Hari/Tanggal : Rabu, 4 Desember 2019
Tema 3 :Tokoh dan Penemuan
Soal Pilihan Ganda
1. Menolong teman yang terjatuh sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Membeli produk rotan Indonesia sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
3. Mau berbagi kepada teman merupakan sikap yang sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
4. Suka bekerja keras dan mengembangkan sikap hemat merupakan nilai yang terkandung dalam sila ....
a. kedua Pancasila
b. ketiga Pancasila
c. keempat Pancasila
d. kelima Pancasila
5. Menghormati orang yang lebih tua sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
6. Penemuan dari Garret Augustus Morgan wajib kita manfaatkan dengan baik agar ....
a. mendapat hiburan
b. selalu tepat waktu
c. lalu lintas tertib
d. dapat mengirim pesan
7. Mendapat waktu untuk beristirahat dan bermain adalah ... siswa.
a. hak
b. aturan
c. kewajiban
d. tanggung jawab
8.
Perhatikan gambar berikut!
Saat melihat rambu tersebut, pengendara sepeda motor wajib ....
a. menambah kecepatan kendaraan
b. berhenti dan turun dari kendaraan
c. berbelok ke arah orang dalam gambar
d. memelankan kecepatan kendaraan
9. Hak sebagai warga negara yaitu ....
a. menjunjung hukum dan pemerintahan
b. memilih, memeluk, dan menjalankan agama
c. menghormati hak asasi manusia orang lain
d. mengikuti pendidikan dasar
10. Tukang ojek merupakan jenis usaha yang menyediakan ....
a. barang
b. jasa
c. makanan
d. minuman
11. Yang bertanggung jawab membayar barang atau jasa sesuai harganya adalah ....
a. produsen
b. konsumen
c. distributor
d. promotor
12. Saat menghadapi pembeli seorang penjual harus ....
a. sabar
b. malas
c. malu
d. sedih
13. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seseorang harus ....
a. sekolah
b. menghargai
c. bekerja
d. menabung
14. Manfaat yang diperoleh siswa dengan adanya globalisasi adalah ....
a. Mudah membeli aksesoris dari luar negeri.
b. Mudah menjual barang dagangan ke luar negeri.
c. Dapat menggunakan komputer untuk belajar.
d. Mudah meniru budaya dari luar negeri.
15. Sebuah usaha mainan kayu edukatif dapat memberi manfaat berikut kepada masyarakat di sekitarnya, kecuali ....
a. Menyediakan mainan kayu edukatif bagi anak-anak.
b. Memanfaatkan limbah kayu dari masyarakat.
c. Meningkatkan kesejahteraan warga yang bekerja untuknya.
d. Menimbulkan polusi suara di dekat tempat usaha.
16. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah kewajiban dari ....
a. Tentara Nasional Indonesi
b. Kepolisian Republik Indonesia
c. Presiden dan wakilnya
d. semua warga negara
17. Persatuan saat bekerja sama dapat dimaknai berikut, kecuali ....
a. Menghargai perbedaan pendapat.
b. Menerima hasil keputusan kelompok.
c. Melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab.
d. Menhalalkan segala cara untuk mencapai tujuan
18. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan Indonesia adalah ....
a. memperkaya keragaman budaya Indonesia
b. mempercepat pembangunan di segala bidang
c. memperkuat bangsa untuk menguasai bangsa lain
d. meningkatkan bantuan dana dari negara lain
19. Perilaku berikut mencerminkan persatuan dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ....
a. Mengikuti kegiatan kerja bakti di sekolah.
b. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
c. Mempelajari budaya dari daerah lain.
d. Mencegah berlangsungnya festival budaya.
20. Berikut ini kegiatan yang menerapkan nilai persatuan, kecuali ....
a. Kerja bakti membersihkan kelas
b. Memperbaiki sarana umum bersama
c. Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana
d. Mencari bantuan untuk diri sendiri
Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks laporan berikut!
Tanaman kamboja merupakan tanaman yang tahan terhadap penyakit. Tanaman kamboja juga tahan terhadap perubahan cuaca. Umumnya, tanaman kamboja dapat hidup hingga ratusan tahun. Tanaman ini bukan tanaman asli Indonesia. Awalnya, tanaman kamboja beradal dari daerah Amerika bagian tengah. Tanaman ini lalu dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda dan Portugis.
1. Pertanyaan yang tepat sesuai isi teks laporan adalah ....
a. Bagaimana daur hidup tanaman kamboja?
b. Siapa yang membawa tanaman kamboja ke Indonesia?
c. Kapan tanaman kamboja mulai dikenal masyarakat Indonesia?
d. Mengapa tanaman kamboja dapat tahan terhadap penyakit?
2. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks laporan adalah ....
a. Tanaman kamboja dapat hidup hingga ratusan tahun sehingga tahan terhadap penyakit.
b. Budidaya tanaman kamboja dilakukan di Amerika Tengah.
c. Di Amerika, tanaman kamboja banyak diekspor ke Belanda dan Portugis.
d. Perubahan cuaca tidak mempengaruhi daur hidup tanaman kamboja.
Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks laporan berikut!
Rusa merupakan salah satu hewan bertanduk. Tanduk rusa berfungsi melindungi diri dari musuh. Rusa bawean jantan dewasa memiliki sepasang tanduk yang bercabang tiga. Habitat rusa bawean adalah di Pulau Bawean. Jenis makanan yang dikonsumsi rusa bawean berupa buah, dedaunan, ranting, kulit kayu, dan pucuk-pucuk semak pohon muda. Rusa hidup berkelompok menjadi keluarga. Dalam kelompok, rusa betina sebagai pemimpin. Sementara, rusa jantan berjalan sendiri. Rusa jantan ikut berkelompok jika hendak bermigrasi.
Rusa bawean melakukan kegiatan terutama pada malam hari atau bersifat nokturnal. Aktivitas rusa bawean dimulai pukul 17.00 hingga pukul 21.00. Aktivitas tersebut mulai menurun pada pukul 02.00 sampai pukul 05.00. Sementara pada siang hari, rusa bawean biasanya menghabiskan waktu untuk beristirahat.
3. Gagasan utama paragraf kedua teks laporan tersebut adalah ....
a. habitat rusa bawean
b. perkembangbiakan rusa bawean
c. perbedaan rusa jantan dan rusa betina
d. aktivitas rusa bawean
4. Arti kata nokturnal pada teks laporan tersebut adalah ....
a. catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan
b. titik kecil; bintik (biasanya berwarna hitam atau warna gelap yang lain)
c. beraktivitas hidup (tentang hewan) pada malam hari
d. surat peringatan (penunjukan, catatan)
5. Berikut kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks laporan adalah ....
a. Mengapa rusa bawean melakukan aktivitas pada malam hari?
b. Apa jenis makanan yang biasa dikonsumsi rusa bawean?
c. Bagaimana rusa bawean mencari makan?
d. Mengapa rusa jantan tidak hidup berkelompok?
6. Struktur isi teks laporan hasil pengamatan adalah ....
a. gagasan pokok - fakta - pernyataan
b. langkah pengamatan - isi - simpulan
c. informasi umum - fakta - simpulan
d. informasi umum - informasi khusus - simpulan
Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks eksplanasi berikut!
Penemuan Lampu Pijar
Saat matahari mulai terbenam atau mendung, kita akan menyalakan lampu. Lampu dapat menerangi ruangan dan lingkungan di sekitar kita. Tanpa lampu, suasana di sekitar kita akan gelap gulita. Pada awalnya, lampu yang sering kita gunakan ditemukan oleh ilmuwan Amerika bernama Thomas Alva Edison.
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada 11 Februari 1847. Edison hanya merasakan pendidikan di sekolah selama tiga bulan. Selanjutnya, Edison tidak pernah menyelesaikan pendidikan formal di sekolah. Meskipun demikian, rasa ingin tahu Edison sangat tinggi. Ia mulai membaca buku-buku ilmiah dan membuat beberapa eksperimen kecil. Edison juga memiliki sikap peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar. Saat itu, ia melihat bahwa dunia membutuhkan penerangan.
Pada tahun 1878, Edison mengembangkan lampu listrik pijar yang dipancarkan dari sebuah tabung hampa udara. Ia bertekad memproduksi lampu listrik untuk digunakan di dalam ruangan. Penelitian pertama Edison adalah membuat filamen yang terbakar di dalam ruang hampa dalam waktu lama. Berbagai percobaan menggunakan kawat platina dan logam refraktori tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Banyak bahan lain yang dicoba oleh Edison, termasuk rambut manusia. Edison lalu menyimpulkan bahwa karbon merupakan bahan terbaik daripada logam.
Setelah melakukan percobaan selama 14 bulan, Edison berhasil menemukan lampu pijar pada Oktober 1879. Ia menguji benang kapas berkarbon yang dipasang di dalam bola hampa udara selama 40 jam. Percobaan tersebut membuahkan hasil. Benang kapas berkarbon tersebut terbakar selama 40 jam. Bola lampu yang ditemukan Edison tersebut mampu bertahan lama dan praktis untuk penerangan di rumah.
Kerja keras yang dilakukan Thomas Alva Edison membawa hasil. Edison pantang menyerah meskipun berkali-kali gagal saat melakukan percobaan. Berkat rasa ingin tahu dan kegigihannya, Edison mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Sekarang, manusia dapat beraktivitas pada malam hari karena adanya penerangan dari lampu pijar.
7. Topik masalah teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. manfaat lampu dalam kehidupan
b. penemuan lampu pijar oleh Thomas Alva Edison
c. proses penemuan lampu pijar
d. perkembangan lampu dari masa ke masa
8. Sesuai teks eksplanasi tersebut, mengapa Thomas Alva Edison melakukan percobaan?
a. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena kepeduliannya dan kepekaannya terhadap lingkungan sekitar yang membutuhkan penerangan.
b. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena rasa ingin tahu dan kegigihannya untuk melakukan eksperimen.
c. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena kesadaran pentingnya lampu bagi kehidupan.
d. Thomas Alva Edison melakukan percobaan karena ia sering beraktivitas malam hari sehingga membutuhkan lampu.
9. Gagasan pokok paragraf ketiga teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. hasil penemuan Thomas Alva Edison
b. dampak dari penemuan yang dilakukan Thomas Alva Edison
c. alasan Thomas Alva Edison melakukan percobaan
d. hasil yang diperoleh Thomas Alva Edison pada penelitian pertama
10. Berikut merupakan kaidah kebahasaan teks eksplanasi, kecuali ....
a. terdapat istilah ilmiah
b. bersifat informatif
c. pemakaian kalimat pasif
d. bersifat mengajak
11. Perhatikan teks eksplanasi berikut!
Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) meluncurkan program Solar Academy atau Akademi Energi Surya pertama di Asia Tenggara. Program Akademi Energi Surya merupakan institusi pendidikan dan pelatihan mengenai tenaga surya. Program ini diluncurkan pada 24 Juli 2012 yang ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future”. Seminar tersebut dihadiri pakar energi dari Jerman, wakil ASEAN, dan pemerintah Indonesia. Dalam seminar tersebut dibahas potensi, perkembangan, dan penggunaan energi surya di Asia Tenggara.
Gagasan pokok teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. dampak penggunaan tenaga surya
b. manfaat tenaga surya
c. pemanfaatan tenaga surya
d. peluncuran Akademi Energi Surya
12. Berikut yang bukan termasuk fenomena yang dibahas pada teks eksplanasi adalah ....
a. bencana alam
b. pernikahan artis
c. kebakaran hutan
d. pengangguran
13. Perhatikan paragraf berikut!
Conte membuat berbagai macam isi pensil. Ada yang keras atau lunak disesuaikan dengan kebutuhan. Pensil yang berwarna hitam pekat memiliki kekerasan lebih rendah karena lebih banyak mengandung grafit. Sementara itu, pensil berwarna abu-abu memiliki kekerasan lebih tinggi karena lebih banyak mengandung tanah liat.
Topik permasalahan paragraf tersebut adalah ....
a. bahan baku pembuatan pensil
b. cara Conte membuat pensil
c. macam-macam isi pensil temuan Conte
d. latar belakang Conte menemukan pensil
Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan paragraf berikut!
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun di rumah Laksamana Tadashi Maeda. Meskipun Laksamana Tadashi Maeda adalah orang Jepang, ia turut membantu mempersiapkan kemerdekaan karena simpatinya yang tinggi terhadap perjuangan Indonesia. Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebarjo. Teks proklamasi lalu ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi tersebut kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Sementara itu, Fatmawati berperan menjahit bendera merah putih yang dikibarkan saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
14. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
a. Bagaimana pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia?
b. Mengapa proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945?
c. Di mana konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun?
d. Siapa yang memimpin upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia.
15. Arti kata konsep pada paragraf tersebut adalah ....
a. naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang
b. sesuatu yang sudah dirancang
c. uraian; keterangan; penjelasan
d. rancangan atau buram surat dan sebagainya
Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Cermati teks berikut!
Pengibaran Sang Saka Merah Putih
Pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan pada hari yang sama dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa itu dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebelum upacara dilaksanakan, Wakil Wali kota Suwiryo memerintahkan Mr. Wilopo mempersiapkan segala keperluan. Misalnya, mikrofon dan pengeras suara. Selain itu, S. Suhud juga diminta menyiapkan tiang bendera dari bambu dan diberi tali. Sementara itu, bendera merah putih dijahit tangan oleh Sukmawati.
Upacara akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Menjelang pukul 10.00, para pemimpin bangsa mulai berdatangan ke rumah Soekarno. Mereka bersiap menyaksikan pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih. Upacara pun dimulai pukul 10.00 WIB tepat. Upacara dilakukan tanpa protokol.
16. Informasi penting yang terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah ....
a. Upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB.
b. Para pemimping bangsa berdatangan ke rumah Soekarno untuk menyaksikan pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
c. Bendera merah putih yang dikibarkan pada hari pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia dijahit oleh Sukmawati.
d. Pada upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia, S. Suhud bertugas sebagai pengibar bendera merah putih.
17. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat pada paragraf kedua teks tersebut adalah ....
a. Siapa protokol upacara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?
b. Di mana pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan?
c. Bagaimana persiapan upacara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?
d. Mengapa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia diselenggarakan bersamaan dengan pengibaran bendera merah putih?
18. Arti kata protokol pada teks tersebut adalah ....
a. orang yang bertugas mengatur jalannya upacara
b. rancangan
c. petunjuk
d. kepala kota madya; kepala wilayah kota administratif
19. Perhatikan paragraf berikut!
Jepang memang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia. Namun, para pemuda menginginkan proklamasi kemerdekaan tidak dicampuri oleh Jepang. Oleh sebab itu, pemuda memaksa Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hasil dari pemberian bangsa asing. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membuktikan keberhasilan bangsa Indonesia mengusir penjajah.
Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa Jepang
b. bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mandiri
c. bangsa Indonesia menginginkan kemerdekaan dari Jepang
d. bangsa Indonesia lahir dari penjajah Jepang
20. Perhatikan teks sejarah berikut!
Di Indonesia terdapat peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." Peribahasa tersebut memiliki arti mendalam bagi bangsa Indonesia. Apabila kita bersatu, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Namun apabila kita terpecah belah, kita akan hancur. Peribahasa tersebut sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman.
Kata tidak baku pada teks sejarah tersebut adalah ....
a. peribahasa
b. keperibadian
c. keberagaman
d. bercerai
1. Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak secara ....
a. kawin yang dilakukan dengan bertelur
b. kawin yang dilakukan dengan melahirkan
c. tidak kawin yang dilakukan dengan bertelur
d. tidak kawin yang dilakukan dengan melahirkan
2. Melestarikan tumbuhan merupakan hal yang sangat bermanfaat, karena tumbuhan berperan untuk .
a. menghasilkan mineral tambang
b. menghasilkan air dari dalam tanah
c. menghasilkan oksigen untuk bernapas
d. menghasilkan karbondioksida yang melimpah
3. Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora adalah ....
a. paku dan lumut
b. pisang dan paku
c. ubi dan singkong
d. wortel dan kentang
4. Pada hewan vivipar, embrio tumbuh di dalam ....
a. telur
b. janin
c. rahim
d. cangkang
5. Berikut ini yang merupakan ciri hewan ovovivipar adalah ....
a. telur dierami oleh induknya
b. tidak memiliki kelenjar susu
c. tubuhnya ditutupi oleh rambut
d. embrio berkembang di dalam rahim
6. Tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah ....
a. jahe
b. kencur
c. daun jambu biji
d. daun kumis kucing
7. Hewan yang aktif pada malam hari disebut ....
a. mimikiri
b. autotomi
c. ekolokasi
d. nokturnal
8. Pada umumnya, tanaman air memiliki daun yang ....
a. tipis
b. tebal
c. kecil
d. beronggga
9. Hewan yang melindungi diri dengan cara menyesuaikan warna kulit dengan lingkungannya adalah ....
a. citah
b. kecoa
c. kucing
d. bunglon
10. Hewan yang melindungi diri dengan cara mengeluarkan bau yang tidak sedap adalah ....
a. siput
b. belalang
c. cumi-cumi
d. walang sangit
11. Kabel pada rangkaian listrik berfungsi untuk ....
a. menghantarkan arus listrik
b. menjadi sumber energi listrik
c. menghindari terjadinya korsleting
d. menyambung dan memutus arus listrik
12. Benda-benda yang memanfaatkan energi listrik adalah ....
a. komputer, setrika, dan palu
b. handphone, lampu, dan panci
c. lampu, televisi, dan kompor gas
d. kipas angin, radio, dan mesin cuci
13. Eko membuat rangkaian listrik sederhana yang tersusun dari kabel, dua buah baterai, dan dua buah lampu. Ketika lampu A dilepas, lampu B tetap menyala. Berdasarkan peristiwa tersebut, Eko membuat rangkaian listrik ....
a. seri
b. paralel
c. campuran
d. ganda
14. Perhatikan gambar berikut!
Rangkaian yang dapat menyalakan lampu adalah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
15. Perhatikan gambar berikut!
Rangkaian pada gambar di atas disebut rangkaian ....
a. paralel
b. terbuka
c. tertutup
d. campuran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar