Kamis, 21 Maret 2024

Materi Ajar, Jumat 22 Maret 2024

 Hari/Tanggal; Jumat 22 Maret 2024

Tema : Pengayaan Materi Semester Genap (PPKn)


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Berbagai ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun
luar negeri dapat mengganggu keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Ancaman tersebut dapat berupa konflik
antarsuku, bangsa, dan agama. Sikap yang harus dimiliki
bangsa Indonesia untuk menghadapi kendala tersebut
adalah . . . . 
A. memperkuat persenjataan
B. memupuk sikap menghargai persatuan bangsa
C. mencurigai orang dari suku bangsa dan agama lain
D. membentuk kelompok sesuai dengan asal sukunya

2. Perhatikan nama kitab dan tokoh yang mengarangnya
berikut ini!









Berdasarkan pemaparan di atas, pasangan kitab dan tokoh
yang tepat untuk menentukan asal semboyan Bhinneka
Tunggal Ika ditunjukkan oleh nomor dan abjad . . . .
A. 1 dan D             C. 3 dan B
B. 2 dan A             D. 4 dan C

3. Di sekolah, Nurdin memiliki teman dari berbagai suku dan
daerah. Teman-teman Nurdin ada yang berasal dari Suku
Jawa, Sunda, Batak, dan Minang. 
 Berdasarkan ilustrasi tersebut, sikap yang harus dilakukan
Nurdin untuk menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah
adalah . . . .
A. berteman tanpa melihat sukunya
B. bermain hanya dengan teman satu suku bermain ketika 
istirahat
C. mengerjakan tugas kelompok bersama-sama dengan 
suku yang sama
D. memilih teman berdasarkan sukunya untuk dibantu saat 
mengalami kesusahan

4. Bagaimana seharusnya sikap Tony yang beragama katolik 
terhadap Alif yang beragama islam pada saat hari raya Idul
Fitri . . . . 
A. mengikuti shalat Idul Fitri bersama
B. mengajak Alif bermain pada hari raya
C. meminta hadiah hari raya kepada Alif
D. memenuhi undangan Alif untuk makan ketupat bersama

5. Salah satu perilaku saling menghargai dalam pergaulan di 
lingkungan masyarakat dapat ditunjukkan dengan . . . .
A. melaksanakan siskamling sesuai jadwal
B. menjenguk tetangga yang sakit di rumah sakit
C. hormat dan sopan kepada orang yang lebih tua
D. memberi kesempatan umat beragama lain beribadah

6. Rika, Riki, dan Riko adalah tiga bersaudara yang tinggal
dalam satu rumah. Suatu ketika, mereka bertiga ditinggal
ke luar kota oleh kedua orang tuanya. Salah satu contoh
perilaku hidup rukun di rumah yang ditunjukkan oleh
ketiga anak tersebut adalah . . . .
A. Rika menyuruh kedua adiknya membersihkan rumah
B. ketiga anak saling membantu menjaga kebersihan 
rumah
C. Riki dan Riko menyuruh kakaknya memasak makanan 
untuk mereka
D. Rika, Riki, dan Riko saling menyuruh untuk melakukan 
tugas

7. Salah satu kewajiban seorang anak terhadap orang tua adalah . . . .
A. membayar biaya asuh kepada orang tua
B. meminta bantuan untuk merapikan kamar
C. meminta uang saku (uang jajan) di sekolah
D. membantu pekerjaan orang tua agar terasa ringan

8. Salah satu kewajiban seorang siswa kepada guru antara lain. . . .
A. mendapatkan pelajaran dari guru
B. memperoleh nilai dari hasil belajar
C. mematuhi perintah dan nasihat gurunya
D. meminta guru untuk mengajari dirinya lebih dari yang lain

9. Salah satu aturan yang bersumber dari pergaulan hidup manusia disebut norma . . . .
A. hukum         C. kesusilaan
B. agama         D. kesopanan

10. Menghormati orang tua agar selamat dunia dan akhirat
merupakan ajaran yang di perintahkan norma . . . .
A. hukum dan kesopanan             C. agama dan kesusilaan
B. agama dan kesopanan             D. hukum dan kesusilaan

11. Salah satu pengalaman paling berharga dalam melakukan
kerja sama adalah . . . .
A. tercipta rasa kebersamaan
B. pekerjaan dilakukan beramai-ramai
C. menerima imbalan dari kerja sama yang dilakukan
D. dapat bertemu dengan tokoh-tokoh pejabat 
pemerintahan

12. Dalam menghadapi bencana alam, salah satu hal yang 
dapat dilakukan warga masyarakat adalah bergotong
royong dalam hal . . . .
A. mengadakan doa bersama
B. menyelenggarakan siskamling
C. meninjau daerah rawan bencana
D. mendirikan posko bencana alam

13. Sebagai warga masyarakat, salah satu peran yang dapat
dilakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan antara lain. . . . 
A. menutup pintu kamar mandi
B. membeli tempat sampah yang baru
C. menyiram tanaman supaya tidak layu
D. menaruh pot tanaman di tempat terbuka

14. Salah satu dampak penangkapan ikan dengan
menggunakan bahan peledak terhadap ekosistem air
adalah . . . . 
A. arus air menjadi lebih lancar
B. ikan lebih banyak yang tertangkap
C. pencemaran dan rusaknya tanaman air
D. pekerjaan nelayan menjadi lebih ringan

15. Kebulatan suara dalam suatu musyawarah dapat tercapai
apabila keputusan disetujui oleh . . . .
A. pengurus acara
B. ketua musyawarah
C. panitia musyawarah

16. Salah satu contoh sikap menghargai keputusan bersama di
lingkungan masyarakat adalah . . . .
A. membayar iuran keamanan tepat waktu
B. menegur tetangga yang tidak mau ikut kerja bakti
C. menghadiri musyawarah di lingkungan tempat tinggal
D. mendengarkan warga yang sedang menyampaikan 
pendapat

17. Perhatikan manfaat perilaku positif di masyarakat berikut
ini!
1. Perkataan dan perbuatannya dipercaya orang lain.
2. Dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan guru.
3. Memiliki uang yang banyak untuk cadangan hari tua.
4. Memiliki badan yang sehat sehingga mampu 
mengerjakan tugas.
 Manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari 
ditunjukkan oleh pernyataan nomor . . . .
A. 1 
B. 2
C. 3
D. 4
D. seluruh peserta musyawarah

18. Salah satu contoh perilaku bekerja keras sebagai pelajar
adalah . . . .
A. berupaya mendapat nilai bagus meskipun dengan cara
yang tidak jujur
B. tidak mau pulang seusai bel sekolah, meskipun teman
yang lain sudah pulang
C. membawa seluruh bukunya ke dalam tas supaya tidak
repot menyusun jadwal
D. mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru dengan
penuh tanggung jawab

19. Pada saat Dewi akan mengerjakan PR, tiba-tiba saja acara
TV kesayangannya dimulai. Perilaku disiplin yang dapat
ditunjukkan Dewi adalah . . . .
A. meminjam PR yang dikerjakan teman keesokan harinya
B. menyaksikan acara TV terlebih dahulu, baru 
mengerjakan PR
C. mengerjakan PR sambil menyaksikan acara TV 
kesayangannya
D. tetap mengerjakan PR meskipun acara TV 
kesayangannya dimulai

20. Salah satu perilaku antikorupsi di sekolah dapat diwujudkan
dalam bentuk . . . .
A. membeli dagangan siswa lain
B. membantu membersihkan sampah di lapangan
C. mengerjakan soal ulangan dengan kemampuan sendiri
D. pulang sekolah lebih cepat dari jam pulang yang 
ditentukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar