Hari / Tanggal : Kamis, 27 November 2025
Fase/Kelas : C / VI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila, Seni Rupa
Pancasila
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Tujuan Pembelajaran :
Menjelaskan pengertian dan contoh musyawarah mufakat.
Seni Rupa
Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa. |
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian menganyam. |
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
- Proses berunding untuk mencapai kesepakatan dalam menyelesaikan masalah, dengan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat.
- Untuk memperoleh kesepakatan bersama sehingga keputusan akhir bisa diterima oleh seluruh peserta dengan komitmen dan tanggung jawab.
- Prinsip dan Nilai-Nilai
- Setiap peserta berhak mengemukakan pendapatnya dan harus menghormati pendapat orang lain meskipun berbeda.
- Membangun kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dan mengutamakan kepentingan umum.
- Memberikan kesempatan yang sama bagi semua pihak untuk berpartisipasi.
- Menerima keputusan yang telah disepakati bersama dengan lapang dada dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab.
Langkah-Langkah MusyawarahMenetapkan agenda dan tujuan musyawarah, Pembukaan musyawarah, Pembahasan masalah dan mendengarkan pendapat dari semua peserta, Penyusunan keputusan atau kesepakatan bersama, Pelaksanaan dan evaluasi hasil kesepakatan. - Cara Mengeluarkan Pendapat yang Baik
- Mengacungkan tangan untuk meminta izin berbicara.
- Berbicara setelah dipersilakan oleh pemimpin musyawarah.
- Sopan dan tidak menyela saat orang lain sedang berbicara.
- Menyampaikan pendapat dengan suara yang cukup jelas dan tenang.
Contoh Penerapan di Lingkungan Sekolah- Berdiskusi untuk menentukan jadwal piket kelas.
- Memilih ketua kelas atau perwakilan kelas.
- Menentukan topik untuk presentasi kelompok.
- Menyelesaikan masalah kelas secara bersama-sama, seperti perbedaan pendapat saat diskusi.
🔎 Pengertian Menganyam
Menganyam adalah teknik membuat karya seni atau kerajinan tangan dengan cara menyusun dan menyilangkan bahan secara teratur membentuk pola tertentu.
🎯 Tujuan Pembelajaran
Mengenal teknik dasar menganyam.
Mengembangkan kreativitas dan ketelitian.
Menghargai karya seni berbasis budaya lokal.
🧵 Bahan dan Alat Anyaman
Bahan alami:
Daun pandan
Daun kelapa
Bambu
Rotan
Bahan buatan:
Kertas warna
Pita plastik
Sedotan
Kain perca
Alat bantu:
Gunting
Lem
Penggaris
Pensil/pulpen
🛠️ Teknik Dasar Menganyam
Teknik Lurus (Horizontal-Vertikal):
Pola anyaman saling menyilang antara garis lurus mendatar dan tegak.
Contoh: anyaman tikar, hiasan dinding.
Teknik Diagonal:
Pola anyaman membentuk garis miring atau sudut.
Lebih sulit dari teknik lurus.
Teknik Motif (Pola Gambar):
Menggabungkan warna dan bentuk untuk membentuk gambar tertentu.
Digunakan untuk karya seni dekoratif.
🖼️ Contoh Hasil Anyaman
Tikar
Tas atau dompet dari plastik
Keranjang bambu
Tempat pensil dari kertas anyam
Hiasan dinding
🌟 Nilai-nilai dalam Kegiatan Menganyam
Ketekunan dan kesabaran
Kreativitas dan imajinasi
Pelestarian budaya lokal
Kerja sama (jika dikerjakan berkelompok)
✅ Penilaian
Kerapian hasil anyaman
Keunikan pola atau motif
Pemilihan warna dan bahan
Kreativitas dalam desain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar