MATERI AJAR KELAS 6
Hari /
Tanggal : Selasa, 5
November 2019
Tema : 5
(Wirausaha)
Subtema : 1 (Kerja Keras
Berbuah Kesuksesan)
Pembelajaran : 2
Muatan PB : SBDP, PKN
Muatan
SBdP
Macam-Macam Reklame
Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada
orang lain. Tujuan reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak
pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan
meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik. Ada berbagai media
digunakan untuk melakukan kegiatan reklame. Media tersebut antara lain, audio,
visual, dan audio visual.
Kita akan membahas macam reklame secara visual. Rinciannya adalah
sebagai berikut.
a.
Iklan pada media cetak
adalah pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang akan
dijual. Contohnya, iklan pada surat kabar yang bentuknya berupa tulisan dan
gambar mencolok.
b. Spanduk adalah salah satu cara promosi yang menggunakan kain
sebagai medianya. Spanduk biasanya berisi ajakan, slogan atau berita yang perlu
diketahui oleh umum. Spanduk biasanya dipasang di jalan raya atau digunakan
saat acara-acara tertentu.
c. Poster adalah selembaran kertas yang berisi tulisan dan
gambar, biasaya ditempel di tempat umum.
Poster biasanya berisi ajakan atau imbauan.
d. Brosur berbentuk
selembaran kertas. Biasanya dibagikan di tempat umum. Brosur berisi informasi
yang ditujukan kepada masyarakat.
e. Embalase merupakan informasi yang biasanya terletak pada kemasan
sebuah produk. Informasi-informasi tersebut memuat detail tentang produk
tersebut. Informasi berfungsi sebagai daya tarik dan pemberitahuan tentang
produk tersebut.
f.
Baliho adalah jenis reklame
yang berukuran besar. Ukuran baliho biasanya lebih besar dari spanduk sehingga
ditempatkan di tempat umum menggunakan tiang sebagai penyangga.
g. Banner sering ditemui di depan pertokoan. Banner merupakan media
promosi yang dicetak dan diletakkan menggunakan besi sebagai penyangganya.
h. Leaflet berbentuk lembaran yang dilipat menjadi tiga atau empat
bagian. Leaflet digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau memberikan
informasi tertentu kepada masyarakat.
Muatan PPKn
Keberagaman Wirausaha di Lingkungan Sekitar
Beragam barang yang dibutuhkan oleh masyarakat memengaruhi keberagaman
kegiatan ekonomi yang ada. Sebuah kegiatan ekonomi tidak dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat yang beragam. Oleh karena itu, orang lain mendirikan
sebuah usaha yang berbeda agar kebutuhan tetap dapat terpenuhi. Mendirikan
usaha sendiri disebut kegiatan berwirausaha. Wirausaha adalah sebuah kegiatan
ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki
oleh pemiliknya. Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat.
Ada yang menghasilkan barang. Ada juga yang menghasilkan jasa.
Perbedaan kegiatan wirausaha bukanlah penghalang untuk saling
menghormati dan menghargai. Antarpemilik usaha maupun masyarakat harus
mengharai keberagaman kegiatan wirausaha yang ada. Keberagaman tersebut
bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, sebuah
wirausaha di bidang pembuatan bakso membutuhkan pedagang daging untuk menyuplai
bahan baku pembuatan bakso. Daging yang diperoleh kemudian diolah menjadi bakso.
Perbedaan usaha yang dilakukan membuat antarpemilik dapat bekerja sama
dalam menjalankan usahanya. Jika antarpemilik usaha saling menghormati dan
menjalin kerja sama, tentunya beragam kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.
Jika kebutuhan dapat terpenuhi, kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat.
Meningkatnya kesejahteraan sebuah masyarakat dipengaruhi oleh terpenuhinya
kebutuhan hidupnya sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar