Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR I
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem ( Tema 5)
Sub Tema : Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem(Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : IPA (3.5, 4.5), Bahasa Indonesia (3.7, 4.7)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan dengan tepat.
2. Dengan menyimak keterangan tentang rantai makanan, siswa mampu membuat gambar rantai makanan pada ekosistem lengkap dengan keterangannya dengan cermat.
TEMA 5: EKOSISTEM
SUB 2 : Hubungan Antar Mahluk Hidup Dalam Ekosistem
Pembelajaran 1
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup.Perhatikan gambar berikut.
Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang.Setelah beberapa waktu, burung elang mati.Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus.Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai.Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.
Ayo Mencoba
Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran.Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan.Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.
Paragraf | Pokok Pikiran |
1 | Rantai makanan di sawah |
2 | Fitoplankton produsen makanan |
3 | Urutan peristiwa memakan dan dimakan |
4 | Peran pengurai dalam rantai makanan |
Matematika
Rumus Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan
Perkalian Sesama Bilangan Pecahan
Untuk mengalikan bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa, caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengalikan pembilang dengan pembilang lalu mengalikan penyebut dengan penyebut.Perhatikan contoh berikut :
Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Bulat
Dalam menyelesaikan perkalian pecahan biasa dengan bilangan bulat, kalian cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat tersebut, kemudian dibagi dengan penyebut.Contoh :
Pembagian Bilangan Pecahan Biasa
Dalam menyelesaikan operasi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa caranya cukup sederhana, yaitu dengan membalik pembilang dan penyebut dari salah satu bilangan pecahan tersebut, kemudian kedua bilangan pecahan tersebut dikalikan.Perhatikan contoh berikut ini :
1.Hasil dari perkalian pecahan 2/5 x 3/15..
a.4/75
b.5/75
c.6/75
d.7/75
2.Hasil dari 3/7 x 4/5 x 2/6 adalah….
a.21/210
b.22/210
c.23/210
d.24/210
3.Tentukan hasil kali dari 4/5 x 12/5 x 12/7
4.Tentukan hasil dari pembagian 7/15 dibagi dengan 4/6
5.Tentukan hasil dari pembagian dari 215/5 : 7/9 : 3/13 adalah…
Lampirkan cara-cara mengerjakannya ya nak!
Jangan lupa beri nama lengkap dan nomor absen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar