Hari /Tanggal : Jumat 17 Oktober 2025
Mata Pelajaran : PAK dan IPAS
Assalamualaikum wr.wb
Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?
Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.
Bagamana nih... Sudah siap untuk melaksanakan Sumatif Tengah Semester???
Yukkk kita persiapkan dengan cara belajar dengan giat dan tekun:)
KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)
SEMESTER 1 T.P 2025/2026
SEMESTER 1 T.P 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Fase / Kelas / Semester : C / VI / 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Jumlah Soal : 50 Soal
Mata Pelajaran | Capaian Pembelajaran (CP) | Tujuan Pembelajaran (TP) | Indikator Soal |
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) | Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotic dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim;sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlakudi wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif dilingkungan sekitar. | 1.1 Murid dapat menjelaskan peran system peredaran darah,serta fungsi organ-organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah dalam tubuh manusia. 1.2 Murid dapat mensimulasikan cara kerja system peredaran manusia dalam bentuk gambar atau alat peraga. 1.3 Murid menjelaskan gangguan – gangguan yang terdapat pada system peredaran darah manusia. (Sistem Peredaran Darah Manusia) 1.4 Murid dapat mengidentifikasi organ tubuh yang terlibat dalam system gerak. 1.5 Murid dapat menjelaskan mekanisme tubuh dalam melakukan gerak. 1.6 Murid dapat menjelaskan hubungan antara system syaraf dan system gerak dalam tubuh manusia 1.7 Murid dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia. (Sistem Gerak Manusia)
| Disajikan pertanyaan, murid menentukan fungsi system peredaran darah pada manusia
Disajikan pertanyaan, murid menentukan fungsi utama system peredaran darah pada manusia
Disajikan sebuah gambar, murid menentukan fungsi bagian jantung yang benar.
Disajikan sebuah gambar, murid memilih fungsi bagian jantung yang benar.
Disajikan sebuah gambar, murid memilih fungsi bagian jantung yang benar.
Disajikan sebuah gambar, murid mengurutkan system peredaran darah besar yang benar.
Disajikan sebuah gambar, murid menentukan system peredaran darah yang benar.
Disajikan petanyaan, murid memilih fungsi organ peredaran darah dengan tepat.
Disajikan petanyaan, murid menentukan alur peredaran darah kecil dengan tepat.
Disajikan petanyaan, murid menentukan ciri pembuluh vena dengan tepat.
Disajikan sebuah pernyataan, murid menganalisis ciri pembuluh arteri dengan tepat.
Disajikan petanyaan, murid menentukan fungsi pembuluh darah dengan tepat.
Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan pembuluh darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan gangguan pada system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid menentukan pengertian system rangka manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid menganalisis bagian penyusun rangka pada manusia.
Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis bagian system rangka manusia.
Disajikan sebuah gambar, murid menentukan jenis rangka pada tubuh manusia.
Disajikan sebuah gambar, murid menentukan jenis rangka pada tubuh manusia.
Disajikan sebuah pernyataan, murid dapat menganalisis fungsi rangka tubuh manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid menentukan pengertian sendi.
Disajikan deskripsi soal, murid menentukan contoh sendi pada tubuh manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid menentukan jenis otot pada tubuh manusia.
Disajikan sebuah gambar , murid menganalisis salah sau jenis otot pada manusia.
Disajikan sebuah pernyataan , murid menganalisis salah sau jenis otot pada manusia.
Disajikan sebuah pernyataan , murid menganalisis salah satu jenis sendi pada manusia.
Disajikan sebuah gambar, murid menganalisis salah satu jenis sendi pada manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan salah satu fungsi saraf manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid dapat menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid dapat menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid dapat menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid dapat menentukan salah satu gangguan atau penyakit system gerak manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan fungsi salah satu organ system peredaran darah manusia
Disajikan sebuah pertanyaan, murid membedakan jenis system peredaran darah manusia
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan zat pada system peredarah darah manusia.
Disajikan deskripsi soal, murid dapat menganalisis salah satu gangguan atau penyakit system peredaran darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan gangguan pada system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan salah satu jenis rangka pada tubuh manusia.
Disajikan sebuah pernyataan, murid menganalisis salah satu jenis otot pada tubuh manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan salah satu jenis penyakit pada rangka tubuh manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan cara menjaga kesehatan rangka tubuh manusia.
Disajikan sebuah gambar, murid menentukan salah satu jenis penyakit pada rangka tubuh manusia.
Disajikan sebuah cerita, murid menganalisis gangguan pada system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid membandingkan jenis jenis system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menjelaskan jenis jenis pembuluh darah pada system peredarah darah manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan fungsi rangka tubuh manusia.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid membandingkan alat gerak pada rangka tubuh manusia. |
Latihan soal PAK
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR !
1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang korupsi!
2. Buatlah
sebuah cerita tentang kasus korupsi yang kamu ketahui dan bagaimana cara
mengatasinya!
3. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang kejujuran dan berikan contoh pengalamanmu tentang kejujuran yang pernah kamu lakukan!
4. Jelaskan 5 manfaat bersikap jujur!
5. Apa yang dimaksud dengan disiplin dan tuliskan 5 sikap disiplin yang kalian lakukan di sekolah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar