Hari/Tanggal : Kamis, 7 November 2024
Tema : 5
Subtema: 2 (Usaha disekitaku)
Pembelajaran : 1
Mata Pelajaran : IPS (3.6), Bahasa Indonesia (3.3), IPA (3.5)
Pembelajaran : 1
Mata Pelajaran : IPS (3.6), Bahasa Indonesia (3.3), IPA (3.5)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi berbagai kegiatan ekspor impor dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
2. siswa mampu menyajikan berbagai contoh benda magnetis dan non magnetis dengan tepat.
3. siswa mampu menjelaskan cara membuat daftar riwayat hidup sesuai tujuan dan kegiatan dengan baik.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Ayo Membaca
Usaha apa saja yang ada di sekitarmu ? Bagaimana usaha tersebut bermanfaat untuk dirimu dan orang lain di sekitarmu? Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri di mana segala sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku (disebut sebagai wirausahawan) dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasinya dan memasarkan serta mengatur permodalannya
Ayo Mengamati
Amati gambar dan tuliskan hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang kegiatan wirausaha pada gambar di atas dalam bentuk pertanyaan.
- Sumber daya dan peralatan apa saja yang digunakan dalam ketiga usaha tersebut?
- Apakah seluruh sumber daya dan peralatan yang digunakan hanya berasal dari dalam negeri? Jelaskan.
- Apakah ada peralatan yang didatangkan dari negara lain? Jelaskan.
Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan salah seorang teman.
Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu.
1. Sumber daya dan peralatan yang digunakan dalam usaha
a. Fotocopy
- Mesin Fotocopy menjadi alat produksi utama
- Kertas sebagai bahan prosuksi
- Sumber daya manusia sebagai operator mesin fotocopy
b. Pangkas Rambut
- Mesin cukur dan gunting merupakan alat untuk memotong rambut.
- Kursi menjadi tempat seorang pelanggan untuk duduk selagi proses memangkas rambut.
- Sumber daya manusia menjadi operator dari alat pemotong rambut.
c. Bengkel
- Perkakas dan sparepart sebagai alat dan bahan usaha.
- SDM yang menggunakan seluruh perkakas digunakan memasang sparepart.
2. Sumber daya dan peralatan yang digunakan hanya berasal dari dalam negeri adalah sumber daya berasal dari dalam negeri, sedangkan peralatan-peralatan yang digunakan dalam usaha fotocopy, pangkas rambut dan bengkel perlu didatangkan dari luar negeri.
3. Peralatan didatangkan dari negara lain adalah ada, yaitu mesin fotocopy, alat pencukur, dan peralatan perbengkelan yang rata-rata adalah buatan dari negara lain.
Sebutkan usaha-usaha lain yang kamu temukan di lingkungan rumahmu.
Usaha-usaha lain yang ditemukan di lingkungan rumahku antara lain warung makan, warung kopi, butik, toko alat tulis, konter pulsa, dan salon.
Apa manfaat yang kamu peroleh dari usaha-usaha tersebut?
Manfaat yang saya peroleh dari usaha-usaha tersebut adalah bisa mendapatkan hampir semua kebutuhan saya lebih dekat.
Perhatikan kembali gambar usaha fotokopi, pangkas rambut, dan bengkel sebelumnya.
Sumber daya dan peralatan apa saja yang digunakan dalam usaha-usaha di atas? Jelaskan.
1. Usaha fotokopi :
- Mesin fotokopi menjadi alat produksi utama.
- Kertas berfungsi sebagai bahan produksi.
- Sumber daya manusia menjadi operator mesin fotokopi.
2. Usaha potong rambut :
- Mesin cukur dan gunting merupakan alat untuk memotong rambut.
- Kursi menjadi tempat pelaggan untuk duduk selagi dicukur.
- Sumber daya manusia menjadi operator dari alat cukur.
3. Bengkel :
- Perkakas dan sparepart sebagai alat dan bahan usaha.
- Sumber daya manusia yang menggunakan seluruh perkakas untuk memasang sparepart.
Apakah seluruh sumber daya dan peralatan yang digunakan hanya berasal dari dalam negeri? Jelaskan.
Sumber daya dan peralatan yang digunakan tidah hanya berasal dari dalam negeri. Kebanyakan mesin fotokopi, mesin cukur, dan perkakas bengkel merupakan barang buatan luar negeri.
Apakah ada peralatan yang didatangkan dari negara lain? Jelaskan.
Ada beberapa peralatan yang didatangkan dari negara lain misalnya mesin fotokopi, mesin cukur, dan perkakas bengkel yang kebanyakan berasal dari negara lain.
Dalam menjalankan roda perekonomian, suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Namun, diperlukan kerja sama dengan negara lain. Salah satu contohnya adalah kerja sama di antara negara-negara ASEAN.
Mari kita ambil contoh sederhana dari usaha yang terdapat pada gambar tadi, yaitu usaha pangkas rambut. Untuk menjalankan usaha tersebut, sumber daya yang digunakan bisa berasal dari dalam negeri, misalnya sumber daya manusia, kursi, dan meja. Namun, ada juga sumber daya yang berasal dari luar negeri, misalnya mesin cukur dan peralatan lainnya.
Begitu pula dengan usaha fotokopi dan bengkel. Sebagian sumber daya ada yang berasal dari dalam negeri, dan ada pula yang didatangkan dari luar negeri, seperti mesin fotokopi dan suku cadang untuk kendaraan bermotor.
Kegiatan mendatangkan atau memasukkan barang dagangan atau komoditas dari luar negeri disebut mengimpor. Kegiatan mengirim barang dagangan atau komoditas ke luar negeri disebut mengekspor.
Ayo Membaca
Baca teks berikut dalam hati.
Ekspor Batik Terus Meningkat
Kerajinan batik dan gerabah Kasongan adalah dua contoh wirausaha yang telah mengekspor produk ke luar negeri, khususnya ke negara-negara ASEAN.
Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk batik hingga 2019 mencapai US$1,5 miliar (sekitar Rp22,07 triliun).
Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor produk batik cenderung meningkat setiap tahun. Pada Periode Januari-April 2015, nilai ekspor mencapai US$81,8 juta (sekitar Rp1,2 triliun).
Ekspor pada 2014 mencapai US$340 juta (sekitar Rp5 triliun). Jumlah itu meningkat 17% jika dibandingkan dengan ekspor 2013.
Batik Indonesia sudah diekspor ke berbagai negara ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura. Selain itu juga ke negara Amerika, Eropa, dan Australia.
Kasongan Bantul Ekspor Gerabah Miliaran Rupiah per bulan
Kalangan perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu mengekspor berbagai macam kerajinan. Ekspor tersebut mencapai 80 kontainer per bulan atau setara dengan sekitar 6 miliar rupiah.
Berbagai kerajinan gerabah yang diekspor itu meliputi guci yang dibalut dengan kerang dan kaca, patung, hiasan luar ruangan dengan berbagai model, dan motif kembangannya.
Sentra kerajinan Kasongan memiliki ratusan perajin yang tersebar di lima pedusunan, dengan sekitar 200 perajin kualitas ekspor, termasuk lima perajin skala besar.
Pada periode 2008 sampai 2010 ekspor kerajinan memang cenderung turun, terutama ke Amerika dan Eropa, namun mulai 2011 dan setelahnya ekspor mulai meningkat bahkan mulai merambah ke Australia dan sebagian Asia.
Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?
Beberapa komoditas yang diekspor Indonesia ke negara lain diantaranya adalag kelapa sawit, tembakau, kopi, karet, teh, kakao, dan tebu., perangkat elektronik, tekstil, kulit dan produk olahannya, dan batu bara
Apakah kamu juga mengetahui komoditas yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia?
Beberapa komoditas yang diimpor Indonesia dari berbagai negara di lingkup Asean antara lain minyak dan gas, perangkat elektronik, garam dan gula, bawang putih, dan bat-obatan maupun peralatan kedokteran.
Ayo Membaca
Perhatikan gambar berikut. Apakah ada usaha yang menjual benda-benda berikut di sekitar tempat tinggalmu?
Amati gambar di atas.
Apakah kamu bisa memprediksi yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.
No. | Nama Benda | Prediksi | |
---|---|---|---|
Ditarik | Tidak Ditarik | ||
1 | Pensil | - | √ |
2 | Peniti | √ | - |
3 | Penghapus | - | √ |
4 | Paku | √ | - |
5 | Penjepit Kertas | √ | - |
6 | Sisir | - | √ |
7. | Gunting | √ | - |
8 | Batu | - | √ |
9 | Kayu | - | √ |
10 | Daun | - | √ |
11 | Karet Gelang | - | √ |
12 | Kaca | - | √ |
Buktikan prediksimu dengan melakukan percobaan.
Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan percobaan untuk mengetahui benda-benda magnetis dan nonmagnetis di sekitarmu.
Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis | ||
---|---|---|
Tujuan Percobaan | : | Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis |
Alat dan bahan | : | - Magnet - Pensil - Peniti - Karet gelang - Paku - Penjepit kertas - Sisir - Gunting - Batu - kayu - Daun - Kertas - Kaca |
Langkah-langkah | : |
|
Hasil Percobaan | : |
|
Kesimpulan | : |
Presentasikan hasil percobaan dalam kelompok.
Tugas di rumah
Lakukan percobaan dengan benda-benda yang ada di sekitar rumahmu. Tulislah laporan berdasarkan percobaan. Presentasikan hasilnya pada pertemuan berikutnya.
Ayo Berdiskusi
Di sekolah Edo, akan dilaksanakan simulasi tentang wirausaha, yaitu siswa akan mempraktikkan jual beli di lingkungan sekolah. Untuk kegiatan tersebut, dibutuhkan beberapa panitia. Bagi siswa yang berminat, dapat mengajukan surat permohonan kepada guru kelas dengan melampirkan daftar riwayat hidup.
Edo dan Siti berminat untuk menjadi panitia, namun mereka masih bingung bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup. Apakah kamu mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup? Tulis pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang daftar riwayat hidup.
Ayo Membaca
Baca teks berikut dalam hati.
Tahukah kamu bahwa Daftar Riwayat Hidup adalah data yang berisi informasi tentang diri seseorang? Kamu dapat membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan menerangkan data diri kepada orang lain.
Kamu membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan mendaftarkan diri, misalnya mendaftarkan diri ikut lomba kesenian, menjadi anggota sebuah tim, pengurus suatu kegiatan, atau untuk melamar pekerjaan.
Setiap orang memiliki riwayat hidup masing-masing. Riwayat hidupmu pasti berbeda dengan riwayat adikmu, kakakmu, bahkan orang tuamu. Kamu dapat menulis daftar riwayat hidup dalam bentuk singkat maupun dalam bentuk narasi atau cerita.
Untuk membuat daftar riwayat hidup, diperlukan data diri, pengalaman, keterampilan, prestasi yang pernah diraih, serta informasi penting lainnya yang perlu diketahui orang lain.
Tulislah sebanyak mungkin informasi penting tentang dirimu dalam bentuk peta pikiran sebagai bahan untuk membuat daftar riwayat hidupmu pada pertemuan berikutnya.
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran Pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Pada pembelajaran hari ini Siswa mampu mengidentifikasi berbagai kegiatan ekspor impor dalam kehidupan sehari-hari dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar