Kamis, 24 November 2022

Tugas Tematik Kelas 6D, Jumat 25 November 2022

 Tema 5                           : Wirausaha

Subtema 3                     :Ayo belajar berwirausaha!

Pembelajaran               : 4

Muatan Pembelajaran :   

 1. PPkN : Tanggung jawab pemilik wirausaha ( KD 3.5 dan 4.5 )

 2. B. Indonesia : Mengisi formulir lembar jawaban ( LJK) ( KD, 3.6 dan 4.6)

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?

Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la

Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.

Anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin?

Iya benar ! kemarin kita telah belajar tentang  cara membuat magnet dan  menghitung valume gabungan bangun ruang 

Baiklah, hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 4. 

Anak sholih sholihah setelah belajar kalian diharapkan mampu menjelaskan cara menjadi pelaku  wirausaha cilik, apa saja yang diperlukan sebelum memulai suatu usaha, dan  menjelaskan cara mengisi formulir LJK. 

Anak sholih sholihah.......

Kita telah belajar banyak hal tentang wirausaha. Sekarang, kita akan belajar menjadi pelaku wirausaha cilik. Apa saja yang harus diperhatikan saat akan memulai suatu wirausaha?

Ayo simak  video berikut !



 Ayo Berdiskusi

Dalam kelompok kecil, kamu akan membuat satu kegiatan wirausaha. Kamu dan kelompokmu akan bermain peran. Perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan jenis usaha impianmu
  • Usaha yang menghasilkan barang, contoh: membuat mainan.
  • Usaha yang menghasilkan jasa, contoh: usaha potong rambut, dan lainlain.
  • Perhatikan bakat, minat, serta kebutuhan di sekitar kalian saat menentukan jenis usaha. Berikan alasan kalian.

2. Tentukan target konsumen atau pembeli yang akan menggunakan produk.
  • Anak-anak, remaja, atau orang dewasa.
  • Target konsumen ini ditentukan oleh jenis usaha yang akan dibuat.
3. Tentukan harga jual produk.
Pertimbangkanlah modal yang digunakan, bahan dasar yang digunakan, serta target konsumen.

4. Tentukan tempat usaha
Stan, toko, warung, pabrik, dan lain-lain. Berikan alasan pemilihannya.

5. Tentukan strategi pemasaran - bagaimana caramu memasarkan agar usahamu dikenal dan dipilih oleh pembeli.
Melalui poster, selebaran, pemasaran langsung, dan lain-lain, ceritakan mengapa kamu memilih strategi tersebut.

6. Tentukan sikap yang harus diterapkan agar usaha yang dijalankan sukses.
  • Tuliskan dalam bentuk peta pikiran yang menarik disertai gambar dan warna. Kerjakan bersama semua teman dalam kertas atau karton yang cukup besar untuk dibaca oleh semua teman di kelas.
  • Bersama teman dalam kelompok, kalian akan mempresentasikan usaha impian kalian pada pertemuan berikutnya.


Ayo Mengamati
Perhatikan contoh formulir Ujian Sekolah/Madrasah berikut.
Lembar jawab komputer
Apa persamaan dan perbedaan formulir tersebut dengan formulir yang telah kamu pelajari sebelumnya? Jelaskan.

Persamaan
Persamaan kedua formulir adalah keduanya harus diisi dengan data diri dan harus dicantumi tanda tangan.

Perbedaan
Beberapa perbedaan antara formulir yang telah dipelajari sebelumnya dan formulir jawaban antara lain :
  1. Formulir lembar jawaban harus diisi dengan pensil 2B, sedangkan formulir biasa diisi dengan pulpen atau yang lainnya.
  2. Pada formulir lembar jawaban kita perlu menuliskan huruf dan menyilang huruf yang ditulis, sedangkan formulir biasa hanya perlu menuliskan hurufnya.
  3. Formulir lembar jawaban digunakan khusus untuk menuliskan jawaban ujian, sedangkan formulir biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

Apa saja informasi penting yang kamu temukan pada formulir tersebut?
Beberapa informasi penting yang dapat ditemukan pada formulir tersebut antara lain :
  1. Data pribadi seperti nama, nomor peserta ujian, dan tanggal lahir.
  2. Data mata pelajaran yang diujikan.
  3. Tanggal ujian.
  4. Tanda tangan.

Apakah kamu tahu bagaimana cara mengisi formulir tersebut?
Untuk mengisi formulir tersbut dapat dibaca pada bagian petunjuk yaitu :
  1. Isilah hanya dengan pensil 2B
  2. Tuliskan nama peserta pada kotak yang disediakan lalu silanglah kotak di bawahnya sesuai huruf di atasnya
  3. Tulislah nomor peserta dan tanggal lahir pada kotak yang disediakan lalu silanglah kotak di bawahnya sesuai huruf di atasnya
  4. Silanglah kotak pada kolom Nama Mata Ujian yang sedang diujikan
  5. Tulislah nama sekolah, Tanggal ujian dan bubuhkan tanda tangan pada kotak yang disediakan.
  6. Jawablah soal dengan memberi tanda silang pada salah satu kotak pilihan jawaban yang benar.
  7. Jika salah hapus sebersih mungkin menggunakan karet penghapus kemudian silanglah kotak yang benar.

Tugas tematik :


Jawab pertanyaan berikut berdasarkan video di atas  
1. Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan? 


 2. Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat akan melakukan suatu usaha? 


 3. Apa yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat? 


 4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat? Jelaskan. 


 5. Jika di sekitar tempat usahamu, ada pengusaha lain yang membuka usaha yang serupa, bagaimana sikapmu? 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti.  Jika ada yang belum paham bu guru  berikan kesempatan untuk bertanya.

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......

 

Biasakan sholat 5 waktu on time,  tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh  dan berbakti pada orang tua. 

Happy weekend  and See you next week 

  

Senin, 03 Oktober 2022

Materi Ajar, Selasa 04 Okotober 2022

 

Materi Ajar : Selasa, 4 Oktober 2022 (Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 5 dan 6)



Hari/Tanggal    : Selasa, 4 Oktober 2022
Tema 4             : Globalisasi
Sub Tema 1      : Globalisasi disekitarku
Pembelajaran   : 5 dan 6
Muatan PB      : IPS (3.3), SBDP (3.1), PPKn ( 3.3) dan B.Indo (3.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan benar
2. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.
4. Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.

Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4, pastinya anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.

Ayo anak-anak kita simak video berikut ini:
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4, pastinya anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.

Ayo anak-anak kita simak video berikut ini:
\


Di era globalisasi ini, Indonesia memegang peran yang sangat penting. Kebudayaan Indonesia yang mendunia membuat Indonesia semakin dikenal.


Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat
kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.

Kerjasama KebudayaanManfaat Bagi Indonesia
Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN. Budaya indonesia makin dikenal di kawasan Asia dan Dunia
Pertukaran acara program televisi ASEAN Indonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga semakin erat persahabatannya
Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEAN Kebudayaan dan kesenian Indonesia lebih dikenal oleh negara-negara Asean
Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN Para pelajar Indonesia dapat menimba ilmu di negara-negara luar negeri
Di era globalisasi ini kita harus tetap mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Ayo Berkreasi
Buatlah poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat tinggalmu. Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan mengenal kebudayaan daerahmu. Jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Diskusikan terlebih dahulu langkah-langkah membuat poster. Mintalah pendapat temanmu tentang poster yang kamu buat.

Contoh poster:



Hal-hal yang harus diperhatikkan dalam membuatnya adalah sebagai berikut.
Slogan jelas dan mudah dimengerti.
Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
Tata letak gambar dan tulisan baik.

Ayo Membaca
Amati gambar berikut dengan teliti, dan baca teks eksplanasi di bawahnya dalam hati.


Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Kita diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan dengan bakat serta potensi yang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan dan perbedaan ekonomi tersebut hendaknya tidak menjadi sumber perpecahan. Perbedaan tersebut juga tidak perlu mempengaruhi rasa percaya diri.

Terus berusaha, kenali potensi diri, kembangkan bakat yang dimiliki untuk menutupi kekurangan diri, serta selalu tampil percaya diri. Hidup saling menghargai dan saling membantu tentunya akan menjadi modal untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kita.

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini bermanfaat
dan dapat menambah wawasan baru.
Tetap semangat belajar di rumah ya ......
Kerjakan sholat lima waktu ON TIME
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan subuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Minggu, 02 Oktober 2022

Materi Ajar, Senin 03 Oktober 2022

 

Materi Ajar : Senin, 3 Oktober 2022 (Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4)

Tema              : 4 ( Globalisasi )
Subtema 1      : ( Globalisasi di Sekitarku )
Pembelajaran : 4
Muatan Pembelajaran :
1. B. Indonesia : ( KD 3.2 dan 4.2 )
2. PPKn : Sikap Terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi ( KD 3.3 dan 4.3 )Pendahuluan ( 10 Menit )

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, apa kabar nya hari ini ?
Semoga selalu baik dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.
Anak anak yang sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin ?
iya benar ! kemarin kita telah mempelajari tentang:
1. teks eksplanasi
2. proses penyaluran listrik dari pembangkit sampai ke rumah warga

Hari ini kita akan belajar tema 4 Globalisasi subtema 1 globalisasi di sekitarku pembelajaran 4.
Anak sholeh sholehah, setelah selesai belajar, anak-anak diharapkan mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dimenyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual, mengidentifikasi contoh keberagamanan ekonomi, menjelaskan sikap yang perlu dikembangkan dalam hal keberagaman ekonomi dengan benar.

Kegiatan Inti ( 45 Menit )
Ayo Membaca
Globalisasi: Dunia tanpa Batas
Globalisasi. Sebuah kata yang sering kita dengar dalam berbagai topik percakapan. Sebuah kata yang sering kita baca di surat kabar atau majalah. Apa arti globalisasi?

Globalisasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses ‘mendunia’. Seluruh bangsa dan negara di muka bumi ini semakin terhubung satu dengan yang lain. Seakan tidak terpisah lagi oleh batas wilayahnya. Era globalisasi ini seakan “Dunia tanpa Batas”.

Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara. Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi.

Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat dan keluarga. Kita bisa menelpon atau mengirim email kepada teman-teman kita yang jauh. Kita merasakan seolah-olah tidak ada lagi batasan satu tempat dengan tempat lain di era globalisasi ini.

Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Dunia tanpa Batas” pada bacaan di atas? Jelaskan.
‘Dunia tanpa Batas” adalah seluruh bangsa dan negara di muka bumi ini semakin terhubung satu dengan yang lain seakan tidak terpisah lagi oleh batas wilayahnya.

2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
Globalisasi adalah proses mendunia yang membuat setiap individu atau negara bisa saling terhubung tanpa terpengaruh oleh batas negara.. Contoh globalisasi di sekitar kita antara lain adanya barang impor seperti handphone dan motor, kita bisa mengobrol dengan orang lain yang berbeda daerah, menemui makanan dari negara lain, dan mengetahui berita yang terjadi di luar negeri.

3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
Saya bisa memakai barang dari negara lain, berbicara dengan seseorang tanpa tatap muka, bisa mengonsumsi makanan dari negara lain, menonton film buatan luar negeri, dan lainnya.
4. Gambarkan secara visual bahwa globalisasi membuat dunia tanpa batas.
Ayo Berdiskusi
Sekarang amatilah di lingkunganmu, ceritakan keberagaman ekonomi yang ada disekitarmu.

Tetangga saya bernama Pak Sunarto. Keluarga Pak Suanrto memiliki ekonomi tingkat sedang. Hal ini ditunjukkan dari kendaraan sepeda motor yang dimiliki keluarga Pak Sunarto. Berbeda dengan Pak Sunarto, keluarga Pak Hadi merupakan keluarga kurang mampu. Hal ini tampak dari kondisi rumah Pak Hadi yang masih sangat sederhana dan hanya memiliki sebuah sepeda. Dari dua orang tetangga saya tersebut dapat dipahami bahwa kondisi ekonomi tetangga saya beragam.

Sekarang diskusikan dalam kelompokmu.
Mengapa ekonomi setiap orang beragam?
Ekonomi setiap orang beragam karena setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda.
Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut?
Keberagaman ekonomi dipengaruhi oleh ketrampilan seseorang, pendidikan, peluang, pekerjaan, penghasilan, dan sikap.
Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini?

Kita sebaiknya menghargai dan menghormati setiap orang tanpa memandang status ekonominya. Alangkah baiknya jika kita membantu orang-orang yang membutuhkan.

Setiap orang dilahirkan dengan perbedaan dari Tuhan, termasuk dalam hal ekonominya. Keterampilan, pendidikan, dan sikap akan memengaruhi kondisi perekonomian seseorang.
Kita harus saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda. Ketika keluarga kita cukup berada, janganlah sombong, bantulah yang membutuhkan. Jika keluarga kita masih kekurangan, jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu. Teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri.

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......

Kamis, 29 September 2022

Materi jumat, 30 september 2022 (tema 4 subtema 1 pb 3)

Materi Kelas 

Hari/Tanggal : Jumat, 30 September 2022
Tema 4           : Globalisasi
Sub Tema 1    : Globalisasi disekitarku
Pembelajaran : 3
Muatan PB    : IPA (3.6), Bahasa Indonesia (3.2) dan Matematika

Tujuan Pembelajaran :
§ Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.
§ Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.
§ Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.
§ Setelah pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan sistematis.
Siswa mampu menemukan keliling lingkaran

(PENDAHULUAN 10 MENIT)
Assalamualaikum wr. wb
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Anak sholih sholihah, di masa pancaroba ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 3, pastinya anak-anak bu guru sudah siap mengikuti.

(KEGIATAN INTI 45 MENIT)

Ayo simak video berikut ini :

Ayo Membaca
Proses Menhasilkan Energi Listrik Mikrohidro
Pembangkitan listrik mikrohidro adalah pembangkitan listrik dihasilkan oleh generator listrik DC atau AC. Mikrohidro berasal dari kata micro yang berarti kecil dan hydro artinya air, arti keseluruhan adalah pembangkitan listrik daya kecil yang digerakkan oleh tenaga air. Tenaga air berasal dari aliran sungai kecil atau danau yang dibendung dan kemudian dari ketinggian tertentu dan memiliki debit yang sesuai akan menggerakkan turbin yang dihubungkan dengan generator listrik.

Pembangkit tenaga listrik mikrohidro pada prinsipnya memanfaatkan beda ketinggian dan jumlah debit air per detik yang ada pada aliran air irigasi, sungai atau air terjun. Aliran air ini akan memutar poros turbin sehingga menghasilkan energi mekanik. Energi ini selanjutnya menggerakkan generator dan menghasilkan energi listrik. Berikut gambar proses menhasilkan energi listrik mikrohidro


Keterangan gambar:
Aliran sungai, tempat air mengalir.
Saluran pengambilan air adalah saluran yang digunakan untuk mengalirkan air dari sungai menuju kincir air. Kemiringan saluran air ini sekitar 25 derajat.
Kincir air, mengubah energi potensial air menjadi energi gerak. Kincir menerima energi potensial air dan mengubahnya menjadi putaran (energi mekanis). Putaran kincir air dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik.
Penghubung turbin dengan generator/dinamo, penghubung turbin dengan generator atau sistem transmisi energi ekanik ini dapat digunakan sabuk atau puli, roda gerigi atau dihubungkan langsung pada porosnya.
Generator/dinamo, menghasilkan energi listrik dari energi gerak. Generator yang digunakan adalah generator pembangkit listrik AC. Untuk mengubah tegangan menggunakan transformer.
Saluran Transmisi, penyalur energi listrik ke konsumen.
Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara vTegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut adalah :



Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.
Matematika
Keliling lingkaran merupakan panjang batas daerah yang berbentuk lingkaran
Rumus keliling lingkaran adalah 

keliling = 2 x π x r 

           atau 

keliling = π x d.

Penggunaan nilai π 3,14 digunakan pada jari-jari lingkaran yang tidak bisa dibagi 7, sedangkan 22/7 digunakan pada nilai π yang bisa dibagi 7.

Contoh Soal dan Pembahasan

Sebuah lingkaran memiliki diameter 20 cm dengan π adalah 3,14, berapa keliling lingkaran itu?

Jawab:

Diketahui d = 20 cm dan π = 3,14 (penggunaan 3,14 karena diameter tidak bisa dibagi 7).

Jadi, untuk menghitung keliling lingkarannya yaitu dengan:

K = π x d

K = 3,14 x 20

K = 62,8 cm

Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 62,8 cm.

(PENUTUP)
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru
Tetap semangat belajar di rumah ya ...
always pray to Allah, keep your health and positive thinking
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Rabu, 28 September 2022

Materi ajar, Kamis 29 September 2022 (Tema 4 subtema 1 pb 2)

 

Tema 4 ( Globalisasi )

Subtema 1 ( Globalisasi di Sekitarku )

Pemebelajaran 2 

1. SBdP : Pengertian Reklame dan Ciri - Ciri Reklame ( KD 3.1 dan 4.1 )

2. PPKn : Sikap Terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi ( KD 3.3 dan 4.3 )

Pendahuluan ( 10 Menit )

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak-anak yang sholeh dan sholehah, apa kabar nya hari ini ?

Semoga selalu baik dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala

Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.

Anak anak yang sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin ?

iya benar ! kemarin kita telah mempelajari tentang: 

1. Kerjasama Negara ASEAN dalam bidang sosial

2. Teks Eksplanasi

3. Proses Menghasilkan Energi Listrik

Tujuan Pembelajaran :

Anak anak yang sholeh dan sholehah, tujuan pembelajaran kita hari ini adalah agar kita semua mengetahui Pengertian Reklame dan Ciri - Ciri Reklame dalam materi SBdp serta Sikap Terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi dalam materi PPKn

Kegiatan Inti ( 45 Menit )

( SBdP )

Apa itu reklame? Coba kamu kelompokkan gambar-gambar berikut. Mana yang termasuk reklame dan mana yang bukan reklame.
Reklame
Menurutmu apa itu reklame?
Reklame adalah media untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, serta memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Apa tujuan dari reklame?
Reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk. Reklame dibuat menarik sehingga pembaca ingin mengikuti anjuran atau membeli barang yang ditawarkan. 

Apa saja jenis-jenis reklame?
Ada berbagai jenis reklame di antaranya poster, iklan, plakat, spanduk, selebaran, baliho, buklet, dan lain-lain. Reklame ada yang bersifat komersial dan nonkomersial. Komersial digunakan oleh pedagang untuk menawarkan barang atau produknya. Sedangkan nonkomersial digunakan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan suatu hal, misalkan hidup bersih, hemat energi, dan lain-lain.

Apa ciri-ciri reklame yang baik?
Reklame haruslah menarik. Hal-hal yang harus diperhatikkan dalam membuatnya adalah sebagai berikut.
1. Slogan jelas dan mudah dimengerti.
2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
4. Tata letak gambar dan tulisan baik.

Amati di sekitarmu, tulislah reklame yang pernah kamu temui, berilah pendapatmu apakah reklame tersebut sudah dikatakan baik.
NoReklamePendapat Saya
1.
Reklame1
Menurut saya reklame tersebut sudah baik karena slogan jelas, bahasa baik dan menarik. Ilustrasi juga sangat menarik, serta tata letak tulisan dan gambar sangat baik
2.
Iklan xl
Menurut saya reklame tersebut sudah baik karena slogan jelas, bahasa baik dan menarik. Ilustrasi juga sangat menarik, serta tata letak tulisan dan gambar sangat baik


( PPKn )

Bacalah cerita berikut.
Sahabat Tak Terpisahkan

Hanni dan Duwi telah berteman lama sekali. Sejak belum bersekolah, mereka sering menghabiskan waktu di sore hari untuk bermain bersama. Semua tahu bahwa Hanni dan Duwi tak terpisahkan. Persahabatan mereka tetap terjalin erat, sampai kini mereka telah duduk di kelas 6, di sekolah yang sama.

Dulu, banyak teman yang meragukan bahwa persahabatan Hanni dan Duwi akan bertahan lama, karena latar belakang keluarga mereka yang jauh berbeda. Hanni adalah anak seorang pengrajin batik yang sukses. Walaupun mulai dengan membatik sendiri, kemudian memiliki beberapa pegawai, sekarang usaha orang tua Hanni sudah berkembang sangat pesat. Mereka sudah memiliki beberapa cabang toko batik di kota untuk memasarkan batik karya mereka. Pegawainya juga semakin banyak. Sementara Duwi, adalah anak seorang penjual kue yang sederhana. Ketika kecil dulu, tiap sore Duwi ikut ibunya menjajakan kue kepada para pekerja di pendopo batik milik orang tua Hanni. Di sanalah Hanni berkenalan dengan Duwi. Waktu kecil dulu, mereka sangat menikmati saat-saat itu. Namanya anak-anak, perbedaan latar belakang pun tak dirisaukan. Permainan mereka tetap saja asyik. Petak umpet, petak jongkok, rumah-rumahan, atau masak-masakan.

Tetapi, yang membuat persahabatan mereka bertahan lama adalah sikap Hanni dan Duwi yang saling menghargai satu sama lain. Hanni tidak pernah menganggap dirinya berbeda dengan Duwi. Bukan hanya Duwi yang bermain ke pendopo batik Hanni, tetapi Hanni pun tak sungkan bermain ke rumah sederhana milik keluarga Duwi. Ia malah menikmati makan siang atau makan jajanan sore di rumah Duwi. Memang, ibu Duwi pandai memasak. Namanya juga penjaja kue, pasti pandai juga membuat aneka masakan. Hanni justru senang dengan kedekatan dan kesederhanaan suasana di keluarga Duwi. Acara makan bersama yang selalu ramai penuh cerita, karena semua hadir dengan kisah masing-masing.

Sebaliknya, ketika Duwi bermain ke rumah Hanni, tidak dirasanya minder sedikit pun. Ayah dan ibu Hanni tidak pernah juga memperlakukan Duwi super istimewa karena Duwi anak penjaja kue. Santai saja Duwi membaca-baca koleksi buku cerita Hanni di kamarnya ketika Hanni sedang melakukan hal lain. Kadang-kadang Duwi pun ikut membantu ketika Hanni harus melipat-lipat batik dan memasukkannya ke dalam plastik sebelum siap dikirim ke toko. Duwi kagum dengan Hanni dan keluarganya. Walaupun punya banyak pegawai, Hanni dan saudara-saudaranya tetap terlibat untuk membantu usaha orang tuanya. Membantu sesuai usia dan kemampuan. Terlihat bahwa mereka meraih sukses memang karena kerja keras.

Begitulah sahabat, tak ada kata-kata yang perlu diucapkan untuk menyatakan sayang pada sahabat. Hanya diperlukan sikap yang tulus, tak pandang perbedaan, saling menghargai, dan saling belajar. Rasa sayang yang tulus pada sahabat akan membentuk pertemanan yang indah dan tak terpisahkan.

Penutup ( 15 Menit )

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.

Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini dengan menjawab soal berikut ini 

1. Apakah yang kamu ketahui tentang Reklame ?

2. Bagaimanakah ciri ciri Reklame yang baik ?

3. Apakah tujuan dari Reklame ?

4. Dari Teks Bacaan yang telah kita baca, Apa yang bisa kita contoh dari Duwi ?

5. Bagaimanakah sikap keluarga Duwi Terhadap Hanni ?

Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?

Semoga selalu semangat ya.

Jangan lupa untuk selalu sholat lima waktu 

Ibu guru akhiri, wassalamualaikum wr. wb