Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Makanan Sehat (Tema 3)
Sub Tema : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 4 dan 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mencermati bacaan, siswa mampu mengidentifikasikan interaksimanusia dengan lingkungan alam sekitarnya dan lingkungan sosialnya.
- Dengan mencermati bacaan, siswa mampu menjelaskan makna keanekaragaman yang tercermin dari cerita yang disajikan.
- Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa mampu menyebutkan hal-hal pentng dalam iklan media cetak.
Pembelajaran 4
Mengenal Wortel_
Sayuran termasuk daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, maupun dibuat menjadi jus. Dibuat seperti apa pun, kita masih tetap bisa merasakan manfaat sayuran bagi kesehatan kita. Salah satu contoh sayuran yang bermanfaat adalah wortel. Wortel baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi.
Latihan !
Ayo Menulis!
Berdasarkan bacaan di atas, identifikasikan:
•• Interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitarnya.
Interaksi adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Dari bacaan diatas, interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alam sekitarnya yaitu manusia mengolah tanah untuk ditanami sayuran. Sayuran tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Dan tidak hanya mengolah, manusia juga menjaga kesuburan tanah dengan memberi pupuk.
•• Interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
Interaksi denga lingkungan sosial terjadi saat petani wortel bekerjasama dengan pemasok, petani yang bersangkutan, penjual pupuk dan distributor yang membeli sayur-mayur atau buah-buahan dari petani.
•• Keberagaman yang dapat kamu temukan di dalam cerita yang disajikan.
Keberagaman yang dapat ditemukan di dalam cerita yang disajikan diatas adalah tentang beragamnya profesi seseorang dalam usaha mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan. Ada petani, pemasok sayuran, distributor sayuran sampai penjual pupuk dan pedagang yang menjual sayuran dengan berkeliling.
Ayo Mengamati!
Berikut adalah beberapa contoh iklan masyarakat yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, keberagaman adat istiadat, suku bangsa, dan agama.
Kalimat | Kata Kunci | Gambar |
Iklan A | Mari bersatu untuk maju | Gambar sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan, dan diilustrasikan dengan sebuah sapu. |
Iklan B | Menerima perbedaan. | Gambar sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan. Disitu digambarkan tentang perbedaan yang ada tetapi saling bergandeng tangan menerima perbedaan. |
Gambar iklan yang kamu amati, menyampaikan pesan tentang bersatu dalam keberagaman.
Pembelajaran 5
Masih ingatkah kamu tentang pelajaran sistem pencernaan pada manusia? Sistem pencernaan kita terdiri atas berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Berikut macam-macam organ pencernaan dan fungsinya.
Organ | Fungsi |
Mulut | Menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup lebih kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut. Proses pencernaan dimulai sejak makanan masuk ke dalam mulut. Di dalam mulut terdapat alat-alat yang membantu dalam proses pencernaan. Bagian alat-alat pencernaan di mulut adalah gigi, lidah, dan kelenjar ludah (air liur). Di dalam rongga mulut terjadi proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi. |
Kerongkongan | Memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit ke dalam lambung. |
Lambung | Fungsi lambung adalah sebagai berikut. Sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belum aktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubah molekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton). · Dinding pada lambung menghasilkan asam klorida (HCl) yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme dalam makanan, menciptakan suasana asam dalam lambung, dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. · Permukaan pada lambung mengeluarkan lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi dinding lambung dari pepsin. · Pada bayi, lambungnya menghasilkan dua enzim, yaitu renin, yang memiliki fungsi untuk menggumpalkan protein susu dan kasein atas bantuan kalsium dan lipase guna dalam memecah lemak dalam susu. |
Usus Halus | Menyerap nutrisi |
Usus Besar | Usus besar menghasilkan lendir dan berfungsi untuk menyerap air dan elektrolit dari tinja |
Tahukah kamu bahwa panjang saluran pencernaan pada orang dewasa bisa mencapai 30 m. Dengan mengetahui dan mengerti tentang sistem pencernaan dan proses pencernaan makanan, maka kamu dapat lebih memahami cara menjaganya agar tetap sehat.
Amatilah iklan berikut!!
Iklan yang efektif mengandung hal-hal berikut ini:
· Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
· Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
· Desire (keinginan). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
· Conviction (rasa percaya). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
· Action (tindakan). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.
Baiklah anak Sholeh dan Solehah, setelah mempelajari materi diatas, sekarang kalian dapat mengerjakan Penilaian Harian Tema 2 Subtema 3,
Kerjakan soal dengan jujur, teliti dan jangan terburu-buru ya nak agar hasilnya memuaskan.
Penilaian Harian Tema 2 Subtema 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar