Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Makanan Sehat (Tema 3)
Sub Tema : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mencermati gambar iklan yang disajikan, siswa mampu menjelaskan kesimpulan isi teks iklan
- Dengan merancang iklan media cetak bersama kelompoknya, siswa mampu menyajikan kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual.
- Dengan berdiskusi dalam kelompok dan merefleksi proses kerja sama dan diskusi dalam kelompok, siswa menjelaskan makna keanekaragaman.
- Dengan mencermati gambar, siswa menceritakan keanekaragaman adat istiadat.
- Dengan menyanyikan lagu “Mars Hidup Sehat dan diiringi alat musik ritmis sederhana, siswa menyanyikan lagu bertangga nada mayor dengan iringan musik.
Amatilah iklan berikut!
Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.
Ayo Mengamati
Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan:
1. Kata kunci : JADIKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SEBAGAI GAYA HIDUP
2. Gambar iklan : Gambar sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh iklan
3. Target iklan : Iklan ditujukan bagi warga masyarakat
Menurutku, iklan tersebut di atas
Iklan di atas cukup menarik dan tepat sasaran.
Iklan ini menurutku efektif/tidak efektif karena
Iklan tersebut di atas menurut saya sangat efektif untuk menghimbau masyarakan menerapkan pola hidup bersih
Untuk membuat iklan yang lebih baik, aku akan
Untuk membuat iklan yang lebih baik aku akan menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami seperti pada iklan di atas.
Apakah fungsi dari iklan tersebut di atas?
Iklan di atas berfungsi sebagai himbauan agar menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup
Ayo Berkreasi
Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah iklan dengan topik gaya hidup sehat. Pastikan kamu menuliskan poin-poin penting yang terdapat di dalam sebuah iklan. Gunakan kertas gambar A3 dan warnai dengan rapi. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas.
Selain pola makan yang baik, pola hidup sehat juga perlu didukung oleh olahraga yang cukup. Memiliki hidup yang sehat serta tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya untuk menunjang penampilan, tetapi juga untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit
Ayo Berlatih
Ternyata perbedaan justru membuat segala sesuatunya menjadi indah. Layaknya pelangi yang beraneka warna, begitulah seharusnya kita melihat perbedaan. Bayangkan jika semua pelangi memiliki warna yang sama. Tentunya kurang menarik untuk dipandang bukan?
Bayangkan pula dalam sebuah iringan lagu, hanya terdapat satu alat musik saja. Pastinya akan terkesan monoton. Sebagaimana halnya perbedaan budaya dan adat istiadat, alat musik daerah pun bisa beraneka ragam bergantung dari daerah yang bersangkutan.
Identifikasikan alat-alat musik pada gambar. Apakah nama alat-alat musik tersebut dan dari mana asalnya?
Gambar | Nama Alat Muik | Asal Daerah |
A | Kecapi | Jawa Barat |
B | Sasando | Nusa Tenggara Timur |
C | Kolintang | Sulawesi Utara |
D | Angklung | Jawa Barat |
Apakah perbedaan alat musik A dan B?
Sasando dan kecapi sama-sama merupakan alat mysik tradisional Indonesia. Keduanya memiliki dawai dan dimainkan dengan dipetik. Namun keduanya juga memiliki perbedaan penting. Perbedaan Kecapi dengan Sasando:
1. Daerah asal: Kecapi berasal dari suku Sunda (Provinsi Jawa Barat dan Banten), sementara Sasando berasal dari Pulau Rote di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
2. Jumlah senar atau dawai. Kecapi memiliki dawai sejumlah 15 dawai pada jenis Kecapi Rincik, dan 18 atau 20 dawai untuk jenis Kecapi Indung. Jumlah dawai pada sasando berbeda sesuai jenisnya. Jenis-jenis sasando tersebut adalah: Sasando Engkel (28 dawai), Sasando Dobel (56 dawai, 84 dawai). Sasando Gong atau Sasando Haik (7 dawai, 11 dawai), dan Sasando biola (30 dawai, 32 dawai, 36 dawai)
3. Bahan tabung resonansi. Kecapi memiliki tabung resonansi di bagian bawah dawai yang terbuat dari kayu, terutama kayu sentul. Sementara sasando memiliki tabung bambu tempat memasang dawai sasando dan pelengkap resonansi yang terbuat dari daun lontar. Daun lontar ini disusun berbentuk setengah bola di belakang dawai, dan dapat dilipat ketika sasando hendak disimpan.
4. Cara memetik. Kecapi dimainkan dengan meletakkan kecapi di meja atau lantai. Kemudian pemain kecapi akan memetik dawi keciapi dengan jari. Sebalikanya sasando dimainkan dengan dipegang atau diberdirikan. Pemain sasando akan memangku sasando sambil memegang sasando dihadapannya kemudian memetik dengan jarinya.
Apakah perbedaan alat musik C dan D?
Kolintang adalah alat musik yang terdiri dari Sulawesi Utara. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum. Sedangkan Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Perbedaan Kolintang dengan Angklung:
1. Daerah asal: Kolintang berasal dari Sulawesi Utara, sedangkang angklung dari Jawa Barat.
2. Bahan pembuat : Kolintang terbuat dari kayu, sedangkan angklung terbuat dari bambu.
3. Cara memainkan : Kolintang dimainkan dengan cara dipukul, sedangkan angklung dimainkan dengan cara digoyangkan.
4. Bahan tabung resonansi. Kolintang memiliki tabung resonansi di bagian bawah terbuat dari kayu sedangkang angklung berupa bambu.
Latihan Soal!
Kerjakan soal dibawah ini.
1.Apakah alat musik khas daerah tempat tinggalmu?
2.Terbuat dari bahan apa alat music khas daerah mu?
3.Bagaimana cara memainkan alat music khas daerahmu?
4. Coba gambar kan Alat music khas daerah mu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar