Selasa, 06 Agustus 2024

Materi Ajar Kelas 6A, Rabu 7Agustus 2024


Hari/Tanggal    : Rabu, 7 Agustus 2024
Tema                : 1 (Selamatkan Makhluk Hidup)
Subtema           : 3 (selamatkan hewan dan tumbuhan) 
Pembelajaran   : 3
Mata Pelajaran : PKN (3.1), SBdP (3.1) 

Tujuan Pembelajaran
1. Memahami perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif
2. Memahami cara membuat poster dengan baik
3. Memahami cara membuat kesimpulan sebuah teks dengan tepat


Ayo Mengamati
Tumbuhan dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif. 
Analisislah gambar seri berikut!

Perkembangbiakan Generatif
Perkembangan Generatif

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan
Vegetatif Alami
Perkembangbiakan Vegetatif Alami 
Vegetatif Alami
Vegetatif Alami2

Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel kelamin jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (putik). Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan.

Ayo Mencoba
Berkreasi Membuat Poster
Buatlah poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan di daerahmu. Buat postermu semenarik mungkin, rapi, dan mudah dipahami.
Poster Pelestarian Hewan

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca.

Perhatikan langkah-langkah dalam membuat gambar hewan dan tumbuhan berikut.
Cara Membuat Hewan dan Tumbuhan
Gambar diatas dapat kamu gunakan untuk membuat poster. Kamu dapat menyelesaikan poster dan mengampanyekan kepada adik-adik kelas.

Ayo Berlatih
Kamu sudah berlatih membuat kesimpulan yang baik. Ambillah salah satu kesimpulanmu. Tukarkan kepada teman di sebelahmu. Kamu akan membaca kesimpulan milik temanmu dan tulislah komentar mu mengenai kesimpulan temanmu. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu komentari tentang kesimpulan temanmu.

Kesimpulan yang baik berisikan:
  1. pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca,
  2. intisari dari tulisan,
  3. dimulai dari khusus ke umum,
  4. menggunakan kosakata baku,
  5. suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Kesimpulan:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran pada hari ini berjalan dengan aktif dan antusias diikuti oleh para peserta didik. 
Alhamdulillah peserta didik sudah mampu menyebutkan contoh perkembangan biakan tumbuhan yang dilakukan secara vegetatif sebagai salah satu upaya pelesatarian tumbuhan langka, serta peserta didik juga sudah mampu menentukan sebuah kesimpulan dari sebuah teks paragraf dengan baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar