Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR I
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem (Tema 5)
Sub Tema : Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), SBdP (3.3, 4.3), IPA (3.5, 4.5)
Pembelajaranke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu membuat beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang berbeda secara baik dan benar.
2. Dengan mengamati perubahan yang terjadi di sekelilingnya, siswa mampu menunjukkan akibat perubahan lingkungan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan ke dalam bentuk sebuah diagram secara runtun.kemudian dengan memahami penyebab dan akibat perubahan terhadap keberlangsungan hidup komponen ekosistem di dalam sebuah jaring-jaring makanan, siswa mampu menuliskan pengalaman dalam sebuah tulisan secara baik dan benar.
3. Dengan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat daftar atas properti tari serta fungsinya secara tepat dan dengan mengamati gerakan Tari Merak bersama guru dan melatih gerakannya, siswa mampu menguasai beberapa gerakan tari pada Tari Merak dengan tepat.
Pembelajaran 2
Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan
Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan tumbuh subur, tanaman padi pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tanaman padi pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi, misalnya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu hewan pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah adalah mangsa dari hewan yang lain, misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.
Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sebangkumu, buatlah beberapa pertanyaan berdasarkan pokok pikiran yang ada pada setiap paragraf dari bacaan tersebut. Usahakanlah untuk membuat dua atau lebih pertanyaan dari setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya yang berbeda. Catatlah pertanyaanmu di dalam tabel seperti contoh berikut ini.Berikan ruang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tukarkan tabelmu dengan tabel pertanyaan kelompok lain. untuk dijawab. Setelah selesai, kembalikanlah tabel tersebut.Pastikan kamu menuliskan jawaban dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar.
No. | Paragraf | Pertanyaan | Jawaban |
1. | 1 | Kapan tumbuhan tumbuh subur? | Tumbuhan tumbuh subur pada musim hujan |
Apa penyebab meningkatnya jumlah hewan atau konsumen | Penyebab meningkatnya jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi karena jumlah tanaman padi meningkat. | ||
|
| ||
2. | 2 | Apa syarat rantai makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus ? | Rantai makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan |
|
| ||
Bagaimana jika jika tidak ada padi? | Jika jika tidak ada padi tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan. | ||
3. | 3 | Apa yang mepenyebabkan jaring-jaring makanan terganggu? | Jaring-jaring makanan akan terganggu jika salah satu rantai makanan terganggu |
Mengapa perubahan-perubahan yang bersifat alami dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan | Perubahan-perubahan yang bersifat alami dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti karena perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat | ||
|
|
Pernahkah kamu melihat Tari Merak?
Ya, tari ini memang menceritakan tentang gerak-gerik dan perilaku burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina.
Keindahan bulu-bulu dan gerak laku binatang ini menjadi sumber inspirasi dalam Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat.Perhatikan gambar di samping.Keindahan bulu-bulu burung merak menginspirasi pencipta tari ini untuk membuat properti tari yang indah menyerupai keindahan bulu merak.
Properti tari ini merupakan salah satu ciri khas tarian.Pakaian penari memiliki motif seperti bulu merak, kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu merak yang berwarna hijau biru atau hijau hitam.Kain yang dipasang di tangan menggambarkan sepasang sayap merak yang indah.Demikian juga dengan mahkota yang dipakai para penari makin memperindah tarian ini.
LATIHAN
Jawab : .....................................................................................................................................................
.....................................................................................
4. Sebutkan beberapa contoh properti tari!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.....................................................................................
5.
Sebutkan properti tari yang ada dalam tari seperti pada gambar!
Jawab : .....................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar