Tema 6 :Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 :Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan Pembelajaran :
1. B. Indonesia : KD. 3.7
Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan
membaca judulnya saja).
2. IPA : 3.2
Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
3. SBdP : 3.1
Poster
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?
Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.........
Anak sholeh dan sholehah,
Masih ingatkah pembelajaran kemarin? ya kemarin kita belajar tentang memeprkirakan informasi yang terdapat dalam teks berdasarkan dari kata kunci yang terdapat dalam judul, pubertas dan median.
Nah, hari ini kita akan belajar tema 6 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6
Adapun Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik mampu memperkirakan informasi yang terdapat pada teks melalui kata kunci yang terdapat dalam judul, menyebutkan ciri ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan, mampu menidentifikasi unsur-unsur poster dengan baik dan benar, dan mampu membedakan median, mean, dan modus.
Anak sholih sholihah...
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
Judul pada bacaan adalah “Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas.”
Kata kunci pada bacaan adalah aktivis peduli lingkungan dan kumpulkan koran bekas.
Informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci adalah terdapat aktivis yang peduli dengan lingkungan dengan cara mengumpulkan koran bekas.
Isi bacaan setelah membaca semua teks sama dengan dengan isi bacaan sesuai kata kunci.
Bagaimanakah kamu menjalankan kewajiban, baik di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan negara? Coba ceritakan di depan teman-temanmu.
Membersihkan dan merapikan tempat tidurMenjaga kebersihan lingkungan rumahMenyapu rumah, beranda/teras rumah, halaman rumahMenyiram tanaman/bungaMemberi makan hewan peliharaan/hewan ternakMembantu jaga toko orang tua
Melatih disiplin dan tanggung jawabMempermudah/memperlancar kegiatan sehari-hariMenyenangkan orangtuaMendapat kepercayaan orang tua dan saudaraMendapat kepuasan pribadi karena mampu melaksanakan
Harus lebih rutin dan berkelanjutanHarus lebih ikhlas tanpa paksaanHarus lebih bersemangatHarus dilakukan dengan riang gembira
No | Kata Kunci | Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci |
---|---|---|
1. | Bahaya pangan jajanan tidak sehat di sekitar sekolah. Bahaya pangan jajanan | Dalam 5 tahun terakhir Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), menunjukkan banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat berkisar 40-44%. Siswa cenderung lebih tertarik dengan makanan berwarna cerah yang berbahaya. |
2. | Jajanan anak sekolah yang tidak sehat . Bahaya jajanan anak sekolah yang tidak sehat | Jajanan berbahaya mengandung Rhodamin, Formalin, Boraks dan pemanis buatan. Rhodamin adalah zat pewarna tekstil/kain. Formalin adalah zat pengawet jenazah. Boraks adalah bahan untuk campuran deterjen. |
Matematika
Pengolahan Data
Membandingkan Mean, Median, dan Modus
Pengertian Mean, Median, dan modus
Mean dapat diartikan sebagai nilai rata-rata suatu kelompok data.
Median adalah nilai tengah data setelah diurutkan.
Sedangkan modus merupakan nilai yang sering muncul dalam suatu kelompok data.
Cara Menghitung Mean/Rata-rata
Rata-rata = Jumlah data/banyak data
Contoh : Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut:
70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80.
Berapakah rata-rata nilai Matematika kelas 6?
- Langkah Pertama adalah di jumlahkan semua data
Jumlah semua data= 1245
Jumlah data = 16
Rata-rata = Jumlah data/banyak data
Rata-rata = 1245/16
Rata-rata = 77,8125
Jika diambil 2 angka setelah koma maka hasilnya
Rata-rata = 77,81
Median adalah nilai data yang ada di tengah kelompok data setelah diurutkan.
Ada 2 cara menentukan median yaitu:
- Median pada kelompok data berjumlah ganjil.
- Median pada kelompok data berjumlah genap.
Langkah menentukan data:
- Urutkan data dari yang paling kecil
- Hitung jumlah datanya. Jika ganjil, median adalah nilai yang ada di tengah. Jika genap, akan ada dua data yang berada di tengah. Kedua data tersebut dijumlahkan kemudian dibagi dua.
Cara mencari median data ganjil bisa menggunakan rumus di bawah ini.
Median = (N+1)/2
Keterangan = N adalah banyak data
Dari rumus di atas maka cara mencari median dengan banyak data ditambah satu kemudian di bagi dua. Maka nilai yang diperoleh nilai tengah dari data yang sudah diurut.
Contoh median data ganjil
Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut:
70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70.
Penyelesaian:
Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100
Banyak data = 15
Me = (N+1)/2
Me = (15+1)2
Me = 16/2
Me = 8
Data ke-8 adalah 80
Jadi median adalah data kedelapan yaitu 80.
Cara mencari median data genap berbeda dengan data ganjil. Adapun untuk mencari median data genap bisa melihat rumus di bawah ini.
Me = ((N/2)+((N/2)+1)):2
Keterangan N = banyak data
Jadi berdasarkan rumus di atas, untuk mencari data tengah atau data pusat jika banyak data genap maka caranya jumlah data dibagi kedua ditambah jumlah data dibagi dua ditambah satu, kemudian dibagi dua.
Misalnya jumlah data 20. Maka cara mediannya adalah 20/2 = 10. Jadi median adalah data ke 10 ditambah data ke 11 kemudian dibagi 2. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh di bawah ini.
Contoh median data genap
Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80.
Penyelesaian:
Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100
Jumlah data (N) = 16
Me =((N/2)+((N/2)+1)):2
Me = (16/2 + (16/2)+1):2
Me = (data ke 8 + data 9):2
Data ke 8 = 80
Data ke 9 = 80
Jadi Median data tersebut adalah (80+80)2 = 160/2
Median = 80
Modus adalah data yang paling banyak keluar atau muncul. Modus bisa juga berarti data dominan dalam sebuah kompulan data.
Diketahui tinggi badan siswa kelas 6 sebuah sekolah dasar sebagai berikut (dalam cm):
140, 135, 135, 130, 125, 130, 130, 150, 110, 115, 130, 135, 130, 140, 130.
Tentukan modus dari data tersebut!
Penyelesaian
Data Tinggi badan (dalam cm)
110 = 1 anak
115 = 1 anak
125 = 1 anak
130 = 6 anak
135 = 3 anak
140 = 2 anak
150 = 1 anak
Dari data siswa tersebut di atas dapat diketahui bahwa siswa paling banyak memiliki tinggi badan 130 cm. Jadi Modus data tersebut adalah 130 cm
Untuk lebih jelasnya silakan simak dan tonton video berikut!
https://www.youtube.com/watch?v=LsgtdG842fw
Latihan MTK
1. Nilai Latihan MTK beberapa siswi Kelas 6 adalah : 8, 9, 7, 6, 8, 7, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10
Berapa nilai rata-rata ( mean) dari data di atas?
2. Nilai hasil ulangan matematika dari 13 siswa adalah sebagai berikut :Median dari data tersebut adalah . . . .
2. 3. Nilai MTK dari 18 siswa yaitu: 6, 8, 9, 6, 9, 10, 8, 9, 7, 8, 6, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10
Modus data tersebut adalah ....
4. Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas 1 sampai kelas 6 SDN Sukajaya : Petani 25 orang, Nelayan 15 orang, penjahit 8 orang, wirausaha 13 orang, pedagang 12 orang, tentara 6 orang, polisi 2 orang, guru 6 orang dan buruh 15 orang. Selisih pekerjaan orang tua yang paling banyak dan paling sedikit adalah ....
Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar