MATERI AJAR KELAS 6
Hari/ Tanggal : Selasa, 7 Januari 2020
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1 : Masyarakat Peduli Lingkungan
PB : 3
Muatan : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Ayo Membaca
Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana
mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Upaya membangun
masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya dengan meningkatkan
taraf kehidupan bangsa, meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dan
mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa
Indonesia. Hingga saat ini upaya-upaya tersebut masih terus dilaksanakan
meskipun Indonesia sudah merdeka cukup lama. Dukungan masyarakat yang
peduli lingkungan sangat diperlukan dalam upaya-upaya bangsa untuk
mewujudkan masyarakat sejahtera.
Gambar-gambar di atas menunjukkan pelajar-pelajar Indonesia sedang
belajar sebagai warga negara. Mengikuti pendidikan yang diselenggarakan
oleh pemerintah merupakan kewajiban bagi semua warga negara. Semua warga
negara wajib mengikuti pendidikan dasar. Kewajiban mengikuti pendidikan
dasar bagi setiap warga negara Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia pasal 31 ayat (2). Bunyi pasal 31 ayat
(2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu
“Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah
wajib membiayainya”. Mewajibkan warga negara untuk mengikuti pendidikan
dasar 9 tahun merupakan satu di antara upaya pemerintah untuk
memperbaiki pendidikan di negara kita.
Pemerintah menginginkan tingkat kecerdasan bangsa ini semakin
meningkat. Upaya pemerintah yang lain sebagai contoh memperbaiki
fasilitas pendidikan misalnya memperbaiki gedung-gedung sekolah yang
rusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan pengajar-pengajar
atau guru yang profesional.
Apa yang bisa kamu lakukan terkait dengan upaya pemerintah meningkatkan
kecerdasan bangsa? Apakah masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu
peduli dengan pendidikan warganya?
Amatilah gambar berikut!
Amatilah gambar di atas. Kemudian, tuliskan hasil pengamatanmu mengenai gambar!
Program pemerintah untuk meningkatkan tingkat kecerdasan bangsa sangat
membutuhkan peran serta atau dukungan dari warga masyarakat. Tanpa
adanya dukungan dari warga masyarakat pemerintah akan sulit mewujudkan
programnya.
Menggalakkan jam belajar masyarakat merupakan bentuk dukungan warga
masyarakat dalam meningkatkan kecerdasan bangsa. Kewajibanmu dalam
kehidupan sehari-hari tidak hanya mengikuti pendidikan dasar. Masih
banyak kewajibanmu lainnya seperti mematuhi nasihat orang tua dan guru,
mematuhi peraturan di rumah dan di sekolah, serta melaksanakan tugas
piket kelas sesuai pembagian. Masih banyak contoh kewajiban lainnya.
Coba kamu diskusikan dengan temanmu.
Ayo Berdiskusi
Bersama seorang temanmu, diskusikan tentang hal berikut!
1. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?
2. Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahmu?
3. Bagaimanakah sikapmu terhadap kewajiban yang kamu miliki?
4. Mengapa kamu harus bersikap seperti jawabanmu pada soal nomor 3? Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
Kamu telah mengetahui contoh-contoh kewajiban seorang siswa. Setiap
siswa mempunyai kewajiban yang harus dilakukan begitu juga warga
masyarakat. Dengan melaksanakan kewajiban berarti kamu telah berperilaku
positif. Berperilaku positif di masyarakat merupakan perwujudan dari
sikap dalam memaknai proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Perilaku positif berarti perilaku yang susuai dengan norma-norma dan
aturan dalam masyarakat. Perilaku positif bukan berarti perilaku yang
penurut, namun lebih dari pada itu, yaitu kreatif, kritis, mandiri, dan
berani membela kebenaran serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip,
asas-asas, dan tujuan yang disepakati bersama.
Oleh karenanya, perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan
adalah perilaku kreatif, kritis, mandiri, berani membela kebenaran, dan
menjunjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas serta tujuan hidup
bernegara sebagaimana telah dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan dan
asas kerohanian Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung dalam
Undang-Undang Dasar 1945.
Bangsa Indonesia harus menyadari betapa mulia dan terpujinya per
juangan para pahlawan. Para pahlawan dengan gigih memperjuangkan
kemerdekaan untuk lepas dari belenggu penjajah. Pengorbanan diri sebagai
pahlawan bangsa dalam mencapai suatu ke- merdekaan merupakan wujud
tekad yang kuat dalam menentang penjajahan di muka bumi ini. Kemerdekaan
Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri.
Oleh karena itu, kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan
tidak boleh disia-siakan. Kemerdekaan harus dipertahankan serta
diwujudkan dalam tindakan nyata guna mencapai tujuan nasional.
Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan berarti
menghargai perjuangan para pahlawan bangsa. Penghargaan terhadap para
pejuang bangsa serta para pahlawan bangsa dapat ditunjukkan dengan
berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan guna tercapainya tujuan
nasional bangsa Indonesia.
Ayo Berlatih
Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel berikut!
Upaya Untuk Mengisi Kemerdekaan
Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua
Kampung Wonorejo, Arso Timur, Papua adalah salah satu kampung
transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat penduduk di
Pulau Jawa. Kondisi tersebut membuat warga di kampung Wonorejo memiliki
perbedaan suku, agama, dan budaya.
Di Kampung Wonorejo, posisi rumah warga bersebelahan. Semua warga
akrab tak terkecuali anak-anak. Setiap hari anak-anak di Kampung
Wonorejo pergi ke sekolah bersama. Itu sebabnya mereka sangat akrab.
Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu
sama lain.
Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam
keseharian mereka. Setiap akhir minggu anak-anak Kampung Wonorejo
berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, mereka olahraga bersama atau
sekadar bermain-main. Bagi anak-anak yang menginjak usia remaja akan
mendapat penyuluhan tentang menjaga kebersihan diri saat pubertas dari
tenaga kesehatan. Kadang-kadang mereka juga membantu orang tua yang
sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.
Semua warga di Kampung Wonorejo hidup rukun. Mereka menyadari bahwa
para pahlawan telah meraih kemerdekaan dengan semangat perjuangan
tinggi. Dalam meraih kemerdekaan, para pejuang tidak memandang per-
bedaan daerah, agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu padu untuk merebut
kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Oleh sebab itu, semua warga
Kampung Wonorejo ingin menjaga persatuan di daerah mereka sebagai wujud
menjaga kesatuan NKRI. Mereka hidup rukun dalam perbedaan.
Potret Kampung Wonorejo, Arso Timur, menunjukkan kepada kita tentang
kerukunan dalam keragaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun
berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa
menjadi modal sosial dalam pembangunan. Keberadaan berbagai suku bangsa
yang ada di Kampung Wonorejo ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah
tentang transmigrasi. Program transmigrasi di mulai sejak pemerintahan
Orde Baru pada tahun 1961. Pemerintah Orde Baru menggalakkan program
transmigrasi sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang
sejahtera. Melalui program ini membuktikan bahwa setelah mengikuti
transmigrasi, masyarakat memiliki rumah, lahan pertanian, dan
keterampilan sebagai bekal hidup di lokasi transmigrasi. Program
tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini
berlandaskan pada hak setiap warga negara untuk mendapat penghidupan dan
pendidikan yang layak dari negara.
Saat ini latar belakang kehidupan warga di Kampung Wonorejo sudah
mengalami percampuran budaya dan agama. Sebagian warga Kampung Wonorejo
sudah melakukan pernikahan antarsuku. Bagi warga Kampung Wonorejo,
keragaman adalah kekayaan mereka.
Dalam perkembangannya, ada beberapa yang harus diperhatikan antara
Kampung Wonorejo dan kampung-kampung sekitarnya, misalnya Kampung Kibay.
Penduduk asli Kibay terdiri atas 121 kepala keluarga. Sebagian dari
mereka tersebar di Distrik Arso. Wilayah Kibay memiliki potensi sumber
daya alam seperti hutan dan hasil pertanian. Warga di Kampung Kibay
menanam sayur dan umbi-umbian untuk dikonsumsi sebagai makanan pengganti
beras.
Para wanita di kampung ini juga terampil menganyam noken dari kulit
pohon. Sebagian warga bekerja serabutan penebang kayu, tukang bangunan,
dan buruh harian di perkebunan sawit.
Potret Kampung Kibay memberi gambaran kepada kita tentang mata
pencaharian sebagian besar penduduk asli Papua dan para transmigran,
seperti di Kampung Wonorejo. Di Kampung Wonorejo, kehidupan masyarakat
cukup harmonis. Mereka hidup berdampingan dengan penduduk asli Papua.
Apabila terjadi peristiwa yang menyangkut hukum, seperti pencurian atau
gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat akan diproses secara hukum.
Akan tetapi, sebelumnya mereka harus menyelesaikan masalah tersebut
melalui paguyuban adat. Jika ada kerusuhan di Kampung, paguyuban selalu
berperan penting dalam proses penyelesaian masalah.
Para perempuan di Kampung Wonorejo dan Kampung Kibay juga saling
bertukar pengetahuan antara perempuan Papua dan perempuan transmigrasi
yang berasal dari Jawa. Para perempuan Jawa mengajarkan perempuan Papua
cara membuat kue dari bahan tepung singkong dan cara membuat sayur dari
batang pohon pisang. Sebelumnya orang Papua, selalu membuang batang
pohon pisang yang sudah ditebang. Berkat pengetahuan dari perempuan
Jawa, kini mereka memanfaatkan batang pisang menjadi sayur yang lezat.
Penduduk asli Papua dan warga transmigran saling bertoleransi. Mereka
saling menghormati perbedaan agama maupun budaya. Mereka menganggap
bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan bangsa Indonesia
yang harus dijaga. Para penduduk bisa hidup rukun berdampingan sebagai
satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.
Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan
kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika
dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai
bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong
royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi
Indonesia yang damai, tenteram, hidup rukun berdampingan.
Oleh: Nirwasita
Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1. Apa judul bacaan di atas?
2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!
1. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
2. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?
PB : 4
Muatan : SBdP, B. Indonesia, IPA
PB : 4
Muatan : SBdP, B. Indonesia, IPA
Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan
sebagai do atau C adalah do. Interval lagu berkaitan dengan tangga nada.
Tahukah kamu jarak nada pada C mayor? Bacalah bacaan berikut. Mari kita
ingat kembali tangga nada mayor berikut.
Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai
contoh c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d
- c.
2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk
tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1
½ 1 1 1 ½
3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga
nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2,
dan c ke e langkah ketiga.
Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya.
Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat.
Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah
langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval
selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada
kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C
mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama
interval sebagai berikut.
Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’ c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime. c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts. c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart. c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin. c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst. c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim. c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.
Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal
anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada
usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18
hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan
identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja
pada lingkungan?
Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli
lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.
Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam
dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan
remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap
lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.
1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
4. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.
Dengan demikian, generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yang
cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.
Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali,
kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di
Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat
banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk.
Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan
keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.
Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga
kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini.
Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat berdampak
terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan
berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu
tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis
akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain
itu, dampak dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air bersih
sulit ditemukan. Oleh karena itu, partisipasi remaja untuk peduli
dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Para remaja dapat mengajak
masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian
pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para
remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian remaja
terhadap lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk
peduli lingkungan.
Ayo Berlatih
Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci
pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di
bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan
kata kunci yang kamu temukan.
Masa remaja adalah masa memasuki pubertas. Berapa usiamu saat ini? Apakah
usiamu sudah masuk masa remaja? Apakah kamu sudah mengalami pubertas?
Masa pubertas terjadi pada anak laki-laki dan juga anak perempuan. Ingatkah kamu
ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki?Ayo Mengamati
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?
Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak
laki- laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki: Sama halnya dengan anak laki-laki,
anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak
perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas
anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana
ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan
mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi
pada kolom berikut.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Apakah kamu sudah memasuki masa puber? Apa yang harus kamu lakukan saat mengalami masa puber? Diskusikan bersama orang tuamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar