Kamis, 16 Oktober 2025

Kisi Kisi STS, Jumat 17 Oktober 2025

Hari /Tanggal    : Jumat 17 Oktober 2025

Mata Pelajaran : PAK dan IPAS


Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Bagamana nih... Sudah siap untuk melaksanakan Sumatif Tengah Semester???

Yukkk kita persiapkan dengan cara belajar dengan giat dan tekun:)



Berikut adalah kisi-kisi dan Soal Latihan Mata Pelajaran PAK dan IPAS:


KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)

SEMESTER 1 T.P 2025/2026



SEMESTER 1 T.P 2025/2026

 

Satuan Pendidikan                 : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung

Fase / Kelas / Semester          : C / VI / 1

Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Jumlah Soal                           : 50 Soal 


Mata Pelajaran

Capaian Pembelajaran (CP)

Tujuan Pembelajaran (TP)

Indikator Soal

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar.

1.1      Murid dapat menjelaskan peran system peredaran darah,serta fungsi organ-organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia.

1.2      Murid dapat mensimulasikan cara kerja system peredaran manusia dalam bentuk gambar atau alat peraga.

1.3      Murid menjelaskan gangguan – gangguan yang terdapat pada system peredaran darah manusia.

(Sistem Peredaran Darah Manusia)

1.4   Murid dapat mengidentifikasi organ tubuh yang terlibat dalam system gerak.

1.5   Murid dapat menjelaskan mekanisme tubuh dalam melakukan gerak.

1.6   Murid dapat menjelaskan hubungan antara system syaraf dan system gerak dalam tubuh manusia

1.7   Murid dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia.

(Sistem Gerak Manusia)

 

Disajikan  pertanyaan, murid  menentukan fungsi system peredaran darah pada manusia

 

Disajikan  pertanyaan, murid menentukan fungsi utama system peredaran darah pada manusia

 

Disajikan sebuah gambar, murid menentukan fungsi bagian jantung yang benar.

 

 

Disajikan sebuah gambar, murid memilih fungsi bagian jantung yang benar.

 

 

Disajikan sebuah gambar, murid memilih fungsi bagian jantung yang benar.

 

Disajikan sebuah gambar, murid mengurutkan system peredaran darah besar yang benar.

 

Disajikan sebuah gambar, murid menentukan system peredaran darah  yang benar.

 

 

Disajikan petanyaan, murid  memilih fungsi organ peredaran darah dengan tepat.

 

Disajikan petanyaan, murid  menentukan alur peredaran darah kecil dengan tepat.

 

Disajikan petanyaan, murid  menentukan ciri pembuluh vena dengan tepat.

 

Disajikan sebuah pernyataan, murid  menganalisis ciri pembuluh arteri dengan tepat.

 

 

Disajikan petanyaan, murid  menentukan fungsi pembuluh darah dengan tepat.

 

Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.

 

Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.

 

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan pembuluh darah manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan gangguan pada system peredarah darah manusia.

 

 

Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.

 

Disajikan deskripsi soal, murid menentukan pengertian system rangka manusia.

 

Disajikan deskripsi soal, murid menganalisis bagian penyusun rangka pada manusia.

 

 

Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis bagian system rangka manusia.

 

Disajikan sebuah gambar, murid  menentukan jenis rangka pada tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah gambar, murid  menentukan jenis rangka pada tubuh manusia.

 

 

Disajikan sebuah pernyataan, murid dapat menganalisis fungsi rangka tubuh manusia.

 

 

Disajikan deskripsi soal, murid menentukan pengertian sendi.

 

Disajikan deskripsi soal, murid menentukan contoh sendi pada tubuh manusia.

 

 

Disajikan deskripsi soal, murid menentukan jenis otot pada tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah gambar , murid  menganalisis salah sau jenis otot pada manusia.

 

Disajikan sebuah pernyataan , murid  menganalisis salah sau jenis otot pada manusia.

 

Disajikan sebuah pernyataan , murid  menganalisis salah satu jenis sendi pada manusia.

 

Disajikan sebuah gambar, murid  menganalisis salah satu jenis sendi pada manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid  menentukan salah satu fungsi saraf manusia.

 

 

Disajikan  deskripsi soal, murid dapat  menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.

 

Disajikan  deskripsi soal, murid dapat  menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.

 

Disajikan  deskripsi soal, murid dapat  menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.

 

Disajikan  deskripsi soal, murid dapat  menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan fungsi salah satu organ system peredaran darah manusia

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid membedakan jenis system peredaran darah manusia

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan zat pada system peredarah darah manusia.

 

Disajikan  deskripsi soal, murid dapat  menganalisis salah satu gangguan atau penyakit system peredaran darah manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan gangguan pada system peredarah darah manusia.

 

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan salah satu jenis rangka pada tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah pernyataan, murid menganalisis salah satu jenis otot pada tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan salah satu jenis penyakit pada rangka tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan cara menjaga kesehatan rangka tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah gambar, murid menentukan salah satu jenis penyakit pada rangka tubuh manusia.

 

 

Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.

 

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid membandingkan jenis jenis system peredarah darah manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menjelaskan jenis jenis pembuluh darah pada system peredarah darah manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan fungsi rangka tubuh manusia.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid membandingkan alat gerak pada rangka tubuh manusia.



Latihan soal PAK


JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR !

1.       Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang korupsi!

2.      Buatlah sebuah cerita tentang kasus korupsi yang kamu ketahui dan bagaimana cara mengatasinya!

3.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang kejujuran dan berikan contoh pengalamanmu tentang kejujuran yang pernah kamu lakukan!

4.      Jelaskan 5 manfaat bersikap jujur!

5.      Apa yang dimaksud dengan disiplin dan tuliskan 5 sikap disiplin yang kalian lakukan di sekolah!

Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:)

Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat miss sampaikan. Miss ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah:)

Wassalamualaikum wr.wb

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar