Hari/Tanggal : Kamis 14 September 2023
Tema : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema : 2 (Penemu dan manfaatnya)
Pembelajaran : 4
Mata Pelajaran : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.2), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
Subtema : 2 (Penemu dan manfaatnya)
Pembelajaran : 4
Mata Pelajaran : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.2), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi contoh pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan terperinci.
2. siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar.
3. siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.
4. siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan dengan sistematis5. siswa mampu memainkan lagu menggunakan alat musik sesuai dengan interval yang tepat
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar tentang penemu jam. Salah satu manfaat dari penemuan jam adalah membantu kita disiplin terhadap waktu. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah disiplin waktu?
Sekarang, tuliskan kewajibanmu yang lain sebagai pelajar! Apa dampaknya jika kamu tidak melaksanakan dengan tanggung jawab? Jelaskan jawabanmu!
Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut!
Ayo Menulis
Pernahkan kamu datang terlambat ke sekolah? (Jika tidak pernah, kamu dapat menceritakan pengalaman datang terlambat pada saat bertemu teman dan lain-lain). Tulislah pengalamanmu datang terlambat ke sekolah!
Kapan kamu terlambat datang ke sekolah?
Saya terlambat datang ke sekolah saat hujan lebat.
Mengapa kamu terlambat?
Hujan lebat menyebabkan banjir sehingga lalu lintas macet
Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?
Jika saya terlambat orang yang dirugikan antara lain adalah diri saya sendiri, guru dan juga teman-teman.
Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?
Saat saya terlambat, sayaa menjadi pribadi yang tidak disiplin dan tidak menghargai waktu.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman?
Ketika saya terlambat dan masuk ke dalam kelas, tentu konsentrasi belajar mereka sedikit banyak akan terganggu.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman?
Ketika saya terlambat, tentu saya sudah mengambil hak guru mengajar dengan baik karena guru harus mengulang kembali materi pelajaran.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin?
Ketika saya terlambat sudah tentu saya gagal melaksanakan kewajiban sebagai pelajar yang disiplin.
Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?
Rencana saya agar tidak terlambat lagi adalah tidur lebih cepat, mempersiapkan semua peralatan sekolah di malam hari sebelum tidur, berangkat lebih awal agar terhindar macet dan lain sebagainya.
Datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Ayo, laksanakan kewajibanmu dengan tanggung jawab ya.
Amatilah gambar-gambar berikut. Apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab? Apa dampak dari yang mereka lakukan?
Pertanyaaan | Gambar 1 | Gambar 2 | Gambar 3 |
---|---|---|---|
Apa kewajiban kita sebagai pelajar? | Menjaga kebersihan sekolah | Belajar dengan sungguh-sungguh | Mengerjakan tugas secara berkelompok |
Apakah mereka sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelajar? | Belum | Belum | Belum |
Apa dampak bagi diri sendiri? | Menjadi orang yang jorok | Mendapat nilai kurang bagus | Pekerjaan lebih cepat selesai |
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi lingkungan? | Lingkungan menjadi kotor dan menjadi sumber penyakit | Kegiatan belajar m moodengajar terganggu | Memperkuat persatuan dan kesatuan |
Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi orang lain? | Mengganggu kenyamanan orang lain | Mengganggu teman lain yang sedang belajar | Siswa lain akan senang jika diajak kerja kelompok lagi |
No. | Kewajiban Pelajar | Dampak jika tidak melaksanakan kewajiban |
---|---|---|
1. | Menjaga kebersihan lingkungan sekolah | Jika tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah maka lingkungan sekolah menjadi kotor |
2. | Menaati peraturan sekolah | Jika tidak menaati peraturan sekolah bisa saja dikeluarkan dari sekolah |
3. | Belajar dengan sungguh-sungguh | Jika tidak belajar dengan sungguh-sungguh maka bisa saja tidak naik kelas |
4. | Mengerjakan tugas yang diberikan guru | Jika tidak mengerjakan tugas dari guru maka nilai akan berkurang |
Ayo Berlatih
Pada pembelajaran 1 kamu telah membaca teks tentang “Si Kotak Ajaib”. Kamu telah menemukan kalimat tidak efektif pada teks tersebut. Apa itu kalimat efektif?
Kalimat efektif adalah yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami.
Ciri-ciri kalimat efektif:
1. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama .
Para tamu-tamu duduk di kursi. Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”? Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”? Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu.
Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi.
Efektif: Para tamu duduk di kursi.
Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif.
No. | Kalimat Tidak Efektif | Kalimat Efektif |
---|---|---|
1. | Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. | Ia adalah penemu yang pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televesi. |
2. | Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925 | Baird mendemonstrasikan televisi di hadapan para bapak dan ibu di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. |
3. | Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektronik dan magnetik menjadi gambar dan suara. | Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini |
4. | Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini | Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektronik dan magnetik menjadi gambar serta suara. |
Bacalah teks berikut!
Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791- 1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.
Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.
1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
Charles Babbage adalah penggagas utama dalam penemuan komputer.
2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
Dampak penemuan Chales Babbage bagi dunia adalah menekan kemungkinan kesalahan menghitung saat itu serta memberi gagasan kepada penemu lain untuk mengembangkan komputer hingga menjadi komputer seperti sekarang ini.
3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?
Ya tentu saja saya sangat merasakan manfaat komputer, Dengan adanya komputer dapat mencari ilmu lebih luas lagi, mempermudah ketika menyusun tulisan, mengerjakan tugas menjadi lebih mudah.
Ayo Membaca
Charles Babbage mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi kesalahan menghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini?
Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!
Komputer pada awalnya hanya berupa alat untuk menghitung, kemudian berkembang menjadi komputer listrik, lalu komputer dengan mouse serta keyboardnya, kemudian home computer murah, lalu komputer dengan akses jaringan internet, hingga menjadi komputer multifungsi seperti sekarang.
Mengapa komputer terus berkembang?
Komputer terus berkembang karena mengikuti perkembangan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam.
Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Dampak perkembangan komputer bagii manusia adalah memudahkan beberapa pekerjaan manusia seperti mengetik, mencari sesuatu di internet, sebagai alat transaksi, menyimpan dokumen-dokumen penting, dan sebagainya.
Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Jika komputer tidak ditemukan mungkin pekerjaan manusia tidak semudah ketika ada komputer karena pekerjaan dilakukan secara manual. Sehingga, kemungkinan terjadinya kesalahan pekerjaan lebih besar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?r
Dampak komputer dalam bidang pendidikan antara lain memudahkan kegiatan belajar siswa, mengerjakan tugas sekolah menjadi lebih mudah, dan membantu guru melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?
Dampak ditemukannya komputer dalam bidang iptek antara lain iptek akan terus mengalami perkembangan. Dengan adanya komputer banyak teknologi baru yang dapat ditemukan.
Chales Babbage melakukan penelitian untuk menemukan komputer. Ia melakukan percobaan terus-menerus. Sekarang dengan meniru sikap para penemu, lakukan percobaan untuk menemukan luas lingkaran dengan cara yang berbeda.
Ayo Berkreasi
Kamu sudah menyanyikan lagu “Mariam Tomong”. Sekarang kita akan memainkan lagu tersebut dengan menggunakan alat musik.
Kamu dapat menggunakan alat musik bernada do re mi fa sol la si do. Alat musik yang dapat digunakan adalah pianika, angklung, kolintang atau alat musik lainnya.
Kita akan berlatih memainkan alat musik sesuai dengan interval nada. Awalnya kita akan berlatih memainkan solmisasi tangga nada berikut.
Nada-nada berikut berjarak 1 nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Do Re Mi Fa Sol La Si Do
Nada-nada berikut berjarak 1 nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Do - ReRe - MiFa - SolSol - La
Nada-nada berikut berjarak ½ nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Mi - FaSi - La
Nada-nada berikut berjarak 2 nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Do - MiFa - La
Nada-nada berikut berjarak 1 ½ nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Re - FaMi - SolLa - Do
Berlatihlah membunyikan nada-nada berikut!
Do - ReDo - MiDo - FaDo - SolDo - LaDo - Si
Berlatihlah berkali-kali ya, supaya nada kamu tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar