pembelajaran :
Subtema : 3 (Globalisasi dan cinta tanah air)
Pembelajaran : 5
Mata Pelajaran : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.3)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.
2. siswa mampu mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia dengan mandiri.
3. siswa mampu mengampanyekan ajakan cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Ayo Berdiskusi
Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.
Cinta produk Indonesia
Contoh :
Membeli buah-buahan lokal
Menggunakan baju batik
Bangga menggunakan produk dalam negeri
Bukan contoh :
Membeli buah-buahan impor
Menggunakan baju buatan luar negeri
Malu menggunakan produk dalam negeri
Manfaat :
Mendorong ekonomi Indonesia meningkat
Membuat usaha-usaha dalam negeri berkembang
Lapangan pekerjaan semakin luas
Definisi :
Cinta produk Indonesia adalah menghargai, melestarikan, menjaga, dan juga menggunakan produk-produk Indonesia.
Ayo Menulis
Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini: Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama Di Asia Tenggara
Halaman 2 : Pernyataan Umum
Paragraf 1 :
Teknik Elektro FTUI meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya.
Halaman 3 : Deret Penjelas
Paragraf 2 :
Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik.Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya.Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.
Halaman 4 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 3 :
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi di era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.
1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh
Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak melupayakan budaya luhur bangsa.
2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.
3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Paragraf 1 : Pernyataan Umum
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari.
Paragraf 2 : Deret Penjelas
Pada proses awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam baterai. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Pada malam hari panel surya tidak menghasilkan listrik sehingga listrik yang sudah terkumpul (tersimpan) dalam baterai tersebut dapat digunakan. Arus listrik dari baterai akan dinaikkan terlebih dahulu tegangannya oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.
Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.
4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Setuju, karena dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita ikut meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar