MATERI AJAR KELAS 6
Hari/ Tanggal : Jumat, 10 Januari 2020
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
PB : 3
Muatan : Bahasa Indonesia,IPS, PPKN
Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama
Ayo Membaca
Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban
hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak
tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan
kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak
manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya
hak yang dimiliki. Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari
pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu
tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.
Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara.
Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan
penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat
bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan
mengurangi jumlah pengangguran.
Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat
bagi terwujudnya keamanan, ke- adilan, dan keteraturan dalam ke hidupan
bermasyarakat, ber bang sa, dan bernegara. Dengan demikian, akan
tercipta ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan
antara warga negara dengan pemerintah.
Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan
sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang
sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup
sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum
ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.
Ayo Berlatih
Di Atas telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf
Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan
Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa. Indonesia telah berhasil meraih
kemerdekaan. Kemerdekaan tersebut diraih dengan penuh perjuangan. Oleh
karena itu, kita wajib mempertahankan kemerdekaan. Mempertahankan
kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai upaya.
Berikut ini adalah contoh upaya mempertahankan kemerdekaan.
1. Bersedia membela tanah air.
2. Menaati peraturan yang berlaku.
3. Berkompetisi dalam meraih prestasi.
4. Bela jar dengan giat, tekun, dan raj in.
5. Menjaga keamanan dan ketertiban umum.
6. Menggunakan produk buatan dalam negeri.
7. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
8. Menggunakan sumber daya a lam dengan bijak.
9. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
10. Melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional.
Ayo Mengamati
Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan
tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang men-
cerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil
pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.
Sub Tema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
PB : 4
Muatan : IPA, Bahasa Indonesia, SBdP
Menentukan Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan
Ayo Berlatih
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas? Masa pubertas dapat dibedakan
dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini
sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan
dengan menjawab secara jujur pertanyaan- pertanyaan dalam tabel berikut.
Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk
kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang
tersedia. Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti
kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika
jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak
(kanak-kanak).
Membandingkan lnformasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks Nonftksi
Ayo Membaca
Tari Klana Topeng
Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini
berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya
ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini
mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana
yang sedang jatuh cinta.
Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis.
Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.
Penari saat mempertunjukkan Tari Klana
Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang,
penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana
Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari
menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng
oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga
membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam
bergerak meskipun memakai topeng
Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana
Topeng)?
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi
dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Tuliskan hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan ketika kamu
baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah
membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan
kelas. Lakukan secara bergantian dengan temanmu.
Ayo Mengamati
Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari
apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk
tunggal berikut.
1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.
2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.
Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri.
Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.
Ayo Berlatih
Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas.
Sebelum bergerak siapkan properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan
latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapatmu mengenai
gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam
kolom berikut.
Ayo MengamatiBuatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
Dalam membawakan tari tunggal, kita bisa menggunakan properti. Properti merupakan perlengkapan yang digunakan oleh penari ketika mementaskan sebuah tarian.
Ayo, kita perhatikan properti dalam tari tunggal berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar