Senin, 10 Februari 2025

Materi Ajar, Rabu 12 Februari 2025

Hari/Tanggal : Rabu 12 Februari 2025
Tema : 7 (Kepemimpinan)
Subtema : 3 (Ayo Memimpin)
Pembelajaran : 5 dan 6
Mata Pelajaran : Bhs Indonesia (3.3), PKN (3.1), IPA (3.3), SbdP dan Matematika
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu menggali teks pidato dari berbagai media dengan percaya diri
2. siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila
3. siswa mampu menuliskan informasi tentang cara melindungi diri dari penyakit pada masa pubertas
4. Siswa mampu memahami cara menampilkan karya seni patung
5. Siswa mampu memahami materi statistika

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Matematika






Pembelajaran 5
Ayo Membaca
Pagi itu ayah dan ibu sudah menunggu Beni di kamar makan. Mereka biasa sarapan bersama di pagi hari. Ayah memanggil nama Beni, tetapi Beni tidak menyahut. Kemudian, ibu berjalan menuju kamar Beni. Tiba di depan kamar Beni, ibu mengetuk pintunya sambil berkata, “Beni, ayo kita sarapan.”
Makan Bersama
“Iya, Bu”, jawab Beni.

Ibu membuka pintu kamar Beni. Ibu melihat Beni sudah mengenakan seragam, tetapi belum menyisir rambutnya. Beni sedang memasukkan buku-buku dan perlengkapan sekolahnya ke dalam tas.

“Kamu tadi terlambat bangun, Beni?” tanya ibu,

“Iya, Bu. Tadi malam Beni mengerjakan tugas. Beni baru tidur pukul 11 lebih” jawab Beni.

“Kapan ibu guru memberikan tugas itu?” tanya ibu.

“Sebenarnya sudah seminggu yang lalu, Bu,” jawab Beni lirih.

“Hhmmm... jika kamu dapat memimpin dirimu sendiri, pasti pagi ini kamu tidak akan terlambat bangun,” kata ibu.

“Maksud Ibu?” tanya Beni.

“Maksud Ibu, jika kamu dapat memimpin dirimu sendiri dengan mengatur waktumu dengan baik, tentu tugas itu sudah selesai dari kemarin, bukan?” kata ibu.

“Iya, Bu. Besok-besok Beni tidak akan menunda mengerjakan tugas,” kata Beni.

“Baiklah. Tapi, Ibu senang kamu telah berusaha keras dan mengerjakan tugasmu sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Ayo, sekarang kita sarapan. Ayah sudah menunggu,” kata ibu.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu hal-hal berikut.
1. Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti Beni?
Saya pernah mengalami kejadian seperti Beni.
2. Sikap apa yang tidak pantas ditiru dari cerita Beni di atas?
Sikap bermalas-malasan dan suka menunda-nunda pekerjaan yang dilakukan Beni
3. Sikap apa yang dapat ditiru dari cerita Beni di atas?
  • Sikap bertanggung jawab. Walaupun terburu-buru Beni tetap mengerjakan tugas yang diberikan.
  • Berjiwa besar. Beni mau mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.
  • Patuh pada orang tua. Beni menuruti dan menyanggupi permintaan ibunya
Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di hadapan kelompok-kelompok lain.

Kata ibu Beni, kita harus mampu memimpin diri sendiri. Dalam memimpin diri sendiri, kita juga harus mampu mengatur waktu untuk melaksanakan semua hak dan kewajiban kita.

Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila.
  1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.
  2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Menghormati hak orang lain
  5. Suka bekerja keras.
  6. Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Ayo Menulis
1. Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupanmu sehari-hari.
2. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan keadilan di lingkungan sekitarmu.

Tuliskan tugasmu, lalu presentasikan di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian
Penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
No.Nilai Sila KelimaContoh Penerapan
1.Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royongSelalu bergaul dan bekerja sama serta saling bantu membantu antara sesama teman
2.Mengembangkan sikap adil terhadap sesamaBergaul dan berteman dengan baik tanpa membeda-bedakan latar belakang sosial dan ekonomi.
3.Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajibanMematuhi semua nasehat orang tua sehingga dikasihi dan disayangi oleh mereka.
4.Menghormati hak orang lain.Tidak memotong pembicaraan orang lain saat berada dalam sebuah diskusi.
5.Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiriSuka memberi pertolongan kepada orang lain misalnya membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
6.Suka bekerja kerasBelajar dengan tekun agar meraih nilai yang memuaskan.
7.Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersamaTidak memberikan komentar negatif terhadap suatu karya orang lain walaupun karya tersebut kurang bagus

Menurut saya pelaksanaan keadilan dilingkungan sekitar sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya terjadi perselishan..

Ayo Bercerita
Pada Pembelajaran 2, kamu telah membuat peta pikiran tentang menghadapi masa pubertas. Sekarang, presentasikan hasil karyamu di depan teman-teman dan Bapak/Ibu guru.

Persiapan yang dilakukan pada masa pubertas antara lain sebagai berikut:
  1. Selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi tentang pubertas kepada orang yang mengerti
  3. Selalu berpikir positif dan melakukan perbuatan yang positif
  4. Banyak membaca buku pengetahuan
  5. Berlatih merawat diri sebelum puber datang (karena akan terjadi perubahan)
  6. Meminta bimbingan dari orangtua


Ayo Mencoba
Hari ini kamu akan berpidato dengan menggunakan teks pidato yang sudah kamu buat. Kamu pun akan mempraktikkan nilai-nilai kepemimpinan karena kamu akan memimpin sepuluh orang teman kelasmu.

Pilihlah tempat untuk berpidato di hadapan teman-temanmu itu. Berpidatolah dengan lantang, percaya diri, dan penuh semangat, namun tetap harus santun.
Unsur PidatoKeterangan
TopikPemuda Calon Pemimpin Bangsa
Salam PembukaAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
PendahuluanPertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Pada pundak pemuda, bangsa ini menaruh harapan dalam meIanjutkan pembangunan. Salah satu pemicu keberhasilan pembangunan adalah adanya jiwa kepemimpinan pada setiap generasi.
IntiPemimpin pada hakekatnya merupakan seseorang yang mempunyai peranan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan.

Semua orang berhak menjadi pemimpin asalkan mereka disiplin, saling bekerjasama dan toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.

Disiplin merupakan kesadaran untuk mematuhi aturan yang berlaku, sehingga kita sebagai pemimpin bisa menjadi contoh bagi anggota. Kerjasama dan toleransi juga diperlukan karena kita sebagai manusia tidak bisa berdiri sendiri, kita selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Ada hal penting dalam bekerjasama, yaitu tanggungjawab. Tanpa tanggungjawab harapan pekerjaan menjadi kurang lancar. Gunakan kearifan untuk memposisikan diri dan tim sehingga kita dapat berhasil.

Selain itu kita harus tetap konsisten, jika tidak pekerjaan kita bisa hancur. Kita harus bisa menyelesaikan masalah dengan tuntas dan yang terakhir kita harus membiasakan hidup dengan persiapan yang matang, apa yang akan dikerjakan esok hari harus dipersiapkan sebelumnya. Jika ada pekerjaan, rencanakan waktu pengerjaannya sehingga selesai tepat waktu.

Marilah mulai mengoreksi dan berbenah diri untuk menuju masa depan yang gemilang
PenutupDari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka dapat saya simpulkan bahwa generasi muda merupakan calon pemimpin bangsa. Seorang pemimpin yang baik sebaiknya memiliki sikap disiplin, saling bekerjasama, toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.
Salam PenutupDemikian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Ayo Renungkan
Diskusikan kesimpulan pembelajaran pada hari ini.
Sikap, pengetahuan, dan keterampilan apa yang kamu pelajari?
Pada hari ini saya telah belajar sikap:percaya diri, Pengetahuan tentang nilai-nilai sila kelima Pancasila., dan unsur-unsur pidato. Keterampilan yang saya pelajari adalah melakukan presentasi, dan berpidato

Pembelajaran 6

Ayo Menulis
Pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat menilai dirinya sendiri. Kamu dapat melakukannya agar kamu menjadi lebih baik. Setelah berpidato di hadapan temanmu, kini saatnya kamu menuliskan pengalamanmu berpidato. Tulisanmu harus memuat hal-hal berikut.
  1. Isi pidato
  2. Reaksi pendengar
  3. Waktu berpidato
  4. Sikap berpidato
  5. Rencana perbaikan saat berpidato dan perbaikan teks pidato

Tulislah pada tempat yang sudah disediakan.(Ini hanya sekadar contoh saja, silahkan sesuaikan dengan pidato Anda sendiri)
Pengalaman Berpidato
Unsur PidatoKeterangan
Isi PidatoBerisi tentang kepemimpinan yang baik. Seorang pemimpin yang baik memiliki sikap disiplin, saling bekerjasama dan toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.
Reaksi PendengarPendengar terlihat antusias mendengarkan pidato yang saya sampaikan
Waktu BerpidatoWaktu berpidato yang saya butuhkan kurang dari 10 menit
Sikap Berpidato
  1. Saat berpidato harus sedapat mungkin dilihat oleh semua pendengar.
  2. Mengatur suara dengan jelas, tegas, dan nyaring dan sesuaikan dengan tempat pidato.
  3. Gerak tubuh, seperti tangan, telapak tangan, jari, kepala, raut muka, dan lain-lain juga mendukung daya tarik dalam berpidato.
Rencana PerbaikanJika akan berpidato lagi saya akan berusaha mengumpulkan data yang dibutuhkan selengkap mungkin agar pidato yang saya sampaikan lebih menarik. Satu hal gai yang ingin saya perbaiki adalah menghilangkan rasa grogi di depan orang banyak.

Ayo Mencoba
Pada Pembelajaran 4, kamu telah membuat patung dari bahan lunak. Sekarang tunjukkan hasil karyamu dan jelaskan kepada teman-teman sekelas, serta Bapak/Ibu guru. Jelaskan bahan, alat, dan cara pembuatan patungmu tersebut. Jelaskan pula alasanmu membuat patung tersebut. Lakukan bergantian dengan temanmu. Berikan apresiasi setelah temanmu mempresentasikan karya patungnya.

(Ini hanya contoh saja, silahkan sesuaikan dengan presentasi yang akan kalian lakukan)
A. Alat dan Bahan
1. Gunting
2. Ember
3. Kertas koran
4. Kawat kasa
5. Pati kanji
6. Cat warna dan kuas

B. Langkah Pembuatan
  1. Siapkan kertas bekas.
  2. Rendam kertas dalam ember kira-kira selama 24 jam sampai lunak.
  3. Buatlah kerangka menggunakan kawat. Besar kecilnya kawat menyesuaikan besar kecilnya patung yang akan dibuat.
  4. Kertas yang sudah lunak dapat ditumbuk lagi, lalu diperas dan dicampur dengan lem kanji (sampai berbentuk seperti tanah liat).
  5. Tempelkan bubur kertas pada kerangka kawat sesuai dengan bentuk yang dinginkan. Untuk mendapatkan lapisan luar yang halus, lapislah dengan kertas yang berwarna putih dengan lem.
  6. Jemur patung di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  7. Setelah kering, warnai patung dengan cat kayu atau cat tembok, sesuai warna yang kamu sukai
Membuat Patung
Alasan pembuatan patung :
Saya membuat patung tersebut untuk dinikmati keindahannya. Patung tersebut akan saya gunakan untuk menghiasi ruangan tamu di rumah saya. Selain itu pembuatan patung berbahan kertas ini mudah dan murah.

EVALUASI
1. Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas?
Perubahan Laki-laki pada masa pubertas :
  • Suara berubah membesar
  • Tumbuh jakun
  • Tumbuh jangut, kumis dan jambang
  • Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

Perubahan Perempuan pada masa pubertas :
  • Suara jadi melengking
  • Payudara membesar
  • Pinggul membesar
  • Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

2. Bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas?
Cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas antara lain sebagai berikut
  • Memakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  • Hindari bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain
  • Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari
  • Bagi perempuan, sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju ke belakang, agar kuman yang terdapat pada anus tidak masuk ke dalam organ reproduksi
  • Bagi laki-laki, dianjurkan untuk dikhitan atau disunat agar menurunkan resiko penularan penyakit menular seksual serta menurunkan resiko kanker penis dan kanker leher rahim pada istrinya kelak.

3. Apa nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila?
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila antara lain :
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong
  • Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
  • Menghormati hak orang lain
  • Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri
  • Suka bekerja keras
  • Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

7. Apa saja bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan?
Kerja sama sektor pendidikan di ASEAN dilakukan oleh Komite ASEAN untuk pendidikan (ASEAN Committee on Education). Untuk mendukung pencapaian tersebut, negara-negara ASEAN melakukan kerja sama berikut.
  • Mendorong hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan.
  • Mendorong organisasi dan sekolah di tiap-tiap negara mencari mitra kerja sama di kawasan Asia Tenggara.
  • Mengikuti pertukaran pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Mengadakan lokakarya atau mengundang dosen untuk memberikan kuliah di universitas negara lain.
  • Menjalin kerja sama di bidang akademis dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah:
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang sikap percaya diri, pengetahuan tentang unsur-unsur pidato., karya patung dari bahan lunak, dan keterampilan berpidato dan melakukan presentasi
Kegiatan apa yang paling menarik?
Kegiatan yang paling menarik adalah mempresentasikan hasil karya patung kepada teman-teman dan guru (hanya contoh)

  Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Alhamdulillah siswa mampu menggali teks pidato dari berbagai media dengan percaya diri sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar