Hari/Tanggal : Rabu 17 Januari 2024
Tema : 6 (Menuju Masyarakat Sejahtera)
Subtema : 2 (Membangun Masyarakat Sejahtera)
Pembelajaran : 1 dan 2
Mata Pelajaran : Bhs Indonesia (3.8), PPkn (3.2), IPS (3.4), MTK, IPA, SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.
2. Siswa dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi dengan tepat.
3. Siswa dapat memahami tari tinggal dengan baik
4. Siswa dapat menuliskan perilaku warga negara sebagai wujud cinta NKRI dengan tepat.
Subtema : 2 (Membangun Masyarakat Sejahtera)
Pembelajaran : 1 dan 2
Mata Pelajaran : Bhs Indonesia (3.8), PPkn (3.2), IPS (3.4), MTK, IPA, SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.
2. Siswa dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi dengan tepat.
3. Siswa dapat memahami tari tinggal dengan baik
4. Siswa dapat menuliskan perilaku warga negara sebagai wujud cinta NKRI dengan tepat.
5. Siswa dapat memahami konsep median dengan baik
6. Siswa dapat membandingkan masa anak2 dan remaja dengan baik
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Minggu siang Siti ikut ibunya ke balai desa. Ibu Siti bersama-sama ibu-ibu PKK lainnya hendak mengikuti pelatihan membatik. Pelatihan membatik diprogramkan oleh pemerintah desa tempat tinggal Siti. Pelatihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Pelatihan membatik ini membuka peluang besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga, ada hak masyarakat sebagai warga negara yang dapat terpenuhi. Hak yang dapat terpenuhi yaitu hak atas pekerjaan dan penghidupan layak bagi kemanusian.
Ayo Berlatih
Kerja Sama dengan Orang Tua
Melalui pelatihan membatik, ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti telah mendapatkan haknya sebagai warga negara Indonesia, baik hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan pekerjaan, maupun penghidupan yang layak. Apakah sebenarnya hak itu?
Ayo Membaca
Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia.
Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. Hak ini dapat diperoleh warga negara Indonesia salah satunya dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukum juga bisa diberikan atas hak kekayaan intelektual seseorang seperti hak cipta. sebagai contoh, hak cipta dalam penerbitan buku. Biasanya yang diberikan hak cipta atas isi buku adalah penulis atau penerbit.Selain itu, setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hak ini seperti yang telah diperoleh ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti melalui pelatihan membatik. Melalui pelatihan membatik diharapkan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK bisa menciptakan lapangan pekerjaan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
Satu lagi hak warga negara yang tidak kalah pentingnya untuk mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Pemenuhan hak warga negara Indonesia ini dapat mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.
Masih banyak hak warga negara Indonesia lainnya yang ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Beberapa diantaranya adalah memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan, kebebasan memilih dan memeluk serta menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini, mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Indonesia dari serangan musuh, serta kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku. Penuhilah hakmu secara seimbang dengan cara melaksanakan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
Teks yang telah disajikan di atas merupakan jenis teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benarbenar terjadi. Teks nonfiksi tersebut terdiri atas lima paragraf yang setiap paragrafnya terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran.
Dalam setiap paragraf terdapat gagasan utama, baik tertulis maupun tersirat. Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan utamasetiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.
Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi yang telah disajikan di depan. Kemudian tentukan kalimat utama dan gagasan utama masing-masing paragraf. Sampaikan secara lisan di depan teman-teman kalimat utama dan gagasan utama tersebut. Buatlah rangkuman dari yang disampaikan oleh teman-temanmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Paragraf | Kalimat Utama | Gagasan Utama |
---|---|---|
1 | Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. | Hak warga negara Indonesia |
2 | Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. | Hak mendapat perlindungan hukum |
3 | Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak | Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak |
4 | Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. | Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran |
5 | Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainya yang ditetapkan dalam UUD 1945. | Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945 |
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui beberapa hak warga negara Indonesia. Hak-hak warga negara Indonesia tersebut ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pasal-pasal berapa sajakah yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Selanjutnya, tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia.
No. | Hak-Hak Warga Negara Indonesia | Ketentuan dalam UUD 1945 |
---|---|---|
1. | Mendapat perlindungan hukum | Pasal 27 ayat (1) |
2. | Pekerjaan dan penghidupan yang layak | Pasal 27 ayat (2) |
3. | Ikut serta dalam upaya bela negara | Pasal 27 ayat (3)k |
4. | Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran | Pasal 28E ayat (3) |
5. | Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masingmasing | Pasal 28E ayat (1) |
6. | Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. | Pasal 30 ayat 1 |
7. | Mendapat pendidikan | Pasal 31 ayat (1) |
8. | Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional | Pasal 28C ayat (1) |
9. | Memanfaatkan sumber daya alam | Pasal 33 ayat (3) |
10. | Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara | Pasal 34 ayat (1) |
11. | Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan | Pasal 28H ayat (1) |
Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia berdasarkan hasil diskusi kelompokmu!
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak. Hak-hak tersebut ditetapkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
Ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti sudah mahir membatik. Secara swadaya dan subsidi dari pemerintah desa, ibu-ibu PKK membuka usaha produksi kain batik. Akhirnya ibu-ibu PKK dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
Dengan membuka usaha produksi batik, berarti ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti telah ikut serta melestarikan warisan budaya nenek moyang kita. Mengapa demikian? Batik adalah identitas budaya Indonesia. Bahkan sejak tahun 2009, UNESCO telah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Batik memiliki beragam motif yang mencerminkan identitas dari tiap-tiap daerah. Oleh karena itu, batik menjadi salah satu akar budaya bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan oleh setiap warga negara Indonesia.
Melestarikan budaya bangsa Indonesia termasuk upaya mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI). Cara lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI, misalnya dengan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
Sudahkah perilakumu mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI? Bagaimanakah contoh perilaku tersebut?
Ayo Menulis
Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan perilaku-perilaku warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI | ||
---|---|---|
No. | Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI | Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI |
1. | Cinta tanah air |
|
2. | Membina persatuan dan kesatuan |
|
3. | Rela Berkorban |
|
Ayo Renungkan
Untuk mengetahui seberapa jauh pemahamanmu tentang gagasan pokok pada setiap paragraf dalam teks nonfiksi, bacalah kembali teks nonfiksi berjudul Hak sebagai Warga Negara Indonesia. Kemudian jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah kamu dapat menentukan kata kunci dari judul teks maupun dari isinya?
Kata Kunci : Hak Warga Negara Indonesia
2. Apakah kamu juga dapat memperkirakan isi teks dari judul yang telah kamu baca?
Teks berisi hak-hak sebagai Warga negara Indonesia
3. Apakah kamu sudah dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama pada setiap paragraf? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut
Paragraf 1, Gagasan Utama: Hak warga negara Indonesia.Paragraf 2, Gagasan Utama: Hak mendapatkan perlindungan hukum.Paragraf 3, Gagasan Utama: Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak.Paragraf 4, Gagasan Utama: Hak memperoleh pendidikan dan pengejaran.Paragraf 5, Gagasan Utama: Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945
Bersama orang tuamu, amatilah kehidupan dan perilaku warga masyarakat disekitar tempat tinggalmu. Tuliskan perilaku mereka yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan pula hak-hak masyarakat sebagai warga negara Indonesia yang sudah terpenuhi.
Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
- Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
- Mengamalkan nilai-nilai yang ada di Pancasila
- Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda pandangan
- Menggunakana produk buatan dalam negeri dan memfilter produk dari luar negeri
Hak-hak Masyarakat sebagai Warga Negara Indonesia yang Sudah Terpenuhi
- Mendpatkan keamanan
- Mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak
- Berhak mendapatkan pekerjaan
- Berhak mendapatkan perlindungan
Pembelajaran 2
Dayu anak yang kreatif dan pandai menari. Dayu sering tampil menari di acara pentas seni baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Kali ini, Dayu akan mengikuti lomba tari dalam rangka memperingati HUT RI. Dayu akan menarikan tari tunggal bertema kepahlawanan. Apakah yang dimaksud tari tunggal?
Ayo Menulis
Ayo Membaca
Ragam Tarian di Indonesia
Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.
Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.
Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.
Ayo Berdiskusi
Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di atas bersama teman sekelas. Selanjutnya, diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Secara bergantian, jelaskan di depan teman-temanmu gagasan utama di setiap paragraf bacaan di atas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi bersama teman satu kelas dalam tabel berikut.
Paragraf | Gagasan Utama Setiap Paragraf |
---|---|
1 | Pengertian tari kreasi |
2 | Jenis tari kreasi |
3 | Bentuk karya tari kreasi |
Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari kreasi daerah/ tradisional berbentuk tari tunggal. Tari yang akan disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak. Tari Merak merupakan salah satu contoh jenis tari kreasi. Tari Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.
Selain tari Merak, banyak karya tari lain yang berbentuk tari tunggal. Apakah di daerah tempat tinggalmu ada bentuk tari tunggal? Apa nama karya tarinya? Berikut beberapa karya tari berbentuk tari tunggal dari berbagai daerah di Indonesia.
Tarian daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak dan wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti melestarikan budaya nasional.
Ayo Berdiskusi
1. Dayu telah mengikuti perlombaan menari. Ternyata perlombaan tari dibedakan atas dua kategori yaitu kategori anak-anak dan remaja. Dua kategori ini didasarkan atas batasan usia. Untuk kategori anak-anak batas usia 6 tahun sampai 10 tahun, sedangkan kategori remaja batas usia 11 tahun sampai 21 tahun. Masuk kategori yang manakah Dayu? Mengapa demikian? Diskusikan bersama teman satu kelompok belajarmu. Tuliskan pada buku tugas dan presentasikan di depan kelas.
Kategori Dayu adalah kategori remaja. Karena Dayu merupakan anak yang mengikuti perlombaan menari dengan usia diatas 10 tahun
2. Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?
Perbedaan masa anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon. Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:
- Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang
- Pinggul pada wanita melebar
- Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.
- Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu
- Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.
Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.
No. | Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-laki | Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki |
---|---|---|
1. | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara belum membesar | Suara jadi membesar |
3. | Belum tumbuh jakun | Tumbuh jakun |
4. | Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggut | Tumbuh kumis, jambang, dan janggut |
No | Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Perempuan | Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan |
1. | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara belum melengking | Suara jadi melengking |
3. | Payudara belum membesar | Payudara membesar |
4. | Panggul belum membesar | Panggul membesar |
Kamu telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas. Sekarang kenali dirimu berdasarkan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas pada tabel di atas. Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa yang sedang kamu alami saat ini, masih masa kanak-kanak atau sudah masa pubertas. Tuliskan pula alasan dari kesimpulanmu.
Kesimpulan :
Saat ini saya duduk di kelas VI dan berusia 11 tahun. berarti sekarang saya sedang mengalami masa remaja.
Alasan :
Pada diri saya terjadi beberapa perubahan seperti suara mulai membesar, mulsi tumbuh jakun, dan dada mulai membidang.
Kesimpulan
kesimpulan tentang pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia.
No. | Hak-Hak Warga Negara Indonesia | Ketentuan dalam UUD 1945 |
---|---|---|
1. | Mendapat perlindungan hukum | Pasal 27 ayat (1) |
2. | Pekerjaan dan penghidupan yang layak | Pasal 27 ayat (2) |
3. | Ikut serta dalam upaya bela negara | Pasal 27 ayat (3)k |
4. | Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran | Pasal 28E ayat (3) |
5. | Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masingmasing | Pasal 28E ayat (1) |
6. | Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. | Pasal 30 ayat 1 |
7. | Mendapat pendidikan | Pasal 31 ayat (1) |
8. | Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional | Pasal 28C ayat (1) |
9. | Memanfaatkan sumber daya alam | Pasal 33 ayat (3) |
10. | Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara | Pasal 34 ayat (1) |
11. | Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan | Pasal 28H ayat (1) |
Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia berdasarkan hasil diskusi kelompokmu!
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak. Hak-hak tersebut ditetapkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
Perilaku-perilaku warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI | ||
---|---|---|
No. | Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI | Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI |
1. | Cinta tanah air |
|
2. | Membina persatuan dan kesatuan |
|
3. | Rela Berkorban |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar