Selasa, 20 Agustus 2024

Materi Ajar, Rabu 21 Agustus 2024

Materi Kelas 6

Hari/Tanggal    : Rabu, 21 Agustus 2024
Tema                : 2 (Persatuan Dalam Perbedaan)
Subtema           : 2 (Bekerjasama Mencapai Tujuan) 
Pembelajaran   : 1 dan 2
Mata Pelajaran : IPS 3.2, B. Indonesia 3.2, IPA 3.2

Tujuan Pembelajaran

1. Memahami upaya upaya Indonesia dalam mempertahankan Kemerdekaan dengan baik. 
2. Mengetahui cara membuat Kalimat Efektif dan peta pikiran dengan baik. 
3. Memahami ciri ciri hewan dengan habitatnya dengan tepat. 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya... 
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa. 


MATERI PEMBELAJARAN

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari segala bentuk penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya tidak demikian, bangsa Indonesia masih perlu berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa?

Ayo Membaca
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.

Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.

Pertempuran Surabaya
Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris. Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat.Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.

Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat efektif!
  1. Apa peristiwa yang terjadi pada teks di atas? Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya
  2. Mengapa pertempuran Surabaya meletus? Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya
  3. Siapa pemimpin pasukan Inggris? Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby.
  4. Di mana peristiwa tersebut terjadi? Pertempuran Surabaya terjadi di Kota Surabaya.
  5. Kapan terjadinya pertempuran Surabaya? Pertempuran Surabaya terjadi pada tanggal 10 Nopember 1945
  6. Bagaimana kondisi Kota Surabaya setelah rakyat menolak ultimatum? Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara

Peta Pikiran Pertempuran Surabaya
Apa :
Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya
Mengapa :
Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya
Siapa :
Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya

Pertempuran
Surabaya

Bagaimana :
Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Di Mana :
Kota Surabaya
Kapan :
10 Nopember 1945
Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat efektif.
  1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
  2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
  3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
  4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan

Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif
Pertempuran Surabaya terjadi di Kota Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945. Terjadi kontak senjata yang mengakibatkan pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby tewas. Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum agar orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya. Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.

 Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Sangat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita untuk menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.

Baca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!

Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya?

Makna yang dapat saya petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam pertempuran Surabaya adalah sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia berhak mengatur hidupnya sendiri. Kita tidak boleh tergantung pada bangsa asing. Bahkan jika ada bangsa yang ingin mengatur kita, kita harus berjuang melawannya dan mempertahankan kemerdekaan kita.

Pertempuran Surabaya adalah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di berbagai daerah, misalnya Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Bandung Lautan Api, Agresi Militer Belanda I, dan Agresi Militer Belanda II. 

Kamu akan mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian tugas sebagai berikut:

1. Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa

Apa :

Pertempuran yang berkobar di Ambarawa Mengapa :

Sekutu mengingkari perundingan damai Siapa :

Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA


Pertempuran Ambarawa

Bagaimana :

Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur Di Mana :

Ambarawa

Kapan :

12 Desember 1945


2. Peta Pikiran Pertempuran Medan Area

Apa :

Pertempuran yang berkobar di Kota Medan Mengapa :

Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA serta ultimatum Sekutu Siapa :

Barisan Pemuda Indonesia dan Sekutu dibawah pimpinan T.E.D Kelly


Pertempuran

Medan Area

Bagaimana :

Medan jatuh ke tangan pasukan sekutu dan TKR harus mengungsi Pematang Siantar Di Mana :

Kota Medan

Kapan :

13 Oktober 1945 - 1946


3. Peta Pikiran Bandung Lautan Api

Apa :

Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung Mengapa :

Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata. Siapa :

Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia


Pertempuran

Bandung Lautan Api


Bagaimana :

TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Di Mana :

Kota Bandung

Kapan :

23 Maret 1946


4. Peta Pikiran Agresi Militer 1

Apa :

 Operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia Mengapa :

Belanda merencanakan negara-negara boneka dan ingin mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia. Siapa :

Pemerintah Belanda di bawah van Mook dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman


4. Pertempuran Agresi Militer 1

Bagaimana :

Gencatan senjata akhirnya tercipta sementara. Belanda kembali mengingkari dengan Agresi Militer Belanda II. Di Mana :

Sumatra dan Jawa

Kapan :

21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.


Ayo Mengamati 

Amati gambar berikut!
Hewan dan Habitatnya

Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut!
Ciri Hewan dan habitatnya
No.Nama HewanCiri-Ciri dan Habitat
1.AyamCiri ciri ayam yaitu :
Hewan berkaki dua memiliki bulu
Termasuk kedalam kelompok unggas
Memiliki paruh
Berkembang biak dengan bertelur

Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain.
2.BebekCiri ciri Bebek :
Memiliki paruh
Memiliki kaki yang lebar dan berselaput
Bernafas dengan paru paru
Berkembang biak dengan bertelur

Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa.
3.CicakCiri ciri Cicak
Memiliki kaki perekat
Hewan melata memiliki kulit yang bersisik
Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus
Berkembang biak secara ovipar (bertelur)

Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat
4.IkanCiri ciri Ikan :
Memiliki sisik dan lendir
Memiliki sirip dan bernapas dengan insang
Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar

Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan


Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!
Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.

Ayo Membaca

Bebek
Bebek memiliki ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air. Ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.

Bebek mencari makan di air, seperti kolam, sungai, sawah, atau danau yang dangkal. Bulu bebek dilapisi oleh minyak sehingga tidak basah jika terkena air. Ketika bebek keluar dari air dan berada di darat, bebek biasanya mengibas-ngibaskan bulunya sehingga air yang menempel di tubuhnya keluar. Apa yang akan terjadi jika bulu bebek tidak dilapisi minyak dan air menyerap ke tubuhnya? 

Selain itu, bebek juga memiliki ciri khusus lainnya, yaitu selaput pada kakinya. Selaput tersebut digunakan untuk berenang.

Ayo Mengamati
Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!
Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!
No.Nama HewanCiri-Ciri dan Habitat
1.KucingCiri ciri kucing yaitu :
Memiliki kumis atau misai,
Memiliki bantalan halus di telapak kaki.
Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik
Memiliki alat keseimbangan
Memiliki cakar untuk menangkap mangsa

Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan
2.KelinciCiri ciri Kelinci
Memiliki telinga panjang
Hewan ini berjalan dengan cara melompat
Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman
Pertumbuhan giginya secara terus menerus 

Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat
3.BelutCiri ciri belut :
Belut tidak memiliki sirip,
Memiliki lendir pada tubuhnya
Bernafas dengan insang.
Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, 

Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan

Tulis kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!

Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, kucing memiliki bantalan halus di telapak kaki agar tidak bersuara saat berjalan, kelinci berjalan dengan melompat menggunakan kakinya, dan belut memiliki insang agar dapat bernapas di air.

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan
Siswa sudah mengetahui kalimat efektif yaitu yg memiliki unsur SPOK dan siswa telah mengetahui cara indonesia mempertahan kemerdekaan indonesia pada perang surabaya,perang ambarawa,perang medan area dan bandung lautan api. Serta siswa telah memahami cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar