Senin, 27 November 2023

Kisi Kisi Tema 2, Selasa 28 November 2023

 Kisi-Kisi Soal Tema 2


1. Pengamalan sila ke 3 pancasila adalah…
a. Bergaul dengan masyarakat tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.
b. Menghormati hak-hak orang lain dan Toleransi kepada agama lain.
c. Toleransi dan penghormatan kepada agama lain.
d. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2. "Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain, Menjalin rasa kemanusiaan dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan, dan Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama, serta sikap nasionalisme."
Penjelasan di atas merupakan makna dari …
a. persatuan dan kesatuan
b. kewarganegaraan.
c. kebangsaan
d. bhineka tunggal ika

3. Bacalah teks di bawah ini! (Teks bacaan No 3 dan 4)


Peristiwa apakah yang terjadi…
a. Kebakaran
b. Pertempuran
c. Bandung lautan api.
d. Kebakaran Gudang amunisi

4. Di mana peristiwa tersebut terjadi?
a. Bandung
b. Ciamis
c. Bogor
d. Jawa barat

5. Fungsi rongga rantai pada bunga teratai adalah…
a. membawa oksigen ke daun
b. membawa oksigen ke batang
c. membawa oksigen ke batang dan akar
d. membawa oksigen ke bunga

6. Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air. Akarnya berada di air. Memiliki rongga udara dalam batang atau tangkai daun. Daunnya muncul ke permukaan air merupakan jenis tumbuhan….
a. Higrofit
b. Hidrofit
c. Xerofit
d. Minikri

7. Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia, kecuali…
a. Sebagai Puncak Perjuangan bangsa Indonesia
b. Menaikkan Martabat Bangsa
c. Pengakuan Kepada Dunia Luar
d. persatuan rakyat Indonesia

8. Berikut pejuang proklamasi Indonesia kecuali …..
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Achmad Soebardjo,
d. Hasanudin

9. Yang mengetik naskah proklamasi Indonesia adalah..
a. Sayuti Melik
b. Irma Wati
c. Siti Fatmawati
d. Sukmawati

10. Gerakan persatuan Bangsa Indonesia adalah…
a. Sumpah Pemuda
b. Proklamasi nasioal
c. Kebangkitan Bangsa
d. Persatuan Indonesia

11. Berbeda-beda tapi tetap satu merupakan pengamalan nilai pancasila sila ….
a. Ketiga
b. Keempat
c. Pertama
d. Kelima

12. Manfaat kerja sama kecuali…
a. Menumbuhkan sebuah semangat persatuan,
b. Pekerjaan menjadi lebih ringan.
c. Pekerjaan bisa lebih cepat selesai,
d. Membuat pekerjan lebih berat

13. Kalimat yang mengandung gagasan pembicara/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK disebut…
a. Kalimat Efektif
b. Kalimat Aktif
c. kalimat Pasif
d. Kalimat deduktif

14. Suatu cara hewan beradaptasi dimana warna tubuhnya sesuai dengan tempat yang iya singgahi, dengan tujuan untuk melindungi diri disebut…
a. Mimikri
b. Xerofit
c. Higrofit
d. Hidrofit

15. Siapa pemimpin yang berhasil merebut ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945
a. Abdul haris nasutioan
b. Jendral Sutomo
c. Jendral Soedirman
d. Sultad Hamid

16. Kapan berlangsungnya Perjanjian Renville….
a. 8 Desember 1947 – 17 Januari 1948
b. 9 Desember 1947 – 17 Januari 1948
c. 7 Desember 1947 – 17 Januari 1948
d. 12 Desember 1947 – 17 Januari 1948

17. Hewan yang membersihkan lumut di kolam ikan serta membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air adalah..
a. Bekicot
b. Linta
c. Keong
d. Kerang

18. Kulit hewan yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.adalah.
a. Sapi
b. Ular
c. Kucing
d. Kijjang

19. Penulis teks proklamasi adalah…
a. Moh. Hatta
b. Sayuti
c. Ir Soekarno
d. Soebardjo

20. Pembuat bendera merah putih yang dikibarkan dalam proklamasi 1945 adalah…
a. Fatmawati
b. Irmawati
c. Sayuti Melik
d. Soekmawati


II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Bagaimana cara pohon bamboo beradaptasi dengan lingkungan?
2. Sebutkan macam- macam tumbuhan xerofit …..
3. Abdul Latif Hendraningrat adalah seorang…
4. Sebutkan Prinsip-prinsip yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia
5. Ciri-ciri kalimat efektif adalah..
6. Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
7. Sebutkan hasil konferensi meja bundar (23 Agustus 1949 - 2 November 1949)
8. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Bacalah Teks dibawah ini !
Sang Penemu Bola Lampu Pijar

Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.

Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

9. Siapakah Thomas Alva Edison…


10. Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan

Minggu, 26 November 2023

Kisi Kisi Tema 1, Senin 27 November 2023

 1. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang Maha Esa” kecuali…

a. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b. Kerukunan antarumat beragama.
c. Toleransi dan penghormatan kepada agama lain.
d. Bermusyawarah setiap pengambilan keputusan

2. Nilai yang terkandung pada “sila Kemanusian yang Adil dan Beradab” adalah…
a. Menghargai hak asasi manusia
b. bergotong royong setiap akhir pekan
c. Toleransi dan penghormatan kepada agama lain.
d. bermusyawarah setiap pengambilan keputusan

3. Perhatikan gambar di bawah ini!


Gambar di atas merupakan cerminan dari sila Pancasila….
a. Ketuhanan yang maha esa
b. persatuan Indonesia
c. kemanusiaan yang adil dan beradab.
d. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

4. Perhatikan paragraf berikut !
Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Informasi penting apa yang didapat dalam paragraf diatas?
a. Jagung merupakan makanan pokok.
b. jagung merupakan makanan pokok berbagai negara.
c. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
d. Jagung merupakan makanan pokok pulau madura.

5. Perhatikan paragraf berikut !
Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.
Informasi apa yang terdapat dari paragraf diatas?
a. Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran
b. Dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) dan dataran tinggi Malang.
c. Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m
d. Di Indonesia banyak dataran tinggi.

6. ASEAN didirikan pada tahun …..
a. 1965
b. 1967
c. 1956
d. 1976

7. Perkembangbiakan yang terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan adalah…
a. perkembangbiakan generatif
b. perkembangbiakan manipulative
c. perkembangbiakan vegetatif
d. perkembangbiakan reduktif

8. Perkembangbiakan mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan adalah…
a. perkembangbiakan generatif
b. perkembangbiakan manipulative
c. perkembangbiakan vegetatif
d. perkembangbiakan reduktif


9. Kota di Malaysia yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage yaitu …
a. George Town
b. George World
c. Geoge park
d. George Hill

10. Perhartikan gambar di bawah ini!

Gambar di atas merupakan icon dari negara…
a. Malaysia
b. Thailand
c. Singapura
d. Vietnam

11. Manfaat laut sebagai sumber daya, kecuali…
a. Jalur transportasi air,
b. Bahan tambang, seperti minyak dan gas bumi.
c. Objek wisata,
d. budidaya cengkeh

12. Dataran tinggi di Indonesia adalah…
a. Dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan)
b. Dataran tinggi Dieng (Jawa Barat), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas(Sulawesi Selatan) dan dataran tinggi Bone (Aceh),
c. Dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas(Sulawesi Selatan) dan dataran tinggi Bone (Aceh),
d. Dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Barat), dataran tinggi Alas(Sulawesi Selatan) dan dataran tinggi Bone (Aceh),

13. Penerapan sila kelima Pancasila adalah…
a. Menghormati hak-hak orang lain dan Toleransi kepada agama lain.
b. Bersikap adil dan menghargai hasil karya orang lain.
c. Toleransi dan penghormatan kepada agama lain.
d. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

14. Perhatikan paragraf berikut!

Informasi yang terdapat dalam paragraf di atas tersebut?
a. Perekonomian terbesar pendduduk Vietnam adalah peretanian.
b. penghasilan hutan terbesara Vietnam adalah kayu.
c. Sungai mekang dan sungai songka.
d. banyakpertambangan di negara Vietnam.

15. Hewan ini memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia dan keluar pada malam hari. Hewan ini juga berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman. Hewan tersebut adalah ….."
a. burung
b. katak
c. Kelelawar
d. kucing

16. Negara yang dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN adalah ..
a. Thailand
b. Kamboja
c. Vietnam
d. Bangkok

17. Kerjasama, belajar kelompok, tidak memilih- milah dalam mencari tema, dan gotong royong merupakan pengamalan sila ke…
a. satu
b. Tiga
c. dua
d. Empat

18. Karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca adalah..
a. Poster
b. Brosur
c. Komik
d. Baliho

19. Negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan kerajaan kesuali..
a. Thailand
b. Brunei Darussalam
c. Malaysia
d. Vietnam


 
20. Merupakan bendera negara …..
a. Filipina dan Thailand
b. Brunei Darussalamdan filipina
c. Malaysia dan tahiland
d. Vietnam dan filipina


II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

1. Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila !


2. Bacalah paragraph di bawah ini dengan teliti!
”Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat
mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan
dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.
Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan
dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki
peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke
pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.
Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar
penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi,
Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.”
Sebutkan sila yang terdapat pada paragraph di atas!

3. Sebutkan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara generative

4. Jelaskan proses pembuahan pada tanaman jagung?

5. Sebutkan 10 negara di ASEAN!

6. Jelaskan kondisi geografis Asia Tenggara?

7. Sebutkan contoh pelaksanaan sila keempat?

8. Apa yang dimaksud dengan ovipar, vivipar, dan ovovivipar? Kemudian Sebutkan contoh hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar?

9. Apa perbedaaan perikanan air payau dan perikanan air tawar?

10. Sebutkan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan!

Kamis, 23 November 2023

Materi Ajar, Jumat 24 November 2023

 Hari /tanggal : Jumat 24 November 2023

Materi: Pengayaan Tema 1

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

RINGKASAN MATERI


1. Tumbuhan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam sistem pernafasanya, karena tumbuhan menghasilkan ….
a. Karbohidrat
b. Karbondioksida
c. Hidrogen
d. Oksigen

2. Tumbuhan yang berkembang biak dengan biji contohnya adalah ….
a. Tebu
b. Jagung
c. Kelapa
d. Ketela pohon

3. Proses bertemunya benang sari dan kepala putik pada bunga dinamakan ….
a. Penyerbukan
b. Pembuahan
c.  Fotosintesis 

d. Mencangkok

4. Kangkung dan bayam adalah contoh tumbuhan yang banyak dimanfaatkan manusia sebagai bahan ….
a. Makanan
b. Bangunan
c. Perhiasan
d. Kerajinan

5. Tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan contohnya adalah ….
a. Jati dan mahoni
b. Kubis dan bayam
c. Kunyit dan jahe
d. Mawar dan melati

6. Tumbuhan di bawah ini yang tidak berkembangbiak dengan cara tunas adalah ….
a. Pisang
b. Tebu
c. Ketela pohon
d. Bambu

7. ASEAN merupakan organisasi dari negara di kawasan ….
a. Asia Selatan
b. Asia Timur
c. Afrika Selatan
d. Asia Tenggara

8. Salah satu landasan berdirinya ASEAN adalah ….
a. Kesamaan jumlah penduduk negara
b. Kesamaan suku dan ras yang dimiliki
c. Kesamaan agama dan kepercayaan
d. Kesamaan letak geografis

9. ASEAN berdiri atas dasar dari deklarasi ….
a. Bandung
b. Bali
c. Bangkok
d. Jakarta

10. Tun Abdul Razak adalah tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari negara ….
a. Filipina
b. Malaysia
c. Vietnam
d. Laos

11. Singapura mempunyai lambang negara yaitu Merlion yang berbentuk ….
a. Ikan berbadan harimau
b. Singa berkepala ikan
c. Ikan berkepala singa
d. Macan berbadan ikan

12. Asia tenggara merupakan kawasan yang beriklim tropis, maka sebagaian besar penduduknya yang bermatapencaharian sebagai ….
a. Nelayan
b. Petani
c. Pekerja pabrik

d. Guru

13. Berikut ini yang tidak termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah ….
a. Solidaritas sesama manusia
b. Kerukunan antar umat beragama
c. Persamaan derajat semua warga
d. Perdamaian dalam menjalani kehidupan

14. Sila pertama Pancasila yang menekankan bahwa warga negara Indonesia adalah manusia yang ….
a. Cinta damai
b. Suka musyawarah
c. Beragama
d. Bersatu

15. Bentuk penerapan sila pertama Pancasila terhadap tumbuhan-tumbuhan yang ada di bumi dapat berupa ….
a. Rasa syukur dan turut menjaga tumbuhan sebagai sumber kehidupan manusia
b. Mensyukuri karunia berupa tumbuhan dengan cara mengeksploitasi semua tumbuhan yanga ada
c. Mempercayai bahwa tumbuhan adalah ciptaan tuhan yang tidak boleh dimanfaatkan
d. Menganggap bahwa tumbuhan diciptakan di dunia ini untuk dihabiska

Rabu, 22 November 2023

Materi Ajar, Kamis 23 November 2023

Hari/Tanggal : Kamis 23 November 2023

Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 1 (Ayo belajar berwirausaha)
Pembelajaran : 6
Mata Pelajaran : PPKn (3.3), Bhs Indonesia (3.6), 
Tujuan Pembelajaran :

1. siswa mampu menjelaskan cara mengisi teks formulir ujian khusus (misalnya ujian nasional dan tes lainnya) beserta petunjuk secara benar.
2. siswa mampu mempraktikkan mengisi teks formulir ujian khusus (misalnya ujian sekolah/madrasah dan tes lainnya) beserta petunjuk secara benar.
3. siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap kerja sama sebagai penentu keberhasilan dalam berbagai kegiatan wirausaha secara tepat.
4. siswa mampu menerapkan contoh sikap kerja sama sebagai penentu keberhasilan dalam berbagai kegiatan wirausaha secara benar.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar tentang formulir Ujian Sekolah/ Madrasah. Sekarang, kamu akan mempraktikkan mengisi formulir tersebut.

Perhatikan kembali formulir Ujian Sekolah/Madrasah yang telah kamu pelajari sebelumnya. Apakah kamu masih ingat informasi apa saja yang kamu perlu tuliskan dalam formulir tersebut? Jelaskan.
Informasi yang perlu dituliskan dalam formulir Ujian Sekolah/Madrasah antara lain :
  1. Data pribadi seperti nama, nomor peserta ujian, dan tanggal lahir.
  2. Data mata pelajaran yang diujikan.
  3. Tanggal ujian.
  4. Tanda tangan.

Apa persamaan dan perbedaan formulir Ujian Sekolah/Madrasah dengan formulir yang pernah kamu pelajari sebelumnya?

Persamaan
  1. Kedua formulir harus diisi dengan data diri.
  2. Kedua formulir harus dicantumi tanda tangan.

Perbedaan
  1. Data formulir lembar jawaban hanya boleh ditulis menggunakan pensil 2B, sedangkan formulir biasa dapat ditulis menggunakan pulpen atau alat tulis lain.
  2. Pada formulir lembar jawaban kita harus menyilang huruf yang kita tulis, sedangkan formulir biasa tidak perlu menyilang huruf yang ditulis.
  3. Formulir lembar jawaban digunakan untuk kepentingan ujian, sedangkan formulir biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

Sekarang, kamu akan mempraktikkan mengisi formulir Ujian Sekolah/ Madrasah tersebut. Perhatikan kembali contoh formulir yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. Perhatikan petunjuk pengisian formulir berikut.

PETUNJUK:
  1. Isilah hanya dengan pensil 2B.
  2. Lembar jawaban ini tidak boleh kotor, basah, robek, atau terlipat.
  3. Jawablah dengan memberi tanda silang (X) pada salah satu kotak. Pilih jawaban yang benar.
  4. Tulislah nama peserta pada kotak yang disediakan, lalu silanglah (X) kotak di bawahnya sesuai dengan huruf di atasnya.
  5. Tulislah Nomor Peserta dan Tanggal Lahir pada kolom yang disediakan, lalu silanglah (X) di bawahnya sesuai dengan angka di atasnya.
  6. Silanglah (X) kotak pada kolom Mata Ujian yang sedang diujikan.
  7. Tulislah Nama Sekolah, Tanggal Ujian, dan bubuhkan Tanda Tangan pada kotak yang disediakan.
  8. Jika salah, hapus sebersih mungkin dengan karet penghapus, kemudian silanglah (X) kotak yang benar

Ayo Berdiskusi
Kamu telah berlatih untuk bermain peran tentang wirausaha impian pada pertemuan sebelumnya. Apa saja hal penting yang akan kamu tampilkan dalam permainan peran tersebut?

EVALUASI
1. Apakah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) itu?
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan perdagangan bebas yang memudahkan suatu negara dalam menjual barang atau jasa ke negara lain di kawasan ASEAN.

2. Apa manfaat dari MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya?
Manfaat MEA bagi Indonesia dan negara Asean lainnya adalah setiap negara yang ada di ASEAN dapat menjual jasa atau barang dengan mudah, membuka jutaan lapangan kerja baru, dan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara meningkat.

3. Apa yang perlu dipersiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu berpartisipasi dalam di MEA?
Hal yang perlu dipersiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu berpartisipasi dalam MEA adalah melakukan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki daya saing di MEA.

4. Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan.
Beberapa sifat magnet dan medan magnet adalah sebagai berikut :
  1. Tidak dapat dilihat namun dapat digambarkan.
  2. Mampu menarik benda logam.
  3. Memiliki dua kutub yaitu utara dan selatan.
  4. Saling tarik-menarik jika dua kutub berbeda, saling tolak-menolak jika dua kutub sama.
  5. Daya tarik magnet dipengaruhi jarak dan kekuatan magnet itu sendiri.

5. Sebutkan masing-masing 5 contoh benda magnetis dan benda nonmagetis yang ada di sekitarmu?
Beberapa contoh benda magnetis antara lain : penggaris besi, kaleng, sendok, peniti, dan paku. Sedangkan contoh benda nonmagnetis antara lain : pensil, batu, bola, gelas kaca, dan meja.

6. Sebutkan 3 cara membuat magnet.
Tiga cara membuat magnet adalah dengan cara digosokkan dengan magnet, didekatkan dengan magnet (induksi), dan dialiri dengan arus listrik.

7. Sebutkan contoh-contoh formulir yang kamu ketahui dan informasi penting apa yang biasa dituliskan pada formulir tersebut?
Beberapa contoh formulir adalah formulir pendaftaran, daftar riwayat hidup, formulir pengiriman barang, dan formulir lembar jawaban. Informasi penting yang harus dituliskan adalah identitas diri yang meliputi nama, alamat, tanggal lahir, serta tanda tangan.

8. Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup? Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?
Daftar riwayat hidup adalah lembaran kertas yang berisi gambaran dari diri seseorang yang meliputi identitas, riwayat pendidikan, dan data lainnya.

9. Bagaimana kamu menghargai keberagaman usaha dan ekonomi yang ada di sekitarmu?
Keberagaman ekonomi merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari. Keberagaman ekonomi sangat bermanfaat karena membantu saya dalam memenuhi kebutuhan saya baik berupa barang maupun jasa dengan lebih dekat.

10. Apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu?
Manfaat keberagaman bagi saya dan keluarga adalah hampir semua kebutuhan saya dan keluarga saya dapat terpenuhi dari keberagaman ekonomi yang ada di sekitar tempat tinggal saya.

Kesimpulan Materi, Rabu 22 November 2023

 Kesimpulan materi pada hari ini adalah

Ayo Mengamati Amati

berbagai gambar buklet berikut.
Contoh Booklet
Tulis pertanyaan sebanyak mungkin tentang rasa ingin tahumu pada gambargambar buklet di atas. Beberapa pertanyaan tentang buklet yang bisa diajukan, adalah sebagai berikut:
  1. Apakah yang dipromosikan buklet tersebut?
  2. Apakah buklet tersebut pada gambar bertujuan sebagai promosi produk atau publikasi usaha?
  3. Apakah produk yang dipromosikan buklet tersebut adalah batik?
  4. Apakah produk batik yang dipromosikan khusus untuk anak-anak?
  5. Apakah pada buklet tertera harga masing-masing produk atau hanya berupa profil usaha saja?
  6. Apakah usaha yang dipromosikan atau dipublikasikan pada buklet adalah perusahaan besar atau industri skala rumahan?
  7. Apakah pada buklet dijelaskan juga motif-motif batik yang diproduksi usaha tersebut?
  8. Di mana sajakah buklet ini dibagikan?
  9. Apakah alamat dan kontak usaha juga tertera pada buklet tersebut?

Perhatikan langkah-langkah membuat buklet dengan tangan berikut.
Langkah membuat buklet
Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4. Jumlah halaman 6

Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar nomor 2 di atas

Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku..

Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik

Selasa, 21 November 2023

Materi Ajar, Rabu 22 November 2023

 Hari/Tanggal : Rabu 22 November 2023

Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 1 (Ayo belajar berwirausaha)
Pembelajaran : 5 dan 6
Mata Pelajaran : IPS (3.3), SBDP (3.1)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri buklet secara benar.
2. Siswa mampu membuat buklet secara tepat.
3. Siswa mampu menjelaskan posisi dan peranan Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN melalui debat secara tepat. 
4. Siswa mampu mempresentasikan posisi dan peranan Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN melalui debat secara terperinci

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan suatu usaha. Sebelumnya, kamu telah mengenal berbagai reklame, seperti poster, logo, dan embalase. Kamu akan mengenal satu reklame lagi, yaitu buklet.

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Dalam wirausaha, buklet dapat berfungsi sebagai salah satu media promosi. Pemilik usaha dapat memuat informasi, deskripsi, gambar, dan foto-foto tentang suatu produk. Buklet biasa terdiri atas cover, daftar isi, dan isi atau inti dari produk yang dipromosikan.

Ayo Mengamati Amati
berbagai gambar buklet berikut.
Contoh Booklet
Tulis pertanyaan sebanyak mungkin tentang rasa ingin tahumu pada gambargambar buklet di atas. Beberapa pertanyaan tentang buklet yang bisa diajukan, adalah sebagai berikut:
  1. Apakah yang dipromosikan buklet tersebut?
  2. Apakah buklet tersebut pada gambar bertujuan sebagai promosi produk atau publikasi usaha?
  3. Apakah produk yang dipromosikan buklet tersebut adalah batik?
  4. Apakah produk batik yang dipromosikan khusus untuk anak-anak?
  5. Apakah pada buklet tertera harga masing-masing produk atau hanya berupa profil usaha saja?
  6. Apakah usaha yang dipromosikan atau dipublikasikan pada buklet adalah perusahaan besar atau industri skala rumahan?
  7. Apakah pada buklet dijelaskan juga motif-motif batik yang diproduksi usaha tersebut?
  8. Di mana sajakah buklet ini dibagikan?
  9. Apakah alamat dan kontak usaha juga tertera pada buklet tersebut?

Perhatikan langkah-langkah membuat buklet dengan tangan berikut.
Langkah membuat buklet
Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4. Jumlah halaman 6

Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar nomor 2 di atas

Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku..

Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik

Senin, 20 November 2023

Materi Ajar, Selasa 21 November 2023

 Hari/Tanggal : Selasa 21 November 2023

Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 1 (Ayo belajar berwirausaha)
Pembelajaran : 4
Mata Pelajaran : PKn (3.3), Bhs Indonesia (3.6)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara tepat.
2. siswa mampu mempresentasikan berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara benar.
3. siswa mampu menjelaskan cara mengisi teks formulir ujian khusus (misalnya ujian nasional dan tes lainnya) beserta petunjuk secara benar.
4. siswa mampu mempraktikkan mengisi teks formulir ujian khusus (misalnya ujian nasional dan tes lainnya) beserta petunjuk secara tepat.

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Kita telah belajar banyak hal tentang wirausaha. Sekarang, kita akan belajar menjadi pelaku wirausaha cilik. Apa saja yang harus diperhatikan saat akan memulai suatu wirausaha?

Ayo Membaca
Simak percakapan berikut ini!
Suatu sore, Udin dan teman-teman berkesempatan bertemu dengan Pak Gino. Beliau adalah seorang tokoh wirausahawan sukses yang sederhana dan suka berbagi ilmu. Beliau memulai usaha mainan kayu edukatif beberapa tahun yang lalu. Sekarang, produknya sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai TK dan Taman Bermain.

Udin:Pak Gino, aku sangat kagum dengan produk buatan Pak Gino. Suatu saat nanti, aku ingin bisa menjadi wirausahawan sukses seperti Bapak. Bagaimana awal mula Pak Gino memulai usaha ini?
Pak Gino:Bapak saya seorang perajin kayu. Sejak kecil, saya sering membantu bapak. Bapak sering membuatkan saya mainan dari sisa-sisa kayu. Mainan-mainan itu membantu saya untuk lebih mudah memahami pelajaran matematika. Nah, kemudian saya memiliki keinginan untuk membuat berbagai mainan kayu. Saya ingin mainan itu juga membantu anak-anak memahami pelajarannya.
Siti:Oh, jadi kita bisa memulai suatu usaha dengan bekal keterampilan, hobi, dan kreativitas yang kita miliki ya, pak? Aku gemar mencoba berbagai resep masakan. Wah, mungkin suatu saat nanti aku bisa membuka usaha toko kue, ya.
Udin:Kalau aku suka bermain bola, usaha apa ya, yang bisa aku jalani di masa depan? Apakah membuat bola?
Pak Gino:Mungkin saja. Biasanya, kalau kita memiliki minat terhadap suatu hal, ide dan kreativitas akan berkembang dengan sendirinya.
Edo:Apakah ketika bapak bermimpi membuat usaha mainan kayu, bapak yakin akan laku di pasaran?
Pak Gino:Oh, saya tidak sekadar bermimpi. Saya juga melakukan surveisebelum memulai usaha. Dari sana, saya temukan bahwa banyak anak yang membutuhkan mainan yang mendidik. Ketika saya akan memulai usaha, produk sejenis belum ada di pasaran. Oleh karena itu, saya memberanikan diri memulainya.
Edo:Lho, kalau hobiku membaca, usaha apa yang bisa aku lakukan nanti, ya? Belum tentu aku bisa menulis buku. Tentu, tidak mudah juga bersaing dengan buku-buku bagus yang ada di toko buku, ya.
Pak Gino:Usaha yang kamu jalankan nanti tidak selalu berbentuk barang yang dijual. Ada berbagai jasa yang dapat menjadi bidang usaha. Bisa saja kamu membuka perpustakaan kecil dan menyewakan buku-buku koleksimu untuk dibaca oleh anak-anak di sekitar permukimanmu.
Edo:Betul juga ya, Pak. Tidak terpikir olehku sebelumnya. Perpustakaan kecil pasti menarik untuk anak-anak di sekitar rumahku.
Siti:Berdasarkan pengalaman Pak Gino, apa saja kiat-kiat dalam menjalankan usaha?
Pak Gino:Modal utamanya adalah kerja keras dan pantang menyerah. Usaha yang dirintis tidak selalu mulus dalam perjalanannya. Tekun, kreatif, serta jujur juga tidak boleh ditinggalkan. Usaha yang dimulai dengan niat dan sikap yang baik akan berbuah hasil yang baik pula.
Udin:Wah, ternyata banyak ya, yang masih harus kita pelajari untuk menjadi wirausahawan sukses. Tidak cukup sehari kita berguru pada Pak Gino. Boleh ya Pak, lain kali kami bertemu bapak lagi. Siapa tahu, kelak impian kami menjadi wirausahawan kecil bisa terwujud seperti bapak.
Pak Gino:Tentu saja boleh. Bapak senang melihat anak-anak seumur kalian sudah memiliki impian yang tinggi. Bapak punya keyakinan, dengan bermimpi, kita akan memiliki motivasi kuat untuk mewujudkannya.

Sore itu, Udin, Edo, dan Siti pulang dengan bekal ilmu baru. Semakin kuat keinginan mereka mengikuti jejak Pak Gino suatu hari nanti. 

Jawab pertanyaan berikut : 
1. Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan? 
Sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah kerja keras, pantang menyerah, tekun, jujur, kreatif, dan berani memulai. 

 2. Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat akan melakukan suatu usaha? 
Faktor-faktor yang harus diperhatikan saat akan melakukan usaha adalah minat, keterampilan, tingkat persaingan usaha, dan mental yang kuat. 

 3. Apa yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat? 
Usaha yang harus kita lakukan agar usaha kita dikenal masyarakat adalah mempromosikan produk melalui iklan, menawarkan produk secara langsung kepada konsumen, atau membuka tempat usaha di pusat keramaian. 

 4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat? Jelaskan. 
Manfaat wirausaha yang dijalankan Pak Gino bagi masyarakat adalah produk dari usaha Pak Gino dapat membantu anak-anak dalam memahami pelajaran. 

 5. Jika kamu adalah Pak Gino, bagaimana kamu melaksanakan tanggung jawabmu sebagai seorang wirausahawan? 
Jika saya adalah Pak Gino saya akan akan melaksanakan tanggung jawab saya dengan selalu menjaga kualitas pelayanan dan produk yang dihasilkan. 

 6. Jika di sekitar tempat usahamu, ada pengusaha lain yang membuka usaha yang serupa, bagaimana sikapmu? 
Jika di sekitar tempat usaha saya ada pengusaha lain yang sejenis maka saya harus berani bersaing dengan sehat yaitu dengan meningkatkan kualitas produk saya dan selalu melakukan inovasi untuk mempertahankan pelanggan.

Ayo Berdiskusi
Dalam kelompok kecil, kamu akan membuat satu kegiatan wirausaha. Kamu dan kelompokmu akan bermain peran. Perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan jenis usaha impianmu
  • Usaha yang menghasilkan barang, contoh: membuat mainan.
  • Usaha yang menghasilkan jasa, contoh: usaha potong rambut, dan lainlain.
  • Perhatikan bakat, minat, serta kebutuhan di sekitar kalian saat menentukan jenis usaha. Berikan alasan kalian.

2. Tentukan target konsumen atau pembeli yang akan menggunakan produk.
  • Anak-anak, remaja, atau orang dewasa.
  • Target konsumen ini ditentukan oleh jenis usaha yang akan dibuat.

3. Tentukan harga jual produk.
Pertimbangkanlah modal yang digunakan, bahan dasar yang digunakan, serta target konsumen.

4. Tentukan tempat usaha
Stan, toko, warung, pabrik, dan lain-lain. Berikan alasan pemilihannya.

5. Tentukan strategi pemasaran - bagaimana caramu memasarkan agar usahamu dikenal dan dipilih oleh pembeli.
Melalui poster, selebaran, pemasaran langsung, dan lain-lain, ceritakan mengapa kamu memilih strategi tersebut.

6. Tentukan sikap yang harus diterapkan agar usaha yang dijalankan sukses.
  • Tuliskan dalam bentuk peta pikiran yang menarik disertai gambar dan warna. Kerjakan bersama semua teman dalam kertas atau karton yang cukup besar untuk dibaca oleh semua teman di kelas.
  • Bersama teman dalam kelompok, kalian akan mempresentasikan usaha impian kalian pada pertemuan berikutnya.

Kita telah belajar menghitung volume balok, prisma, limas, tabung, dan kerucut pada pelajaran sebelumnya. Sekarang kita akan belajar volume bola. Tahukah kamu bahwa volume bola adalah dua kali volume kerucut. Perhatikan gambar berikut.
Bangun Bola
Apakah kamu pernah melihat benda-benda lain yang berbentuk bola? Berikan contohnya.
Pernah. Beberapa benda yang berbentuk bola antara lain kelereng, balon,, butiran tasbih, batok kelapa, dan buah semangka.

Apakah kamu tahu cara menghitung volume sebuah bola? Ayo, kita pelajari.
Bola adalah bangun tiga dimensi yang berbentuk bulat. Benda-benda berbentuk bola banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya bola atau globe. Kamu hanya perlu mencari jari-jari dari bola untuk menghitung volumenya.Rumus untuk menghitung volume bola adalah V = ⁴⁄₃ πr³.

Apakah kamu tahu sifat-sifat bola?
  • Bola hanya memiliki satu buah sisilengkung yang tertutup.
  • Bola tidak mempunyai titik sudut.

Apakah kamu tahu cara menghitung volume bola?
Langkah 1
Tuliskan rumus untuk menghitung volume bola. V = ⁴⁄₃ πr³. “V” melambangkan volume dan “r” melambangkan jari-jari bola.

Langkah 2
Carilah jari-jarinya.
  1. Jika kamu sudah mengetahui jarijarinya, kamu dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  2. Jika kamu mengetahui diameternya, bagilah diameter tersebut dengan dua untuk mendapatkan jari-jarinya.
  3. Setelah kamu mengetahui jari-jarinya, tuliskan. Misalnya, jari-jari bola adalah 8 cm.
  4. Jika kamu hanya mengetahui luas permukaan bola, maka kamu dapat mencari jari-jarinya dengan mencari akar kuadrat dari luas permukaannya dibagi dengan 4π.
  5. Dengan demikian, r = akar (luas permukaan/4π).

Langkah 3
Pangkatkan tiga jari-jarinya.
  1. Kalikan jari-jari dengan dirinya sendiri sebanyak tiga kali, atau menaikkan pangkatnya menjadi pangkat tiga. Misalnya, jari-jarinya 8 cm, maka 8 pangkat 3 adalah 8 cm x 8 cm x 8 cm
  2. Masukkan jari-jari yang telah dipangkatkan tiga ke persamaan awal untuk menghitung volume bola. V = ⁴⁄₃ πr³. Dengan demikian, V = ⁴⁄₃ π x 8³
  3. Misalkan jari-jarinya adalah 8 cm, maka untuk memangkatkan tiga jarijarinya, kamu harus mencari 8³, yaitu 8 x 8 x 8 = 512

Langkah 4
Kalikan jari-jari yang telah dipangkatkan tiga dengan 4/3.
  1. Di langkah 3, kamu telah memasukkan r³, atau 512 cm ke dalam rumus.
  2. Kamu dapat mengalikan 512 dengan 4/3 dan dimasukkan ke dalam persamaan berikut: V = ⁴⁄₃ πr³. 4/3 x 512 = 4/3. Sekarang, persamaannya menjadi V = ⁴⁄₃ x π x 512,

Langkah 5
Masukkan seluruh angka ke dalam rumus
V = ⁴⁄₃πr³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 8³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 512
V= 2143, 6 cm³

Ayo Berlatih
Selesaikan soal-soal berikut.
1. Sebuah globe mempunyai diameter 60 cm. Hitunglah volume dari globe tersebut

Diketahui : Diameter globe 60 cm sehingga jari-jari = 30 cm

Ditanyakan : Volume Bola
V = 4/3 x π x r³
V = 4/3 x 3,14 x 30³
V = 4/3 x 3,14 x 27.000
V = 113.040 cm³
Jadi, volume dari globe tersebut adalah 113.040 cm³.

2. Sebuah bola mempunyai jari-jari 15 cm. Hitunglah volume udara yang terdapat dalam bola tersebut.

Diketahui jari-jari 15 cm

Ditanyakan volume udara dalam bola
V = 4/3 x π x r³
V = 4/3 x 3,14 x 15³
V = 4/3 x 3,14 x 3.375
V = 14.130 cm³

Jadi, volume udara yang terdapat dalam bola tersebut adalah 14.130 cm³.

3. Sebuah balon raksasa berbentuk bola mempunyai diameter 2 meter. Hitunglah volume udara yang terdapat dalam balon tersebut.

Diketahui : Diameter balon 2 m, maka jari-jari = 1 m

Ditanyakan : Volume udara dalam balon
V = 4/3 x π x r³
V = 4/3 x 3,14 x 1³
V = 4/3 x 3,14 x 1
V = 4,19 m³

Jadi, volume udara yang terdapat dalam balon adalah 4,19 m³

4. Buatlah soal cerita tentang volume bola. Tukarkan soal cerita tersebut dengan salah satu temanmu dan minta mereka menjawabnya.
Dayu memiliki sebuah bola bekel. Bola tersebut memiliki diameter 8 cm. Berapakah volume bola bekel tersebut?

Kamu telah mempelajari cara menghitung berbagai macam volume bangun ruang, seperti balok, prisma segitiga, limas, tabung, kerucut, dan bola.

Tahukah kamu sebagian besar dari pelajaran tersebut terdapat dalam Ujian Sekolah/Madrasah? Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Sekolah/ Madrasah? Apakah kamu tahu cara mengisi formulir Ujian Sekolah/Madrasah?

Ayo Mengamati
Perhatikan contoh formulir Ujian Sekolah/Madrasah berikut.
Lembar jawab komputer
Apa persamaan dan perbedaan formulir tersebut dengan formulir yang telah kamu pelajari sebelumnya? Jelaskan.

Persamaan
Persamaan kedua formulir adalah keduanya harus diisi dengan data diri dan harus dicantumi tanda tangan.

Perbedaan
Beberapa perbedaan antara formulir yang telah dipelajari sebelumnya dan formulir jawaban antara lain :
  1. Formulir lembar jawaban harus diisi dengan pensil 2B, sedangkan formulir biasa diisi dengan pulpen atau yang lainnya.
  2. Pada formulir lembar jawaban kita perlu menuliskan huruf dan menyilang huruf yang ditulis, sedangkan formulir biasa hanya perlu menuliskan hurufnya.
  3. Formulir lembar jawaban digunakan khusus untuk menuliskan jawaban ujian, sedangkan formulir biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

Apa saja informasi penting yang kamu temukan pada formulir tersebut?
Beberapa informasi penting yang dapat ditemukan pada formulir tersebut antara lain :
  1. Data pribadi seperti nama, nomor peserta ujian, dan tanggal lahir.
  2. Data mata pelajaran yang diujikan.
  3. Tanggal ujian.
  4. Tanda tangan.

Apakah kamu tahu bagaimana cara mengisi formulir tersebut?
Untuk mengisi formulir tersbut dapat dibaca pada bagian petunjuk yaitu :
  1. Isilah hanya dengan pensil 2B
  2. Tuliskan nama peserta pada kotak yang disediakan lalu silanglah kotak di bawahnya sesuai huruf di atasnya
  3. Tulislah nomor peserta dan tanggal lahir pada kotak yang disediakan lalu silanglah kotak di bawahnya sesuai huruf di atasnya
  4. Silanglah kotak pada kolom Nama Mata Ujian yang sedang diujikan
  5. Tulislah nama sekolah, Tanggal ujian dan bubuhkan tanda tangan pada kotak yang disediakan.
  6. Jawablah soal dengan memberi tanda silang pada salah satu kotak pilihan jawaban yang benar.
  7. Jika salah hapus sebersih mungkin menggunakan karet penghapus kemudian silanglah kotak yang benar.