Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR I
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem ( Tema 5)
Sub Tema : Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), IPA (3.5, 4.5)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar yang ada, siswa mampu memahami dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup, menjelaskan perbedaan antara simbiosis parasistisme, komensalisme, dan mutualisme, dan menyimpulkan mengenai hubungan khas makhluk hidup secara benar.
2. Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan dan mencari arti dari kosakata baru, menentukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi dan menyajikannya dalam bentuk sebuah peta pikiran secara baik dan benar.
3. Dengan memahami peran antarmakhluk hidup bagi kelangsungan hidup mereka di dalam sebuah ekosistem, siswa mampu membuat sebuah poster jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem, mempresentasikan hasil kerja mereka dan menjelaskannya dengan percaya diri di depan kelas, dan membuat tulisan mengenai hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan secara runtun.
TEMA 5: EKOSISTEM
SUB 3 : Keseimbangan Ekosistem
Pembelajaran 1
Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan mendapatkan energi dari tumbuhan atau hewan lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun mampu membuat
makanan sendiri. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membuat sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan hewan sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivor.
Ayo Berlatih
Mencari Arti Kosakata Baru
- Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.
- Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
- Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
- Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.
No. | Kosa Kata Baru | Arti |
1 | Ekosistem | Keadaan khusus tempat komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi |
2 | Energi | Daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga; |
3 | Produsen | Penghasil bahan makanan |
4 | Konsumen | Pemakai barang hasil produksi |
5 | Herbivor | Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan |
6 | Predator | Binatang yang hidupnya dari memangsa binatang lain; hewan pemangsa hewan lain |
7 | Kompleks | Mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan |
8 | Komponen | Bagian dari keseluruhan; unsur: |
9 | Mangsa | Binatang yang menjadi makanan binatang buas |
10 | Karnivor | Hewan pemakan daging (seperti anjing, kucing) |
11 | Omnivor | Hewan pemakan hewan lain dan tumbuhan |
Membuat Peta Pikiran
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf.Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk membuat cabang utama pada peta pikiranmu.Temukanlah informasi penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kamu buat sebelumnya.
Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan.Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.
Pada jaring-jaring makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja.Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.
Perbandingan Dan Skala
Rumus Skala |
Gambar Soal Nomer 4 |
⇒ Skala= | Jarak pada peta |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar